Senin, Mei 29, 2023
Lainnya
    Mobil6 Jenis Mobil Toyota dengan Berbagai Tipe yang Layak Jadi Pilihan

    6 Jenis Mobil Toyota dengan Berbagai Tipe yang Layak Jadi Pilihan

    Ada beberapa jenis mobil Toyota yang dapat Anda pertimbangkan untuk dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget. Simak beberapa tipe Toyota yang dapat Anda pertimbangkan!

    JAKARTA – Siapa yang tidak kenal dengan mobil Toyota? Merek mobil asal Jepang ini memang sudah tidak asing lagi di telinga nyaris seluruh masyarakat Indonesia. Toyota bahkan menjadi salah satu yang terbesar di pasar otomotif Indonesia.

    Hadir di Indonesia sejak 50 tahun lalu, Toyota dikenal menyediakan kendaraan dengan harga, kualitas, dan ketangguhan yang sudah terjamin. Pelayanan after sales dan biaya servis mobil ini pun tidak mencekik. Selain itu, teknologi pada setiap unitnya semakin diperbarui, seperti adanya fitur keselamatan Integrated Safety Management (ISIM) yang menjadikannya unggul di antara mobil sekelasnya.

    Tak heran jika hingga kini, Toyota masih merajai pasar mobil LCGC, maupun mobil mewah. Konsumen juga semakin dimanjakan oleh banyaknya pilihan jenis mobil yang disediakan Toyota. Sehingga, konsumen bisa bebas memilih mana jenis mobil yang paling sesuai dengan kriteria dan kebutuhannya.

    Baca juga: Review Mobil Toyota Avanza G, MPV yang Jadi Pilihan Keluarga

    Saat ini, ada beberapa jenis mobil Toyota yang kerap wara-wiri di pasar jual beli mobil Indonesia. Apa saja? Berikut penjelasannya.

    Multi Purpose Vehicle (MPV)

    MPV Toyota Calya
    Toyota Calya (olx.co.id)

    Mobil MPV Toyota salah satu jenis mobil yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Selain karena desainnya yang sesuai dengan kebutuhan rerata konsumen di tanah air, biaya perawatannya pun tidak terlalu besar. Sehingga, masih sangat ramah kantong untuk masyarakat dari berbagai kalangan.

    Ada beberapa tipe mobil dari jenis mobil MPV Toyota, mulai dari yang standar hingga mewah, di antaranya Avanza, Calya, Sienta, Kijang Innova, Veloz, Voxy, Alphard, hingga Vellfire.

    Jika budget terbatas dan membutuhkan mobil dengan kapasitas besar, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Toyota Calya atau Avanza. Kedua mobil ini memberikan kenyamanan dan keamanan mumpuni, meski harganya tergolong rendah.

    Namun, jika Anda membutuhkan mobil MPV dengan kenyamanan ekstra premium dalam berkendara, pilihan tepat jatuh pada Toyota Alphard atau Vellfire. 

    Baca juga: Fortuner TRD Sportivo, Kasta Tertinggi Mobil SUV Toyota Paling Laris

    Sport Utility Vehicle (SUV)

    SUV Toyota Rush
    Toyota Rush (olx.co.id)

    Jika Anda menyukai mobil dengan desain dan kesan sporty, tapi yang mampu mengangkut banyak penumpang, Anda bisa pilih jenis mobil Toyota SUV. Perpaduan keduanya ini begitu ciamik dan membuat mobil jenis ini juga banyak dijadikan pilihan, kareena fleksibilitas-nya. 

    Secara umum, rerata mobil Toyota SUV memiliki kapasitas mesin hingga 1.500 cc. Beberapa tipe yang bisa dijadikan pilihan, di antaranya ada Toyota Rush, Fortuner, Raize, hingga yang paling mewah Land Cruiser. Jatuhkan pilihan pada Toyota Rush, jika Anda ingin tampil sporty dan lebih muda dengan harga perawatan yang tidak seberapa.

    Sedan

    Sedan Toyota Vios
    Toyota Vios (olx.co.id)

    Toyota juga menghadirkan beberapa pilihan jenis mobil sedan yang dinilai premium dan berkelas. Dari segi harga tentu lebih mahal, karena jenis mobil yang satu ini memang kerap digunakan sebagai penunjang performance penggunanya.

    Salah satu jenis mobil sedan milik Toyota yang cukup banyak digunakan adalah Toyota Vios. Selain memiliki kesan mewah dan elegan, Vios banyak dijadikan pilihan karena terbilang cukup irit. Misalnya saja, untuk menempuh jarak 100 km, Vios hanya perlu diisi 8,2 liter bensin. Terlebih lagi, Toyota Vios sudah banyak sekali mengalami upgrade, salah satunya pada penggunaan keyless entry dan tombol push start.

    Jenis mobil sedan Toyota lainnya yang bisa dipilih adalah Corolla Altis dan All New Camry yang menghadirkan tampilan super mewah nan elegan. Beberapa di antara jenis mobil sedan Toyota juga sudah tersedia dalam jenis modernnya berupa mobil Hybrid.

