Minggu, Mei 29, 2022
More
    BeritaKapan Toyota Kijang Innova Versi Listrik Dijual?

    Kapan Toyota Kijang Innova Versi Listrik Dijual?

    Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 dikejutkan dengan kehadiran Toyota Kijang Innova EV Concept di booth Toyota yang berlokasi di hall D, JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

    Bagaimana tidak, mobil keluarga legendaris yang digadang-gadang bakal muncul dengan teknologi hybrid, ternyata selangka lebih maju yaitu  dengan teknologi tenaga listrik. 

    Hal ini semakin dibuat penasaran, pasalnya Toyota Kijang Innova EV Concept dipajang Toyota Indonesia hanya sehari saja, yaitu di awal IIMS Hybrid pada 31 Maret 2022.

    Menanggapi hal tersebut, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto, keberadaan Kijang Innova EV Concept di IIMS Hybrid 2022 hanya sekadar display.

    Toyota Kijang Innova EV Concept wajahToyota Kijang Innova EV Concept wajah
    Toyota Kijang Innova EV Concept wajah. (Herdi Muhardi)

    “Hingga saat ini, tujuan memperkenalkan Kijang Innova EV Concept adalah untuk studi dan meningkatkan popularitas kendaraan listrik di tengah masyarakat,” ungkap Henry di IIMS Hybrid 2022. 

    Henry juga mengatakan, alasan memilih Toyota Kijang sebagai konsep mobil listrik untuk pendekatan model lokal dan mengetahui kebutuhan mobilitas yang paling sesuai bagi masyarakat Indonesia.

    Disebutkan, kehadiran Toyota Kijang Innova EV Concept, menjadi bukti kuat bahwa Indonesia mempunyai peluang besar untuk membangun ekosistem industri kendaraan listrik dengan menggunakan basis brand nasional. 

    Meski belum memasuki tahap komersial, Kijang Innova EV Concept telah melalui tahap quality and safety assurance dan standar Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

    Toyota Kijang Innova Jadi Bukti

    Tampang samping Toyota Kijang Innova EV Concept. (Herdi Muhardi)

    Kehadiran Innova dengan basis Battery Electric Vehicle (BEV) disebut sebagai bagian dari strategi pengembangan kendaraan listrik yang dilakukan Toyota.

    Lebih lanjut, Henry menyatakan, dengan adanya Toyota Kijang Innova EV Concept jadi bukti Toyota selalu mengedepankan pendekatan Multipath way. 

    Artinya, pendekatan yang dilakukan tidak memfokuskan pengembangan kendaraan pada segmen atau teknologi tertentu. 

    Sebaliknya, pendekatan ini dilakukan sejalan dengan visi dan semangat Toyota untuk menghadirkan solusi mobilitas untuk setiap lapisan pelanggan.

    “Kebutuhan pelanggan itu sangat beragam, baik dari sisi daya beli, penggunaan atau utility kendaraan, termasuk karakteristik dan ketersediaan infrastruktur,” ucap Henry 

    “Karena itu Toyota selalu berupaya menawarkan pilihan yang luas kepada pelanggan, termasuk dalam kendaraan elektrifikasi. Toyota tidak fokus pada pengembang satu teknologi saja,” sambung Henry.

    Kapan Kijang Innova EV Concept Diluncurkan?

    Tampak belakang Toyota Kijang Innova EV. (Herdi Muhardi)

    Kemunculan Kijang Innova EV Concept dihari pertama IIMS Hybrid 2022 ternyata membuat penasaran kapan mobil ini akan diproduksi dan diluncurkan.

    “Memang masih banyak hal, sulit saya menjawab, apakah satu tahun, dua tahun atau lebih karena banyak faktor di dalam mendevelop produk EV terutama berkaitan dengan Kijang Innova BEV,” ujjar Henry.

    Dia menyebutkan, untuk membuat sebuah mobil listrik bukan sekadar baterai, tapi ada juga beberapa masalah lain, seperti platform, penggerak, kontruksi, termasuk produksi dan sebagainya. 

    “Ini berbeda dengan kita merancang suatu produk baru yang non-elektrik, itu akan lebih cepat dan lebih jelas,” ucapnya. 

    Baca juga  Toyota Kijang Hybrid Siap Lahir di Karawang

    “Saya sendiri masih menunggu dari prinsipal, kira-kira seperti apa detail dan kapan produk ini akan diluncurkan,” sambungnya.

    Nah, OLXers jika penasaran akan mobil listrik yang satu ini kapan diluncurkan, sabar ya…

    Cari mobil Kijang Innova bekas berkualitas DI SINI

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here