Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    TipsJangan Sampai Lupa, Ini 5 Hal yang Wajib Dikuasai Pengendara Motor

    Jangan Sampai Lupa, Ini 5 Hal yang Wajib Dikuasai Pengendara Motor

    Sudah semestinya setiap pengendara motor mematuhi aturan lalu lintas. Setidaknya, dengan mematuhi aturan, akan sangat berguna baik untuk diri sendiri maupun orang lain agar tetap aman, nyaman dan selamat ketika berkendara di jalan raya.

    Oia, di jalanan kerap kali oknum pengendara sepeda motor melakukan hal yang dianggap sepele, namun sebetulnya sungguh membahayakan, mulai dari berkendara tanpa helm, sampai melawan arus dengan alasan buru-buru dan sebagainya.

    Padahal, mengendarai sepeda motor itu, bukan hanya sekedar bisa saja, namun harus memiliki skill yang benar-benar memadai, sebelum akhirnya melaju di jalan raya.

    Nah, seperti dilansir Wahana Honda, berikut ini ada lima skill yang wajib dikuasai dengan baik, agar aman saat mengendarai motor di jalan raya:

    1. Mengontrol gas

    Sudah seharusnya, ketika mengendarai sepeda motor OLXer harus tahu kapan mengontrol gas yang baik. Kemampuan mengontrol gas akan memberi pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan menyenangkan.

    Dengan mengontrol gas yang tepat, maka OLXer bisa berkendara dengan baik, meskipun dihadapkan pada berbagai medan yang sulit, seperti jalanan macet, jalanan ramai dengan laju kendaraan cepat, atau bahkan medan-medan yang sulit seperti kawasan perbukitan sekalipun.

    2. Menyalip kendaraan lain

    Menyalip kendaraan lain menjadi hal yang lazim dilakukan ketika berkendara, terutama jika melewati jalanan yang terbilang ramai dan padat.

    Namun hal ini tidak selalu mudah untuk semua orang, sebab dibutuhkan teknik yang tepat dan pilihan waktu terbaik untuk menyalip kendaraan lain dengan aman.

    Maka dari itu, OLXer harus menguasai skill menyalip agar setiap perjalanan yang dilakukan bisa lancar dengan waktu yang efisien. Meski demikian, ketika menyalip kendaraan lain, OLXer tidak perlu memaksakan diri.

    Oleh karena itu, kuasai skill menyalapi dengan cara belajar secara bertahap, sehingga terbiasa dan dapat melakukannya dengan baik dan tanpa ragu.

    3. Berbelok dan menggunakan lampu-lampu

    Kemampuan untuk berbelok juga menjadi salah satu skill penting yang wajib dikuasai ketika mengendarai motor. Pengaturan gas dan rem, serta pemilihan waktu yang tepat merupakan poin penting yang wajib dicermati dalam hal ini.

    Selain itu, penggunaan lampu sein dan lampu-lampu lainnya di motor juga menjadi hal penting yang harus dikuasai dengan baik.

    Pastikan OLXer memiliki skill berbelok dengan baik dan menggunakan lampu-lampu secara tepat, sehingga bisa berkendara dengan aman dan tidak membahayakan pengendara lainnya di jalan raya.

    4. Menggunakan rem

    Rem menjadi komponen penting yang sangat dibutuhkan oleh setiap kendaraan, termasuk motor. Maka dari itu, OLXer perlu mempelajari dan memahami dengan baik teknik menggunakan rem yang tepat, termasuk menyesuaikannya dengan kondisi jalan yang dilalui, seperti jalan menurun, belokan, dan yang lainnya.

    Teknik yang tepat akan membuat penggunaan rem menjadi efektif dan perjalanan berkendara menjadi tetap aman.

    5. Membaca rambu lalu lintas dan kondisi jalan raya

    Kemampuan lain yang perlu diketahui pengendara motor adalah membaca berbagai rambu lalu lintas. Pasalnya, berbagai petunjuk rambu lalu lintas akan membantu perjalanan tetap aman, sehingga penting untuk dipahami dan patuhi dengan baik.

    Memahami aturan lalu lintas juga menjadi standar wajib yang patut diketahui  ketika hendak mengikuti ujian membuat Surat Izin Mengemudi (SIM).

    Selain itu, kemampuan dalam membaca atau melihat kondisi jalan raya juga sangat dibutuhkan, terutama jika terbiasa berkendara di kawasan yang padat dan ramai.

    Nah itu lah beberapa hal yang perlu dimiliki pengendara bermotor. Kira-kira menurut OLXer apa lagi ya yang diperlukan?

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here