Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    BeritaJarang Diketahui, Begini Wujud Mobil Pertama Mitsubishi

    Jarang Diketahui, Begini Wujud Mobil Pertama Mitsubishi

    Mitsubishi, jadi salah satu brand ternama baik di Indonesia maupun di internasional. Merek otomotif asal Jepang ini memang tak hanya terkenal dalam penjualan, tetapi juga handal di kancah balapan baik motorsport maupun rally.

    Namun OLXer harus tau, jika ketangguhan mobil-mobil Mitsubishi Motors Corporation tak lepas dari peran sang nenek moyang yaitu Mitsubishi Model A.

    Berdasarkan keterangan tertulis, Mitsubishi Model A merupakan mobil yang diproduksi untuk pertama kali oleh Mitsubishi yang dirancang di Kobe Shipyard, Mitsubishi Shipbuilding Company (sekarang Mitsubishi Heavy Industries/MHI).

    Mitsubishi Model A sendiri sebelum menjadi cikal bakal mobil penumpang modern Mitsubishi Motors, sempat menjadi prototipe yang hadir pada 1917 dan akhirnya diproduksi pada November 1918.

    Menurut Director of Product Strategy Division PT MMKSI Ryoichi Inaba, Mitsubishi Model A tidak hanya penting bagi sejarah Mitsubishi Motors, namun juga industri otomotif Jepang.

    “Mitsubishi Motors telah berkomitmen untuk memproduksi mobil dengan kualitas terbaik, memahami preferensi dan kebutuhan konsumen. Sejak awal, ketika kami memproduksi massal kendaraan pertama,” ungkap Inaba dalam keterangan tertulis.

    Spesifikasi

    Diketahui, ketika membuat Mitsubishi Model A beberapa alat dan mesin khusus otomotif pada dasarnya sudah ada. Akan tetapi, untuk mengembangkan secara massal, mobil ini digarap menggunakan palu dan pahat.

    Bahkan bodi Mitsubishi Model A masih terbuat dari kayu yang dipernis, dan interiornya menggunakan kain wol Inggris yang tergolong mewah.

    Secara dimensi, Mitsubishi Model A ini memiliki panjang 3.830 mm, lebar 1.620 mm, dan tinggi 2.070 mm. Jarak sumbu rodanya 2.640 mm.

    Untuk jantung pacu, Mitsubishi Model A ini dibenamkan mesin 2.8 liter dengan mesin penggerak roda belakang yang mampu menghasilkan daya 35 tenaga kuda.

    Dengan mesin tersebut, mobil ini mampu melesat dengan kecepatan hingga 97 km per jam

    Tantangan

    Tentu saja untuk mengembangkan sebuah mobil, Mitsubishi Model A kala itu tidak seperti saat ini, dimana tak ada ada tim riset and development yang gambar desain, serta masih sedikit pengetahuan tentang mesin bensin, bodi mobil, interior.

    Kendati demikian, walau pengalaman proses produksi minim, para insinyur Mitsubishi ternyata masih bisa mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut dan menunjukkan bahwa produksi massal mobil dalam negeri adalah hal yang mungkin.

    Pada tahun 1921 Mitsubishi Model A menjadi mobil penumpang seri produksi pertama Jepang dan tercatat sebagai sebuah mobil yang memiliki makna penting dalam industri otomotif Jepang.

    November lalu MMC mengumumkan bahwa Mitsubishi Model A telah dipilih oleh Japan Automotive Hall of Fame* (JAHFA), sebuah lembaga non-profit, sebagai Mobil Bersejarah – yang menandai keunggulan pada sejarah industri otomotif Jepang.

    Saat ini  replika dari Mitsubishi Model A, yang dibuat ulang menggunakan arsip dan dokumen lampau, dipamerkan di Mitsubishi Auto Gallery di Okazaki City, Prefektur Aichi.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here