Selasa, November 30, 2021
OLX Auto
More
    BeritaJokowi Tantang Industri Otomotif di Indonesia Ekspor 1 juta Unit pada 2024

    Jokowi Tantang Industri Otomotif di Indonesia Ekspor 1 juta Unit pada 2024

    Presiden RI Joko Widodo bersemangat menghadiri peresmian ekspor perdana Isuzu Traga ke Filipina oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia di pabriknya yang terletak di Karawang Plant, Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Kamis (12/12/2019).

    Namun dibalik itu, presiden yang akrab disapa Jokowi tersebut menantang para pelaku industri otomotif di Indonesia dapat mengekspor produk otomotif yang dibuat di dalam negeri tembus di angka satu juta unit pada 2024 mendatang.

    Pasalnya, berdasarkan data yang beliau himpun, hingga detik ini ekspor otomotif masih membukukan angka 300 ribu unit per tahun.

    Karena itu, Jokowi berharap agar para pelaku industri otomotif yang ada di Indonesia dapat meningkatkan ekspor sehingga berimbas pada current account deficit semakin mengecil dan neraca perdagangan mendapatkan surplus.

     “Caranya gimana nggak mau tau. Yang jelas sekarang Pak Prijono (Direktur PT Astra International, Prijono Sugiarto) sudah salaman (sinyal dukungan) dengan Menko Perekonomian dan Menteri Perindustrian, berarti sangat serius,” ungkap Jokowi.

    Jokowi juga meminta, untuk ekspor tembus di angka satu juta, maka para pengusaha otomotif agar tidak pesimis dengan angka-angka yang ditargetkan.

    “Kita sering tidak percaya diri, sering pesimis. Itu karena apa? Ya karena kerja nggak pernah memakai target-target yang terukur, yang realistis. Insya allah ini akan bisa terwujud,” tutur Jokowi.

    Seperti diketahui, PT Isuzu Astra Motor Indonesia telah mengekspor perdana sebanyak 120 unit kendaraan niaga Isuzu Traga ke Filipina. Sedangkan target ekspor Isuzu Traga PT Isuzu Astra Motor Indonesia mencapai 6.000 unit per tahun. (Her)

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here