Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    TipsJenis Pelumas di Mobil yang Perlu Mendapat Perhatian Menurut Rifat Sungkar

    Jenis Pelumas di Mobil yang Perlu Mendapat Perhatian Menurut Rifat Sungkar

    News.OLX.co.id – Sebagai Brand Ambassador merek mobil Mitsubishi Motors di Indonesia, Rifat Sungkar memiliki pengetahuan lebih dalam terkait teknis mobil-mobil pabrikan asal Jepang tersebut. 

    Apalagi ia juga dikenal sebagai salah satu pereli andal yang kerap membawa harum nama Indonesia di ajang balap internasional.

    Tentunya pengalaman-pengalamannya dalam mengatasi trouble di berbagai jenis kendaraan bisa menjadi referensi bagi para pemilik mobil.

    “Dalam kehidupan keseharian saya punya prinsip dalam merawat dan menjaga kondisi mobil agar tetap berada dalam kondisi prima. Saya sebut POWERS,” sebut Rifat Sungkar dalam acara virtual bersama PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Rabu (29/9/2021).

    POWERS yang dimaksud Rifat disini adalah singkatan dari Petrol dan Paper, Oil, Water, Rubbers dan Safety.

    Fungsi Pelumas Menurut Rifat Sungkar

    Petrol dan Paper sudah dibahas tuntas melalui artikel ini, sekarang giliran Rifat menjelaskan terkait Oil (pelumas) yang fungsinya di mobil sangat penting.        

    Nah, menurut Rifat Sungkar, pelumas di mobil terbagi dalam beberapa jenis dan masing-masing memiliki peran penting. Mengingat beragamnya jenis pelumas ini, sangat penting bagi para pemilik kendaraan untuk memperhatikan hal ini.

    Öli pada mobil harus dijaga kondisinya agar dapat melumasi dengan baik. Karena jika diibaratkan, oli itu seperti darah yang mengalir dalam sebuah mobil,” jelas Rifat terkait fungsi pelumas.

    Kunci dalam menjaga kondisi oli adalah memastikan proses penggantiannya tepat waktu dan sesuai jarak yang sudah ditentukan di buku pedoman.

    Jenis Pelumas di Mobil

    Berikut 4 jenis oli mobil dan cara perawatannya menurut Rifat Sungkar:

    Oli Mesin

    Ganti oli mesin secara berkala, sesuaikan dengan yang diterapkan pada buku manual ataupun saran dari bengkel resmi terkait jarak tempuh serta jangka waktunya. 

    Umumnya oli mesin diganti setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali, mana yang lebih dulu tercapai.

    Pastikan untuk menggunakan oli yang direkomendasikan pabrikan dan sesuai dengan kebutuhan mesin.

    Biasakan untuk melakukan pengecekan oli sendiri.

    Pastikan juga tidak terjadi kebocoran oli pada mesin mobil.

    Oli (Minyak) Rem

    Penggantian minyak rem dilakukan setiap 20.000 kilometer atau 2 tahun sekali. 

    Jika didapati minyak rem berkurang, jangan ditambahkan. Minyak rem bekerja dengan cara berbeda dengan oli lainnya. Artinya minyak rem tidak akan berkurang, kalau tidak ada bocor atau kampas rem tipis.

    Pakai produk minyak rem yang sesuai dengan kebutuhan pada mobil. Biasanya di mobil Mitsubishi Xpander menggunakan jenis dot 3. Sementara untuk mobil dengan high performance pakai yang dot 5 atau dot 6.

    Oli Transmisi dan Oli Gardan

    Oli transmisi dan oli gardan pada dasarnya adalah dua jenis pelumas yang berbeda fungsi serta takarannya. Ganti sesuai kebutuhan mobil. 

    Untuk menggantinya, pastikan sudah sesuai dengan panduan dari manual book. 

    Oli Power Steering

    Oli untuk power steering durasi penggantiannya dilakukan setiap 40.000 kilometer atau 4 tahun sekali. 

    Pastikan juga pemilik mobil mengenali jenis power steering yang ada di kendaraannya. Jika menggunakan sistem hidrolik maka pastikan oli power steering kondisinya terjaga. Gunakan oli power steering yang sesuai.

    Tips Lain Seputar Oli ala Rifat Sungkar

    Jika mobil tidak dipakai dalam waktu lama, penggantian oli mesin harus tetap dilakukan.

    Meskipun jarang dipakai dan oli memang tidak ada kata basinya, tetap harus diganti jika sudah waktunya. Patokannya bukan pada kilometer tetapi jangka waktunya. Karena dalam garansi jelas disebutkan, penggantian oli setiap menempuh jarak sekian kilometer atau per berapa bulan, mana yang lebih dulu dicapai. 

    Kebiasaan pemilik mobil menentukan oli yang akan digunakan selalu concern pada harga murah atau ada penawaran menarik.

    Pilih oli harus disesuaikan dengan kinerja mesin atau berdasarkan yang tertera di buku manual penggunaan masing-masing mobil. 

    Meskipun mengganti oli bisa dilakukan sendiri, dan semua orang mungkin bisa melakukannya, tapi sangat disarankan untuk melakukannya di bengkel resmi. 

    Ini terkait proses melakukan reset MID mobil yang tidak bisa dilakukan sendiri. 

    Nah, itulah tips berharga dari seorang Rifat Sungkar terkait perawatan mobil, khususnya soal oli atau pelumas yang memiliki fungsi penting.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here