Selasa, November 30, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BekasJualan Mobil Bekas Menurun, 4 Model Mobil Ini Masih Banyak Dicari di...

    Jualan Mobil Bekas Menurun, 4 Model Mobil Ini Masih Banyak Dicari di Indonesia

    Pandemi Covid-19 yang sedang menjangkit di berbagai belahan dunia nyatanya sangat berpengaruh terhadap sejumlah sektor industri, tak terkecuali otomotif, khususnya roda empat atau mobil.

    Lihat saja, momen bulan Ramadhan yang biasanya mengalami lonjakan penjualan karena adanya kebutuhan konsumen untuk menjalankan ritual mudik lebaran. Selain itu, hari raya juga sangat dinantikan karena hampir semua pekerja mendapatkan tambahan biaya yang berasal dari Tunjangan Hari Raya.

    Sayangnya, pandemi yang sudah terjadi lebih dari tiga bulan ini berakibat menurunnya penjualan mobil, termasuk mobil-mobil berstatus bekas.

    Berdasarkan data internal OLX, penurunan jumlah permintaan (pencarian) mobil di platform OLX sekitar 40 persen pada minggu pertama Ramadhan (23 April 2020) dibandingkan data pada 5 Maret 2020, beberapa hari setelah kasus Covid-19 pertama di Indonesia diumumkan pemerintah. Sedangkan untuk jumlah listing mobil merosot sekitar 30 persen.

    Menurut Direktur Marketing OLX Indonesia, Ichmeralda Rachman, penurunan penjualan mobil bekas sudah diduga akan terjadi di tengah kondisi perekonomian sebagian besar masyarakat yang terpukul akibat pandemi ini.

    “Menurunnya daya beli masyarakat secara umum serta berubahnya prioritas masyarakat untuk pembelian barang tersier seperti mobil menjadi beberapa penyebab menurunnya  jumlah permintaan atas mobil di platform OLX,” ungkap wanita yang akrab disapa Melda.

    Lebih lanjut Melda mengatakan, dengan adanya ketidakpastian ekonomi ini, diperkirakan kondisi tersebut akan terus terjadi sepanjang sisa Ramadhan 2020.

    “Situasi ini berbeda dengan Ramadhan 2019 lalu dimana jumlah permintaan terus meningkat hingga minggu ketiga Ramadhan. Sejalan dengan jumlah permintaan, jumlah listing pada Ramadhan tahun lalu juga sempat mengalami peningkatan dan relatif stabil selama Ramadhan 2019,” ujarnya.

    Mobil yang banyak dicari 

    Meski terjadi tren penurunan pada jumlah listing dan jumlah permintaan pada tipe-tipe mobil, namun tipe mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) dari brand mobil Jepang masih menjadi mobil yang paling dicari oleh pengguna OLX.

    “Toyota Avanza dan Toyota Innova masih menjadi dua merek mobil teratas pilihan para pengguna, disusul oleh Honda Jazz dan Daihatsu Xenia. Preferensi merek mobil ini konsisten sebelum dan semasa pandemi COVID-19 ini,” jelas Melda.

    Dengan jumlah keluarga yang cenderung besar dan terbiasa hidup secara komunal (memiliki komunitas), masyarakat  Indonesia lebih menyukai mobil yang memiliki kapasitas besar dan multiguna.

    Data internal OLX juga menunjukkan, bahwa meski terjadi tren penurunan pada jumlah listing dan jumlah permintaan akan mobil, namun tren harga tidak berubah signifikan.

    Harga rata-rata pada listing yang ada di OLX pada minggu pertama Ramadhan (23 April 2020) berada pada angka Rp 193 juta, hanya menurun sekitar 5 persen dari harga rata-rata listing pada 5 Maret 2020.

    Sementara itu, pada periode yang sama, harga rata-rata pada permintaan mobil bekas justru meningkat sekitar 5 persen dan berada di kisaran harga Rp 146 juta. Tipe MPV masih tetap mendominasi, baik pada listing maupun permintaan akan mobil bekas. 

    Menariknya, meski secara umum permintaan atas mobil terus mengalami penurunan setelah pengumuman kasus COVID-19 pertama di Indonesia, dengan merek mobil Toyota Avanza, Suzuki Ertiga dan Daihatsu Xenia mengalami penurunan permintaan sekitar 50-60 persen hingga minggu pertama Ramadhan 2020.

    Sementara permintaan beberapa mobil seperti Toyota Fortuner, Toyota Alphard dan Mitsubishi Pajero Sport hanya mengalami penurunan sekitar 30 persen.

    “Pandemi ini memang banyak memukul kelas menengah sehingga memang tipe mobil keluarga pilihan kelas menengahlah yang mengalami penurunan permintaan cukup signifikan,” tutup Melda.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here