Jarang Ada yang Tahu, Ini Fakta Menarik Kaca Mobil Bagian Depan

0
36

Keberadaannya kaca mobil depan kerap dianggap hal sepele. Padahal, kaca mobil depan memiliki berbagai fungsi mulai dari memberikan efek aerodinamis, hingga melindungi pengemudi dan penumpang terhindari dari dari puing-puing, debu, kerikil yang beterbangan, sampai saat cuaca hujan, angin, dan lainnya.

Ya, kaca mobil memang banyak perannya. OLXer bisa melihatnya penjelasannya dari kaca mobil di artikel berjudul 5 Peran Penting Kaca Jendela Mobil Pada Bagian Depan.

Bicara soal kaca mobil, memang wujudnya kerap diabaikan. Padahal, jika kita menarik sejarah munculnya kaca mobil depan cukup mengejutkan. Nah, berikut ini beberapa fakta menarik tentang kaca depan mobil yang jarang diketahui.

1. Sebagai fitur keamanan 

Tanda OLXer sadari, jika mengalami kecelakaan seperti mobil terguling, maka kaca depan mobil dianggap menjadi salah satu penghalang atau pencegahan pertama benda lain masuk ke dalam kabin yang dapat membuat pengemudi dan penumpang mengalami luka.

Kaca depan mobil juga jadi salah satu alat yang menyerap goncangan dan benturan, serta mencegah terjadi tumbukan pada kabin. Sebaliknya, gaya tumbukan akan dialirkan langsung ke sasis.

2. Sebuah kemewahan

Sudah sejatinya sebuah mobil yang dibuat saat ini dilengkapi kaca depan. Namun OLXer harus tahu, seperti dilansir windshield experts, saat awal munculnya mobil di jalanan di tahun 1900-an, keberadaan kaca depan mobil jadi aksen tambahan seperti halnya speaker stereo dan kamera belakang jika membeli mobil saat ini. 

Ya, kaca depan mobil memang kala itu dibuat tipis yang bisa dilipat apalagi jika kotor. Namun saat itu, yang memiliki kaca mobil hanya pemilik mobil paling kaya yang mampu membelinya.

Hingga akhirnya pada tahun 1915, Oldsmobile menjadikan kaca depan sebagai fitur mobil standar, sehingga mengakhiri norma kemewahan yang tidak masuk akal.

3. Kaca anti pecah dibuat di ketidaksengajaan

Kaca depan mobil juga memiliki fitur anti pecah. Nah, yang membuat kaca depan mobil anti pecah usut punya usut merupakan seorang ahli kimia asal Prancis bernama Eduoard Benedictus.

Kala itu, Eduoard menjatuhkan salah satu gelas kimia, namun gelas tersebut tidak pecah lantara dilapisi selulosa nitrat. Dengan  penemuan kaca anti pecah saat ini, tak sedikit muncul kaca anti pecah lainnya dengan menerapkan teknologi canggih.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here