Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    TipsJangan Panik, Ini yang Perlu Dilakukan Kalau Saldo e-Toll Tidak Cukup

    Jangan Panik, Ini yang Perlu Dilakukan Kalau Saldo e-Toll Tidak Cukup

    Pengendara mobil yang kerap melintasi jalan bebas hambatan atau jalur tol pasti tahu, bahwa pembayaran yang dilakukan di gardu tol tak lagi menggunakan uang tunai atau cash, melainkan uang elektronik atau e-Toll.

    Ya, aturan yang sudah ditetapkan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sejak 31 Oktober 2017 ini sengaja diterapkan untuk mengurangi kepadatan kendaraan ketika masuk atau keluar tol lantaran menunggu uang kembalian.

    Meski sudah lebih dari tiga tahun penggunaan e-Toll diberlakukan, faktanya masih banyak pengendara mobil justru tak mengetahuinya.

    Selain tak punya uang elektronik, namun ternyata masih ada pengendara yang justru kehabisan saldonya dan baru mengetahui saat akan melakukan pembayaran.

    Lantas apa yang harus dilakukan jika uang elektronik habis saat akan membayar?

    Nah, apabila OLXer mengalami hal tersebut maka jangan lakukan ini sesuai anjuran Jasa Marga seperti diinformasikan dalam @official.jasamarga, yaitu:

    1. Panik

    Ya, jika OLXer panik tentu saja situasi akan lebih kacau. Belum lagi mobil yang dibelakang langsung membunyikan klakson seolah-olah kita harus bergegas.

    2. Pindah gardu

    Pindah garud memang tidak dianjurkan, apalagi mobil yang sudah antre di belakang jumlahnya cukup banyak. Hanya saja pindah gardu masih dimungkikan jika memang ada gardu gardu khusus top up.

    3. Tidak mengganti kartu uang elektronik

    Jika mengganti kartu berbeda saat masuk dan keluar jalan tol, sistem akan menyatakan Asal Gerbang Salah (AGS) kepada pengguna jalan tol. Pengguna jalan akan dianggap putar balik, karena sistem tidak bisa mengetahui dari mana pengguna masuk pada saat menempelkan kartu e-Toll di pintu keluar.

    Lebih baik pakai kartu yang sama pada saat masuk meski kurang saldonya, nantinya kekurangannya bisa dibayarkan secara tunai kepada petugas jaga

    Sebaliknya, jika saldo e-Toll habis, maka OLXer cukup menekan tombol bantuan, kemudian meminta bantuan petugas.

    Nah, setelah itu OLXer hendaklah melakukan top up uang elektronik dengan mobile apps atau sesuai arahan petugas. Setelah top up, tap kartu kembali melanjutkan perjalanan.

    Tapi, jika tak ingin mengalami situasi seperti ini dan ingin perjalanan lebih tenang serta lancar, sudah sewajarnya memastikan saldo e-Toll OLXer tercukupi sebelum memasuki jalan tol.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here