Jumat, Maret 29, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriJarang yang Tahu, Ini Fungsi Trip Meter di Layar MID Mobil

    Jarang yang Tahu, Ini Fungsi Trip Meter di Layar MID Mobil

    News.OLX.co.id – Mobil-mobil keluaran terbaru saat ini dibuat untuk semakin memudahkan para pemiliknya. Beragam fitur yang dihadirkan tentunya semakin menambah kenyamanan berkendara.

    Namun kadang, banyak juga pemilik mobil yang tidak tahu fungsi atau kegunaan dari fitur-fitur mobil yang ada saat ini.

    Salah satunya adalah indikator trip meter yang bisa ditemukan pada MID atau Multi Information Display.

    Biar tidak bingung apa fungsi dari trip meter, berikut adalah penjelasan dari Yulius Purwanto, Head of Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) soal fitur trip meter yang sekarang ada di hampir semua produk terbaru Suzuki. 

    Fungsi Trip Meter

    Trip meter yang ada di MID mobil berguna untuk memantau jarak perjalanan yang sudah ditempuh. 

    Di mobil-mobil Suzuki, trip meter ini terletak di balik lingkar kemudi bersama dengan indikator lain seperti speedometer, tachometer fuel meter, temperatur mesin, dan odometer.

    Fitur trip meter memiliki dua pilihan tampilan, yaitu Trip A dan Trip B, yang penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

    “Dengan trip meter, pengemudi bisa mengetahui berapa selisih jarak yang ditempuh dari titik A ke titik B, demikian juga sebaliknya jika mengambil rute berbeda. Saat pergi pengemudi bisa menggunakan mode Trip A, sedangkan saat kembali bisa menggunakan mode Trip B, sehingga pengemudi bisa tahu perbedaan jaraknya,” terang Yulius Purwanto dalam keterangan tertulis, Senin (26/7/2021). 

    Trip meter juga membantu pengemudi dalam merencanakan rute perjalanan, hingga mempertimbangkan aktivitas lain yang mungkin bisa dilakukan, seperti menepi sejenak untuk beristirahat. 

    Angka di trip meter bisa di reset kembali ke posisi nol apabila ingin mengubah atau membuat rute perjalanan baru. 

    Caranya juga cukup mudah, tinggal menekan dan menahan kenop di speedometer sampai muncul angka nol di layar. 

    Harus diingat, harus ditekan dan ditahan. Karena jika hanya ditekan saja, maka trip meter hanya berubah dari trip A ke trip B atau sebaliknya. 

    Indikator Lain di MID

    Fungsi Trip Meter

    Selain trip meter, di layar MID mobil Suzuki juga ada indikator pengukur lainnya. Seperti fitur odometer yang berfungsi untuk melihat seberapa jauh jarak tempuh mobil secara total sejak diproduksi.

    Tidak disarankan untuk me-reset odometer karena akan merubah angka jarak tempuh mobil. 

    Hal ini biasanya dilakukan oleh oknum penjual mobil bekas yang bermaksud menjadikan mobilnya terlihat memiliki jarak tempuh yang rendah sehingga harga mobil bisa lebih tinggi dari harga pasaran. 

    Selain trip meter dan odometer, fitur lainnya yang juga bisa ditemui di MID mobil Suzuki adalah indikator range. 

    Fitur ini berfungsi untuk mengukur jarak tempuh mobil dengan jumlah bahan bakar yang tersedia di tangki. 

    Contohnya, kalau di indikator range menunjukkan informasi angka 200 km, artinya, dengan jumlah bahan bakar yang tersedia saat itu masih bisa dipakai untuk menempuh jarak sejauh 200 km lagi.

    Tapi angka tersebut tidak bisa menjadi patokan, karena banyak faktor yang mempengaruhi jarak tempuh. 

    Kondisi lalu lintas yang macet, medan jalan serta gaya mengemudi yang tidak eco driving akan sangat menentukan jumlah penggunaan bahan bakar. 

    Untuk memastikan gaya berkendara yang irit bahan bakar, pemilik mobil Suzuki bisa memanfaatkan fitur driving style meter. 

    Dan untuk mengetahui berapa rata-rata konsumsi bahan bakar, pemilik mobil Suzuki bisa memanfaatkan indikator AVG (Average).

    “Fitur trip meter dihadirkan untuk menambah kenyamanan pengemudi ketika berkendara dan memudahkan untuk mengetahui berapa kilometer jarak yang telah ditempuh. Kami berharap dengan adanya kelengkapan fitur seperti trip meter dan berbagai fitur lainnya di MID mobil-mobil Suzuki dapat memudahkan konsumen yang akan melakukan perjalanan baik jarak jauh maupun dekat,” pungkas Yulius.

    Nah, itulah penjelasan mengenai fungsi dari indikator-indikator yang ada di layar MID mobil Suzuki. Semoga berguna bagi OLXers.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait