Jumat, Maret 29, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriKapasitas Rest Area Dibatasi 50 Persen, Begini Tips Aman Perjalanan Liburan Via...

    Kapasitas Rest Area Dibatasi 50 Persen, Begini Tips Aman Perjalanan Liburan Via Tol

    Bagi OLXers yang tetap memaksakan untuk melakukan perjalanan libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 menuju luar kota dengan kendaraan pribadi, dianjurkan agar tetap berhati-hati dan selalu mempersiapkan apapun yang dibutuhkan untuk lancarnya proses perjalanan.

    Khususnya bagi OLXers yang memanfaatkan jalur tol, beberapa hal serta kondisi di masa pandemi ini harus menjadi perhatian.

    Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini ada kebijakan untuk membatasi jumlah pengunjung yang akan masuk ke rest area jalur tol hingga 50 persen dari kapasitas. Artinya, tidak setiap rest area yang akan dilewati sepanjang perjalanan di tol bisa OLXers singgahi. 

    Padahal, yang namanya menempuh perjalanan jauh, pasti ada saja hal darurat yang membuat OLXers harus singgah ke rest area, mungkin untuk buang hajat, istirahat, beli jajanan, sampai isi bahan bakar. 

    Nah, biar OLXers nantinya tidak menemui hambatan, berikut ada tips yang bisa membantu kelancaran perjalanan libur OLXers yang dibuat oleh Auto2000.

    1. Persiapkan Bahan Bakar

    Salah satu alasan terbesar orang yang melintas di jalan tol masuk ke rest area adalah untuk mengisi bahan bakar. Dengan pembatasan kapasitas di rest area hingga 50 persen, artinya OLXers dari awal keberangkatan sudah harus mempersiapkan tangki bahan bakar mobil dalam kondisi penuh. 

    OLXers tentu tidak mau mobil mogok karena kehabisan bensin di tengah perjalanan di dalam tol akibat tidak diperkenankan masuk rest area karena kuota 50 persen sudah penuh.

    Sebaiknya jadwalkan pengisian BBM mobil saat jumlahnya masih di atas setengah dari indikator BBM full.

    2. Waspada Microsleep

    Namanya juga rest area, salah satu fungsi utamanya adalah sebagai tempat pengendara untuk beristirahat sebentar agar fokus berkendara selama perjalanan tidak buyar.

    Tapi jika rest area yang dilewati terlalu penuh dan tidak bisa disinggahi, ini tentu menjadi sebuah masalah. 

    Jangan memaksakan diri untuk terus berkendara ketika OLXers sudah mulai merasakan lelah atau mengantuk. Sebaiknya menepi dan nyalakan lampu hazard sebagai tanda darurat. 

    Kalau dipaksakan bisa menyebabkan OLXers mengalami microsleep yang kerap menjadi penyebab terjadinya kecelakaan, hal ini harus diwaspadai. Microsleep adalah suatu kondisi dimana pengemudi mobil tertidur lelap secara tiba-tiba dalam waktu yang sangat singkat, sekitar 1 hingga 30 detik. 

    3. Kendalikan Emosi

    Wajib diingat, perjalanan liburan tentu membawa anggota keluarga tercinta. Penting bagi OLXers untuk kendalikan emosi saat mengemudi. Tidak perlu meladeni pengguna jalan yang memancing emosi seperti menyerobot antrian di gerbang tol. 

    Berkendaralah sesuai aturan dan jangan berlaku seenaknya sendiri seperti pindah jalur tiba-tiba. Hindari bermain ponsel dan fokus pada kondisi jalan di depan.

    4. Patuhi Aturan Lalu Lintas

    Waspadai juga terjadinya pengalihan arus jalan tol yang akan merubah jalur perjalanan libur OLXers. Karena biasanya jika sudah terjadi kepadatan di jalur tol, petugas akan mengarahkan OLXers untuk keluar dari jalan tol mengambil jalan reguler.

    Kepadatan juga sering terjadi di sekitar rest area dan gerbang tol. Tetap ikuti aturan dan petunjuk yang ada, termasuk arahan dari petugas kepolisian. Jangan menyerobot antrian yang bisa menambah kemacetan atau bahkan memicu kecelakaan. Saat jalan mulai lengang, harus tetap patuh pada aturan, seperti batas kecepatan dan tidak menyalip melewati bahu jalan.

    5. Bahaya Aquaplaning

    Saat ini adalah musim hujan, artinya kemungkinan perjalanan OLXers dalam kondisi hujan sangat mungkin terjadi. Waspadai terjadinya aquaplaning, kondisi dimana ban mobil kehilangan daya cengkeram atau grip pada permukaan jalan saat melintasi genangan air. 

    Ini menyebabkan mobil tidak mau dikendalikan dan berpotensi menimbulkan kecelakaan. Segera kurangi kecepatan saat hujan turun atau melewati wilayah yang habis terkena hujan. Tidak hanya ban, perangkat rem dan visibilitas pengemudi juga ikut tereduksi saat hujan.

    6. Siapkan e-Toll

    Yang tidak kalah penting juga adalah menyiapkan e-toll dengan saldo yang mencukupi selama perjalanan. Sediakan dua kartu e-tol sebagai cadangan ketika kartu yang satunya terjatuh atau tercecer. 

    7. Catat Nomor Darurat

    Untuk kiat terakhir, sebenarnya agak sederhana tapi akan sangat penting saat dibutuhkan. Sebaiknya catat di handphone OLXers nomor-nomor darurat yang mungkin saja akan dibutuhkan ketika terjadi masalah di jalan.

    Selamat berlibur, selalu sehat dan tetap waspada.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait