Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaJualan Truk Diprediksi di 2020 Bakal Naik, Ini Penyebabnya

    Jualan Truk Diprediksi di 2020 Bakal Naik, Ini Penyebabnya

    Tak hanya kendaraan mobil penumpang, kendaraan komersil juga pada 2020 diprediksi akan mengalami kenaikan. Setidaknya hal tersebut diakui PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), selaku distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Tanah Air. 

    Menurut Presiden Direktur PT KTB, Atsushi Kurita KTB, pasar kendaraan niaga akan tumbuh sekitar tujuh persen pada 2020, sehingga KTB menetapkan target penjualan truk Fuso pada 2020 di angka 46.900 unit. 

    “Rincian target masing-masing Colt Diesel 40.400 unit, target FUSO dan Fighter 6.500 unit,” ungkap Atsushi di kawasan Cikini, Jakarta, Selasa (11/2020).

    Sementara itu, Direktur Sales and Marketing PT KTB, Duljatmono optimis penjualan kendaraan komersial mengalami pertumbuhan, karena membaiknya ekonomi global, yang dapat mempengaruhi kepada industri logistik.

    “Komitmen pemerintah membangun infrastruktur menjadi harapan bagi industri otomotif termasuk Mitsubishi Fuso meningkatkan penjualan,” ucap Duljatmono.

    Tentu saja jika bicara infrastruktur di Indonesia, dengan adanya pemerintahan baru maka bukan tak mungkin akan ada proyek pembangunan termasuk Ibukota baru Kalimantan Timur dan yang lainnya. 

    Tidak sampai disitu, Duljatmono menyatakan, pada 2020 pertumbuhan industri Crude Palm Oil (CPO) dalam hal ini penggunaan B30 juga diprediksi salah satu stimulus sehingga memberikan kontribusi positif. 

    Penyebab Jualan Truk Fuso Turun pada 2019

    Kenaikan target penjualan truk Fuso sebesar tujuh persen, tak lain agar fokus meningkatkan dominasi sebagai absolute market leader.

    Maklum, pada 2019 lalu penjualan truk Fuso hanya sebanyak 94.323 unit atau turun 19 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang tembus 116.421 unit. 

    Penurunan penjualan kendaraan komersial secara menyeluruh disebabkan beberapa faktor, salah satunya karena Pemilihan Umum, disambung bulan Ramadhan, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, serta susunan kabinet.

    Kendati demikian pada tahun lalu Mitsubishi Fuso, mendominasi pasar kendaraan niaga dengan market share sebesar 44.2 persen atau setara dengan 41.736 unit. 

    Angka tersebut diperoleh dari produk Colt Diesel 36.575 unit dengan market share 55.4 persen di segmen LDT. Sedangkan untuk segmen Fuso dan Fighter 5.161 unit dengan market share 23.4 persen.

    Tak lupa, produk truk Fuso Fighter yang pertama kali dipasarkan di awal 2019 lalu dengan jumlah 15 ternyata dapat memenuhi kebutuhan bisnis di berbagai sektor mulai dari logistik, infrastruktur, hingga agrikultur. Hasilnya, 1.581 unit Fighter berhasil dipasarkan selama 2019.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here