Senin, September 25, 2023
Lainnya
    TipsJenis Foglamp Mobil, dan Spesifikasi yang Paling Cocok Untuk Mobil

    Jenis Foglamp Mobil, dan Spesifikasi yang Paling Cocok Untuk Mobil

    Lampu merupakan salah satu bagian sangat vital yang dimiliki oleh mobil. Sebagai komponen yang memberikan penerangan saat jalanan gelap pada malam hari, keberadaan lampu ini sangat berguna saat cuaca hujan maupun berkabut.

    Seperti halnya foglamp atau lampu kabut pada mobil yang didesain untuk membantu pengemudi dalam memperjelas penglihatannya saat cuaca tidak cerah. Pancaran sinar dari lampu sorot foglamp dinilai mampu membantu penglihatan pengemudi dalam menembus lebatnya hujan dan kabut tebal. 

    Karena adanya foglamp akan membuat penglihatan semakin jelas baik bagi pengemudi atau pengguna jalan lain yang melihat sorot lampu tersebut saat berpapasan di jalan raya. Sehingga lampu ini dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan raya akibat kurang jelasnya jarak pandang karena cuaca buruk.

    Baca juga: Mengenal 15 Lampu Indikator Mobil yang Wajib Diketahui agar Aman Berkendara

    Foglamp sendiri terdapat beberapa jenis yang terbagi berdasarkan warna cahaya yang dipancarkan dan teknologi yang digunakan pada lampu. Berikut jenis-jenis lampu foglamp:

    Jenis-Jenis Lampu Foglamp Berdasarkan Warna Cahaya

    Lampu kabut atau foglamp memiliki perbedaan warna cahaya yang dipancarkan. Perbedaan warna tersebut adalah warna putih dan kuning. Dari perbedaan ini ada kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

    • Foglamp yang memancarkan cahaya putih

    Lampu yang berwarna putih memang memiliki pancaran yang lebih kuat. Namun jika dihadapkan pada kondisi berkabut, hujan lebat, atau daerah bersalju, cahaya putih lebih sulit diterima oleh visibilitas manusia, sehingga malah menyilaukan.

    • Foglamp yang memancarkan cahaya kuning

    Lampu berwarna kuning lebih bisa diterima oleh mata manusia sehingga sangat berguna untuk visibilitas pengendara, terutama jika melewati medan yang berkabut, hujan lebat, atau salju. 

    Jenis Lampu Foglamp Berdasarkan Teknologinya

    Ada dua jenis lampu foglamp berdasarkan teknologi yang digunakan. Ada lampu bohlam yang terisi halogen teknologi LED. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

    • Foglamp bohlam berisi halogen

    Foglamp jenis bohlam yang berisi halogen akan memancarkan cahaya berwarna kuning yang dapat menghasilkan panas hingga 3.000 Kelvin serta mampu menembus kabut maupun hujan lebat. Kelebihan dari foglamp bohlam ini karena harganya lebih murah daripada LED.

    Daya tembus foglamp jenis bohlam berisi halogen juga lebih kuat. Namun karena cepat panas sehingga lebih boros energi. Usia foglamp jenis ini bisa mencapai 350 jam. Namun lamanya usia penggunaan juga dipengaruhi oleh tipe foglamp halogen yang dipilih, karena beda tipe, beda pula teknologi yang digunakan.

    Foglamp jenis ini memiliki dua tipe. Pertama, tipe H11. Tipe ini umumnya digunakan sebagai headlamp yang sistemnya menggunakan satu lampu untuk satu keperluan. Housing atau rumah foglamp terbuat dari bahan material yang cukup kuat dan tahan panas. Daya lampu yang digunakan juga cukup besar, sekitar 55 watt, sedangkan lampu cahayanya mencapai 1.350 lumen dengan sumber tegangan 12 volt.

    Tipe yang kedua adalah H16. Tipe ini lebih diminati sebagai foglamp dan memiliki daya lampu sebesar 19 watt. Sedangkan kekuatan cahaya yang dihasilkan bisa mencapai 500 lumen dengan tegangan 12 volt. Memilih foglamp tipe ini menggunakan housing dari mika sebagai kacanya. Karena panas yang dihasilkan tidak begitu besar, bahan mika yang digunakan tidak akan meleleh.

    • Foglamp LED 

    Foglamp LED akan menghadirkan kecerahan tinggi dan lebih hemat energi. Daya tahannya juga lebih lama daripada bohlam jenis halogen, usianya bisa mencapai 500 jam. Namun harganya lebih mahal daripada bohlam jenis halogen.

    Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Jenis Lampu Halogen, HID dan LED

    Fungsi Foglamp

    Ada dua macam foglamp pada mobil yaitu foglamp belakang atau disebut dengan rear foglamp dan juga foglamp depan. Kedua macam foglamp ini memiliki fungsi yang sama yaitu digunakan untuk penerangan saat cuaca ekstrem.

    Rear foglamp biasa digunakan untuk berkomunikasi dengan pengendara atau mobil yang ada dibelakangnya. Rear foglamp atau foglamp belakang berfungsi untuk memberikan kode kepada mobil yang ada di belakang bahwa ada mobil di depan mereka.

    Sedangkan foglamp depan pada mobil sendiri digunakan untuk membantu pengemudi menerangi jalan atau memberikan pencahayaan yang ada di depan ketika jalanan mengalami kendala seperti hujan deras maupun jalanan yang tertutup kabut. Pada umumnya foglamp pada mobil dapat menjangkau pandangan hingga 10 meter kedepan.

    Foglamp pada mobil biasanya digunakan ketika cuaca ekstrem seperti saat hujan deras, saat melewati kepulan asap, atau saat melintasi daerah berkabut seperti pegunungan tinggi. Namun tak jarang juga pengguna menyalakan foglamp mobil ketika melewati jalanan yang gelap.

    Baca juga: Jangan Asal Pasang Lampu Utama, Ketahui Syarat dan Peraturannya

    Manfaat Foglamp

    Seperti yang sudah diketahui foglamp mobil memiliki manfaat sebagai alat keamanan bagi pengemudi, yaitu  dalam meningkatkan daya penglihatan atau visibilitas pengendara mobil ketika berkendara melewati daerah dengan cuaca ekstrem. 

    Cahaya dari foglamp memiliki manfaat untuk memecah kabut maupun hujan lebat sehingga pengemudi dapat melihat jalanan di depan dengan jarak pandang yang jauh. Dengan begitu foglamp dapat memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan aman.

    Memilih Foglamp yang Cocok Untuk Mobil

    • Berkualitas

    Foglamp yang berkualitas yaitu yang sudah memiliki sertifikat ISO. Karena dengan memiliki ISO tentu akan terjamin mutunya. Selain itu,  foglamp yang berkualitas tentunya akan lebih tahan lama dan juga tidak mudah rusak.

    • Mudah Dipasang

    Pilihlah foglamp yang mudah dipasang karena akan lebih memudahkan Anda ketika harus mengganti foglamp tersebut saat mengalami kerusakan. Hal ini tentunya akan meminimalisir biaya kita untuk pergi ke bengkel.

    • Tahan Air

    Karena foglamp difungsikan sebagai penerangan saat berkendara dalam kondisi kabut maupun hujan lebat maka kalian harus memilih jenis foglamp yang tahan air. Dengan memilih foglamp yang tahan air, maka dapat meminimalisir kerusakan lampu. Hal tersebut karena pada umumnya lampu akan cepat mati ketika sering kemasukan air.

    • Bohlam Berisi Halogen

    Bohlam yang berisi halogen memiliki pancaran cahaya berwarna kuning dan biasanya cahaya halogen memiliki kekuatan 3000 Kelvin dalam menembus kabut maupun hujan. Dengan memilih jenis ini tentunya Anda akan lebih menghemat biaya dan juga memberikan kenyamanan dalam berkendara karena jenis lampu ini sangat kuat dalam menembus kabut maupun hujan yang lebat.

    • Lampu yang Berwarna Kuning

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya foglamp yang baik yaitu memiliki cahaya berwarna kuning. Karena lampu berwarna kuning akan lebih kuat dalam memancarkan cahaya di tengah-tengah kabut maupun hujan lebat. Foglamp berwarna kuning juga tentunya lebih unggul dibandingkan dengan lampu yang berwarna putih.

    Nah itulah ulasan mengenai foglamp mobil, pastikan memilih foglamp berkualitas agar semakin nyaman dalam berkendara. Kalau soal mobil bekas, pastikan untuk memilih di dealer terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Membeli mobil bekas yang aman digunakan di jalan tentu harus fokus pada kualitasnya. #PilihYangPasti untung di OLX Autos. Kamu bisa pilih ribuan unit mobil dengan kualitas terbaik dan sudah melalui inspeksi.. Sehingga bergaransi dan dijamin aman dan nyaman untuk berkendara bersama keluarga tercinta!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait