Jumat, Agustus 19, 2022
More
    MotorJLM Auto Indonesia Kini Jadi Distributor Harley-Davidson di Tanah Air

    JLM Auto Indonesia Kini Jadi Distributor Harley-Davidson di Tanah Air

    Merek sepeda motor asal Amerika Serikat, Harley-Davidson rupanya ingin tetap membuat pasar otomotif nasional lebih banyak untuk menjual sejumlah produknya di Tanah Air.

    Hal ini ditandai diumumkannya Harley-Davidson dan PT JLM Auto Indonesia (JLM) melakukan perjanjian distribusi eksklusif untuk motor, suku cadang dan aksesoris.

    Menurut Managing Director of Harley-Davidson Asia Emerging Markets & India, Sajeev Rajasekharan, PT JLM Auto Indonesia dipilih sebagai mitra karena memiliki rekam jejak distribusi dan ritel, serta sejalan dengan strategi Hardwire Harley Davidson.

    “Kami yakin akan pertumbuhan di Indonesia dan menanti bekerja sama secara erat dengan JLM untuk membuat pertumbuhan ini menjadi kenyataan,” ungkap Sajeev dalam keterangannya.

    Mulai efektif tahun depan

    Kata Sajeev, Kerjasama Harley-Davidson dan JLM Auto Indonesia akan memberikan akses lanjutan terhadap merek ikonik asal Amerika ini kepada para pengendara di Indonesia.

    Berdasarkan perjanjian tersebut, JLM akan membeli, menjual kembali dan menservis motor Harley-Davidson (internal combustion) serta menjual suku cadang dan aksesorisnya di Indonesia.

    Perjanjian yang mulai efektif 1 Januari 2023 ini, memungkinkan Harley-Davidson untuk mempertahankan kehadiran mereknya dengan para pengendara setia dan pelanggan di Indonesia.

    Perjanjian distribusi eksklusif memungkinkan JLM untuk mengidentifikasikan diri sebagai distributor resmi motor Harley-Davidson, menggunakan penanda yang telah disetujui dan menunjuk diler berdasarkan persetujuan Harley-Davidson.

    JLM juga akan menjadi distributor non-eksklusif untuk aparel dan produk lisensi Harley-Davidson, menawarkan akses penuh terhadap gaya hidup, produk dan layanan yang sudah dikenal kepada para pengendara di Indonesia.

    Selain itu, sejalan dengan strategi Hardwire milik Harley-Davidson, JLM akan memberikan pengalaman pelanggan Harley-Davidson yang diinginkan dan program terkait, seperti Harley Owners Group (H.O.G.) di pasar Indonesia. 

    Pelanggan dapat terus menikmati pengalaman merek Harley-Davidson, membeli produk Harley-Davidson dan melakukan servis resmi di dealer Harley-Davidson terdekat. Lokasi diler baru akan diumumkan setelah tanggal 1 Januari 2023.

    Harley-Davidson di Indonesia

    Nama Harley-Davidson memang sudah melegenda. Motor yang berasal dari Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat ini sudah ada sejak 1903.

    Singkat cerita motor ini juga sempat ikut andil dalam peperangan Perang Dunia II, termasuk saat masuk Indonesia pada tahun 1920 yang dibawa Belanda.

    Nah, saat Indonesia merdeka pada tahun 1945, sejumlah motor Harley-Davidson tidak dibawa pulang melainkan diambil alih Indonesia. Mereka menggunakannya untuk kendaraan operasional non sipil atas militer.

    Singkat cerita, pada tahun 1997, PT Mabua Harley-Davidson secara resmi menjadi importir resmi. Segala macam soal HD, mulai dari penjualan, service, dan apparelnya dilakukan Mabua.

    Pada 31 Desember 2015, PT Mabua Harley-Davidson tidak lagi memperpanjang keagenannya di Tanah Air, dikarenakan banyak faktor.

    Ya, hal ini disebut-sebut lantaran nilai tukar rupiah terhadap dolar melemah, kebijakan tarif bea masuk, dan biaya impor motor gede naik hingga 300 persen dan lainnya.

    Kendati demikian, 10 bulan tak ada kegiatan jual beli Harley-Davidson, ternyata PT Legenda Motor Indonesia di bawah payung Grup Nusantara jadi importirnya.

    Untuk penjualan, servis dan spare part Harley-Davidson dilakukan PT Nusantara Moto International (NMI).

    Selain ada Grup Nusantara yang memberikan fasilitas pada pemilik Harley Davidson, pada tahun 2017 muncul pula PT Anak Elang Motorindo yang menawarkan sejumlah motor dari brand yang sama. 

    Daftar dealer Harley-Davidson di Indonesia

    Dengan adanya kerjasama Harley-Davidson dan PT JLM Auto Indonesia (JLM), tentu saja ini semakin jelas dimana konsumen bisa mendapatkan motor legendaris tersebut secara resmi.

    Nah, OLXers mau tahu dimana saja dealer Harley-Davidson saat ini di Indonesia, berikut daftarnya;

    JAKARTA

    Anak Elang Harley-Davidson® of Jakarta

    Jalan Boulevard Artha Gading Blok A2,14240, Kelapa Gading Jakarta, Indonesia

    +62 21 2245 4292

    www.anakelangharley.com

    Nusantara Harley-Davidson® of Jakarta

    Jalan Radio Dalam Raya No. 99, Jakarta Selatan, 12140, DKI Jakarta, Indonesia

    +62 21 2751 7899

    www.nusantaraharley.com

    BANDUNG

    Siliwangi Harley-Davidson® of Bandung

    JL Wastukencana No. 105, Bandung, 40116, Indonesia

    +622 205 22988

    www.siliwangiharleydavidson.com

    MEDAN

    Sumatera Motor Harley-Davidson® of Medan

    Jalan S Parman No. 95 Medan, 20153, North Sumatra, Indonesia

    +62 61 4526 466

    www.sumateraharley.com

    SOLO BARU

    Kalimas Harley-Davidson® of Solo Baru

    Jl. Raya Solo Permai Blok HH no. 9, Solo Baru – Surakarta, Solo Baru Sukoharjp, 57552, Indonesia Central of Java

    +62 271 624159

    www.kalimasharley.com

    OLXers mau cari dan beli mobil bekas berkualitas, yuk cek di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here