Kamis, September 29, 2022
More
    MobilApa itu Mobil LCGC? Simak Keunggulan, dan Jenis Mobil LCGC

    Apa itu Mobil LCGC? Simak Keunggulan, dan Jenis Mobil LCGC

    Mobil LCGC adalah salah satu jenis mobil yang mulai menarik minat konsumen di Indonesia. Mobil ini sangat cocok terutama untuk digunakan di perkotaan dan jalanan yang sempit. Anda mungkin sering mendengar apa itu LCGC? 

    Pengertian Mobil LCGC

    Anda mungkin sering mendengar istilah LCGC. Singkatan tersebut berasal dari kalimat low cost green car, yang berarti mobil ramah lingkungan. Mobil LCGC adalah mobil yang memiliki keunggulan utama yakni rendahnya biaya operasional baik itu bahan bakar, biaya servis dan perawatan, juga harga jualnya yang tergolong sangat terjangkau. 

    Mobil ini sangat identik dengan ukurannya yang mungil, dan mengutamakan efisiensi penggunaan bahan bakar yang seirit mungkin. Walau demikian, kekurangan mobil LCGC yang harus dikompromikan yakni tenaganya yang tidak sebesar mobil-mobil tipe lainnya.

    Karena ramah lingkungan, mobil ini diluncurkan dengan dukungan pemerintah Indonesia untuk menekan jumlah polusi dan emisi. Jika anda memutuskan untuk beli mobil LCGC, ada banyak kelebihan yang akan anda rasakan selaku pengguna. Kelebihan mobil LCGC antara lain sebagai berikut:

    Baca juga: Daftar Harga LCGC Sebelum Kena PPnBM Bulan Depan

    Kelebihan Mobil LCGC

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, LCGC atau green car memiliki banyak kelebihan salah satunya ramah di kantong. Namun tidak hanya itu, sebagai pemilik mobil irit ini, ada beberapa kelebihan LCGC yang bisa anda rasakan, yakni sebagai berikut:

    1. Murah, tapi tidak murahan

    Walau mobil LCGC didesain untuk menekan budget, tapi bukan berarti mobil ini mudah rusak. Jika anda rutin mengganti oli, serta disiplin melakukan prosedur servis lain yang direkomendasikan, mobil LCGC bisa tetap awet dan berumur panjang. Selain faktor tersebut, LCGC berumur lebih panjang karena suku cadangnya mudah ditemukan dan banyak tersedia di pasaran.

    2. Lebih lincah di jalanan yang macet dan sempit

    Dengan dimensi body yang relatif lebih kecil dari mobil lainnya, LCGC sangat mudah dikontrol dan kemungkinan kecil akan menyenggol kendaraan lainnya. Dengan body yang kecil ini pula, mobil LCGC rerata lebih gesit dan mudah melewati jalanan atau gang sempit.

    3. Mengurangi polusi udara

    Dampak lainnya dari mobil yang irit bahan bakar, ialah emisinya yang relatif rendah. Pemilik LCGC juga turut berkontribusi dalam pengurangan polusi udara. Jika anda tertarik untuk ikut menjaga lingkungan, maka mobil LCGC adalah pilihan paling rasional untuk anda.

    Mobil LCGC adalah mobil yang terkenal irit & ramah lingkungan. Simak daftarnya sebelum beli mobil LCGC

    4. Nilai jual kembali 

    Khawatir tidak betah dengan LCGC yang anda beli? Jangan khawatir, dengan harga jual yang terjangkau, mobil ini bisa ditawarkan pada banyak orang dan mudah menarik minat pembeli muda. Banyak mobil LCGC bekas yang laku kembali dengan harga jual yang tidak jatuh.

    5. Pajak yang murah

    Mobil LCGC pada umumnya memiliki isi silinder yang tidak terlalu besar, sehingga secara regulasi di Indonesia, mobil LCGC sangat terjangkau untuk membayar pajak tahunannya.

    6. Biaya perawatan murah

    Selain memastikan anggaran membeli mobil, ada satu hal juga yang tidak boleh dilupakan, yakni biaya perawatan mobil. Mobil bertipe LCGC pada umumnya tidak terlalu rumit untuk di rawat dan biaya servisnya sangat terjangkau.

    7. Mudah dimodifikasi menjadi mobil konsep

    Jika anda tipe orang yang kreatif dan ingin menunjukkan kepribadian dari mobil yang anda kendarai, LCGC adalah salah satu mobil yang cocok untuk anda. Versi pabrikan dari mobil LCGC yang seringkali hanya tersedia fitur yang minim, membuat anda lebih leluasa untuk menentukan fitur untuk mobil anda.

    Banyak pabrikan mobil LCGC yang menawarkan jasa pengecekan mobil dengan harga yang relatif murah. Untuk jangka waktu servis juga tidak perlu terlalu sering. Salah satu LCGC dengan perawatan mudah dan murah, iala Daihatsu Sigra, yang jangka servis berkalanya pada jarak 1.000 km, hingga 100.000 km dalam kurun waktu 5 tahun. 

    Baca juga: Honda Brio Satya, Mobil LCGC yang Masih Jadi Favorit di Indonesia

    Kekurangan Mobil LCGC

    Ada kelebihan, pasti ada juga kekurangan. Jika mobil LCGC menjadi solusi dari mahalnya harga mobil saat ini, maka ada beberapa kekurangan juga yang harus siap anda hadapi ketika memiliki LCGC. Diantaranya adalah:

    1. Performa Kurang Bertenaga

    Sudah menjadi rahasia umum jika mobil LCGC tidak begitu cocok untuk dipacu dan diadu kekuatannya dengan mobil lain. Dengan konsep save energy, mobil LCGC didesain dengan isi silinder yang kecil, dan kapasitas mesin yang tidak begitu besar. Sehingga jika anda penikmat raungan mesin dan dengan daya ledak yang besar, anda mungkin akan sedikit kecewa dengan kemampuan LCGC.

    2. Kurangnya Fitur Tambahan

    Karena LCGC adalah mobil irit nan ekonomis, maka sudah pasti akan ada batasan berupa fitur-fitur tambahan pada mobil ini. Mobil LCGC lebih umumnya menerapkan fitur tersebut sebagai add-on atau tambahan saat pembelian, demi menekan biaya produksi sehingga mobil bisa dipasarkan dengan harga yang terjangkau.

    3. Kapasitas Penumpang

    Karena LCGC adalah mobil irit nan ekonomis, maka sudah pasti akan ada batasan berupa fitur-fitur tambahan pada mobil ini. Mobil LCGC lebih umumnya menerapkan fitur tersebut sebagai add-on atau tambahan saat pembelian, demi menekan biaya produksi sehingga mobil bisa dipasarkan dengan harga yang terjangkau.

    Baca juga: Sejarah Munculnya LCGC di Indonesia Sampai Daftar Harga Terlengkap

    Mobil LCGC adalah mobil yang Terbaik dan Termurah

    Jenis Mobil LCGC

    1. LCGC Compact

    Tipe pertama dari mobil LCGC, ialah LCGC compact berukuran mini yang sering kita temui di jalan. Mobil ini cocok untuk pengguna yang mengedepankan efisiensi, keiritan bahan bakar, dan mobilitas yang lancar di perkotaan.

    Mobil ini juga sering ditujukan bagi anak muda yang tidak ingin merasakan kerumitan merawat mobil yang besar, dan juga tidak memerlukan kapasitas bagasi yang luas. Mobil LCGC compact cukup beragam yang bisa anda pilih. Banyak merek pabrikan mobil sudah merilis versi LCGC kecil, seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun, dan Nissan March.

    2. LCGC MPV

    Mobil LCGC kategori kedua, yakni LCGC bertipe MPV. Selain keunggulan utamanya yang ramah lingkungan dan irit biaya penggunaan, mobil ini juga nyaman dikendarai layaknya MPV. 

    LCGC MPV memiliki body yang lebih besar agar bisa menampung penumpang lebih banyak, dan bagasi yang lebih lebar. Namun tidak sebesar mobil MPV non-LCGC pada umumnya agar tetap efisien bahan bakar.

    Mobil ini cocok sebagai mobil keluarga muda yang membutuhkan kenyamanan dengan biaya yang murah. Ada beberapa contoh mobil LCGC bertipe MPV yang dipasarkan di Indonesia. Diantaranya adalah Daihatsu Sigra, Toyota Calya, dan Suzuki Karimun Wagon R.

    Baca juga: Beli Mobil di OLX Autos, Gratis Towing Selama 3 Bulan, Jika Dibutuhkan

    Bagaimana, apakah anda semakin mantap untuk memilih LCGC sebagai mobil pilihan anda? Jika sudah yakin, tapi budget masih belum mencukupi? Ada salah satu alternatif lainnya yang bisa pilih yakni membeli mobil LCGC bekas dengan kondisi terbaik di OLX Autos!

    Di dealer OLX Mobil LCGC terbaik dan mobil low budget lainnya dapat anda temukan dengan mudah. Merek apa saja, tahun berapa, semua tersedia. Dengan jaminan kualitas terbaik melalui inspeksi dari mekanik berpengalaman, anda akan mendapatkan mobil MPV terbaik, dengan harga yang terbaik untuk anda miliki!

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here