    Baca juga: Melirik Toyota Agya Berbagai Tipe, Ini Perbedaan Spesifikasi dan Fiturnya

    Hatchback

    Hatchback Toyota Yaris
    Toyota Yaris (olx.co.id)

    Hatchback bisa dibilang mobil perpaduan antara sedan dan SUV. Jenis mobil ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal di wilayah urban karena bentuknya yang compact. Sehingga, kaum urban lebih leluasa untuk melibas jalanan padat perkotaan.

    Desain mobilnya yang stylish dan modern, membuatnya banyak dipilih anak muda, khususnya perempuan. Pilihan jenis mobil hatchback Toyota pun beragam, di antaranya Toyota Agya dan Yaris.

    Harganya jenis mobil hatchback Toyota begitu beragam, tergantung jenis dan tahun produksinya. Jika budget Anda sedang-sedang saja, memilih mobil bekas Toyota Yaris solusi yang sangat tepat. Sebab, harganya cenderung lebih rendah, namun performanya masih banyak yang baik.

    Toyota Commercial

    Commercial Toyota Hilux Double Cabin
    Toyota Hilux Double Cabin (olx.co.id)

    Toyota tidak hanya menyediakan mobil yang diperuntukkan bagi penumpang dan kaum urban. Untuk melengkapi varian jenisnya, Toyota bahkan menyediakan jenis mobil commercial guna urusan perniagaan. Tidak heran, jika merek mobil satu ini begitu diminati.

    Salah satu contohnya adalah Hilux yang merupakan salah satu tipe dari jenis mobil commercial Toyota yang sering digunakan oleh perusahaan penyedia barang dan jasa. Model tipe pick up ini cukup tangguh untuk digunakan pada kondisi jalan yang kurang bagus atau off-road sekalipun. Tenaga yang besar juga menjadikan mobil ini banyak dipilih untuk mobil niaga.

    Tipe lainnya adalah Hiace yang biasa digunakan oleh perusahaan jasa transportasi atau wisata. Ukurannya yang besar mampu menampung banyak penumpang dan barang. Toyota juga memiliki jenis mobil commercial berupa truk yang bisa digunakan untuk membawa barang dengan kapasitas besar.

    Baca juga: Toyota Yaris, Mobil Pujaan Kaum Muda, Tak Lekang Dimakan Zaman

    City Car

    City car Toyota Yaris
    Toyota Yaris (olx.co.id)

    City car adalah mobil yang bermutu, kompatibel, dan efisien. Semua karena mobil jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan jenis mobil lainnya. Karena ukurannya yang kecil, jadi mobil jenis ini sangat cocok untuk dikendarai di dalam kota. Mobil berjenis city car juga memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis mobil lainnya.

    Jenis mobil Toyota City Car yang tersedia di Indonesia adalah Toyota Agya, Toyota Etios Valco, dan Toyota Yaris. Dengan ukurannya yang ringkas, kapasitas silinder mesin yang tidak besar, membuat mobil-mobil ini irit bahan bakar. Meskipun begitu, tenaganya pun tetap baik. Itu mengapa mobil city car menjadi mobil yang banyak dipilih untuk digunakan sehari-hari. 

    Itulah beberapa pilihan jenis mobil Toyota yang banyak dijual di pasar otomotif tanah air. Pilihan mana pun yang pas di hati Anda, pastikan betul yang dipilih adalah sesuai budget, mulai dari pembelian hingga biaya perawatan mobil setiap bulannya.

    Selain itu, penting juga untuk menentukan pilihan antara membeli mobil baru atau bekas. Jika tabungan Anda cukup dan keuangan stabil, tentu tidak ada salahnya membeli mobil baru. Namun, bagaimana jika mobil yang Anda inginkan melebihi budget alokasi dana yang sudah Anda rencanakan?

    Kalau begitu, pilihannya adalah menambah budget, mengganti pilihan mobil yang Anda inginkan, atau dengan membeli mobil bekas.

    Baca juga: Melirik Toyota Agya Berbagai Tipe, Ini Perbedaan Spesifikasi dan Fiturnya

    Jika mobil keinginan Anda sesuai dengan kebutuhan, maka tidak ada salahnya juga membeli mobil bekas. Sebab, tentu lebih hemat budget. Asal jeli, Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan kualitas terbaik. Karenanya, penting untuk membeli mobil bekas di tempat yang terjamin kualitas dan track record-nya.

    Nah, jika Anda ingin segera memiliki salah satu jenis mobil Toyota di atas, langsung saja menuju website OLX Autos. Ada ribuan unit mobil dengan beragam jenis dari berbagai produsen yang bisa dipilih. 

    Semua unit mobil yang tersedia dijamin bergaransi dan memiliki kualitas terbaik, karena telah melalui proses pemeriksaan oleh tim kami yang berpengalaman. Tentunya, dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu pasti terpenuhi!

    Populer
    Jakarta Auto Week
    Berita Terkait