Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    TipsJangan Sepelekan Jika Mika Lampu Mobil Berembun Bahkan Terisi Air, Ini Alasannya?

    Jangan Sepelekan Jika Mika Lampu Mobil Berembun Bahkan Terisi Air, Ini Alasannya?

    Lampu utama yang ada di depan sebuah kendaraan baik mobil atau sepeda motor memiliki peran penting pada sebuah kendaraan. Sebab, dengan adanya lampu utama visibilitas pengemudi akan jadi jelas baik itu ketika malam hari atau kondisi hujan.

    Hanya saja, sadar atau tidak ternyata mika yang membungkus lampu utama acap kali jadi berembun atau kemasukan air.

    Usut punya usut, jika terjadi kasus tersebut jangan dibiarkan begitu saja. Bahkan menurut Autovision Expert, Joe mengatakan apabila mika lampu berembun bahkan menimbulkan genangan, maka akan terjadi beberapa hal sehingga membuat tidak nyaman, bahkan bisa beresiko terjadi kecelakaan karena kurangnya penerangan.

    “Pastinya berpengaruh di cahaya, pencahayaan kurang maksimal, karena adanya air tadi jadi kusam. Selain itu, usia pakai lampu jadi berkurang sudah pasti apalagi kaca bohlamnya kena jadi umur pakainya makin pendek,” ungkap Joe saat ditemui di Showroom Service Center Autovision di kawasan Kosambi, Jakarta Barat.

    Kata Joe, mika lampu bisa dibersihkan atau bisa juga menambal titik dimana mengalami kebocoran. Sedangkan jika air sudah mengenai bohlam lampu, sederhananya langsung dilakukan penggantian. Sebab bukan tak mungkin, hal itu bisa berpotensi terjadi korsleting.

    Diketahui, munculnya embun atau air dalam mika bisa disebabkan beberapa faktor, antara lain mika kaca atau sil terbuka karena getas atau muncul retak-retak di bagian perekatnya.

    Lantas kenapa bisa retak? Ternyata hal ini disebabkan mobil diparkir di luar sehingga terpapar langsung sinar matahari langsung. Namun begitu, sil bisa juga terbuka lantaran dimakan usia.

    Selain itu, embun dalam mika lampu bisa karena perbedaan suhu di dalam dan luar mika. Contohnya bisa terjadi saat siang hari dimana udara di luar akan sangat panas, maka bisa saja terjadi penguapan di dalam mika.

    Adapun salah satu trik untuk menghilangkan embun dalam mika bisa dilakukan dengan cara menyalakan bohlam lampu depan saat berkendara dalam waktu singkat.

    Atau, jika OLXer memang paham soal mobil dan pemasangan komponen lainnya, maka bisa juga dengan membongkar dan memisahkan part demi part lalu dikeringkan. Oia, penggunaan alkohol dipercaya dapat membantu menguapkan sisa air, kemudian pasang kembali dengan benar. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here