Rabu, Juni 29, 2022
More
    BeritaJangan Paksain Pakai Plat Nomor Putih Sebelum Waktunya, Nanti Kena Tilang!

    Jangan Paksain Pakai Plat Nomor Putih Sebelum Waktunya, Nanti Kena Tilang!

    Bulan Juni 2022 nanti plat nomor putih di kendaraan sudah mulai diberlakukan.

    Tapi di daerah Jambi sudah banyak kedapatan kendaraan yang sudah menggunakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) warna putih meskipun peraturannya belum diterapkan.

    Pihak Satlantas Polda Jambi justru mengambil tindakan tegas dengan menilang para pengendara yang sudah menggunakan pelat nomor baru tersebut.

    “Dari hasil kegiatan kita melakukan penindakan dengan bukti tilang SIM dan STNK sebanyak lima lembar, dimana penggunaan TNKB dengan dasar putih bertuliskan hitam sudah banyak beredar di Kota Jambi namun untuk pemberlakuannya sampai saat ini belum sah untuk digunakan,” ujar Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Dhafi dikutip dari Detik.

    Himbauan pihak Kepolisian kepada masyarakat pemilik kendaraan, tidak perlu buru-buru untuk mengganti pelat nomor putih, karena aturannya sendiri belum diterapkan. 

    Apalagi aturan tersebut juga akan diterapkan secara bertahap. 

    Baca Juga : Jawaban Wakil Rakyat dan Pengamat Soal Plat Nomor Khusus Anggota DPR

    “Penerapannya juga bertahap, untuk kendaraan baru dan kendaraan yang masa berlaku TNKB-nya habis,” jelas Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri Taslim Chairuddin. 

    Tambahan informasi, proses penggantian pelat lama dengan warna dasar hitam ke pelat baru berwarna putih nantinya tidak akan ada biaya tambahan.

    “Ini murni hanya penggantian warna. Pun dengan spesifikasi teknis pelat nomor sebelumnya juga tidak berubah.” 

    Peraturan perubahan warna baru pelat nomor kendaraan tertuang dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor pasal 45.

    Tujuannya adalah untuk memudahkan penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau Tilang Elektronik yang saat ini sudah mulai diberlakukan.

    Baca juga  Daftar Harga Tiket Nonton Balapan Formula E di Ancol Tembus Rp 11,5 Juta

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here