Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    BeritaJokowi Tandatangani Perpres Mobil Listrik

    Jokowi Tandatangani Perpres Mobil Listrik

    Jakarta – Akhirnya semangat industri otomotif dalam mendorong tren kendaraan listrik di Tanah Air semakin mendekati kenyataan. Ini setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan dirinya telah menandatangani Perpres (Peraturan Presiden) tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) pada Senin, 5 Agustus 2019 lalu.

    “Sudah sudah, sudah saya tandatangani Senin pagi,” ucap Jokowi menanggapi pertanyaan wartawan terkait perkembangan regulasi kendaraan listrik seperti dilansir dari setkab.go.id, Kamis (8/8/2019).

    Presiden Jokowi sedang mengamati salah satu mobil listrik (Sumber Foto: GridOto)

    Adanya Perpres ini menjadi sebuah angin segar bagi industri otomotif yang sudah lama menunggu regulasi yang jelas soal pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. 

    Jokowi juga menegaskan bahwa pemerintah ingin mendorong industri otomotif agar segera merancang dan mempersiapkan diri membangun mobil listrik di Indonesia. Terutama menyiapkan baterai sebagai salah satu komponen utamanya.

    “Kita tahu 60 persen mobil listrik itu kuncinya ada di baterainya. Dan bahan untuk buat baterai dan lain-lain ada di negara kita. Sehingga strategi bisnis negara ini bisa kita rancang agar bisa mendahului membangun mobil listrik yang murah, kompetitif, karena bahan-bahan ada di sini,” jelas Presiden terpilih dua periode ini. 

    Namun menurut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, industri kendaraan listrik di Indonesia tetap punya tantangan sangat besar dan bukan perkara mudah dalam membangunnya dalam waktu setahun atau dua tahun ke depan. Potensi pasar juga harus menjadi perhatian khusus.

    “Harus lihat pembeli. Membuatnya bisa, yang beli ada? Karena 40 persen harga mobil listrik lebih mahal dari mobil biasa. Mau beli? Kita harapkan nanti dengan bahan-bahan baterai di Indonesia, mungkin harganya bisa ditekan lebih murah, akan berseliweran di kota-kota Indonesia,” pungkas Jokowi. 

    Sementara dari sisi pabrikan sendiri, rata-rata merek mobil di Indonesia menyatakan kesiapannya menyambut era mobil listrik di Indonesia. Beberapa diantaranya sudah ada yang punya line up mobil ramah lingkungan, mulai dari yang jenis hybrid, plug in hybrid sampai yang full listrik. 

    Ini artinya, kita sudah benar-benar harus siap dalam menerima tren mobil listrik masuk ke Indonesia. (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here