Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    MotorReview Lengkap dan Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX25R

    Review Lengkap dan Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX25R

    Bagi pecinta motor sport, Kawasaki Ninja ZX25R tentu menjadi salah satu motor impian yang ingin dimiliki. Sebuah motor sport dari Kawasaki ini memang diminati banyak masyarakat Indonesia.

    Memiliki penampilan sporty dan gaya yang kekinian, Kawasaki Ninja ZX25R ini memiliki mesin 4 silinder. Banyak pecinta otomotif yang tertarik dengan motor sport satu ini karena silindernya yang ada 4. 

    PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menghadirkan dua varian dari motor sport ini, yaitu Kawasaki Ninja ZX-25R dan Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE. Hadir dengan beberapa pilihan warna dan fitur canggih membuat motor ini semakin menarik.

    Namun sebagai motor sport, harga yang ditawarkan untuk Kawasaki Ninja ZX25R ini sudah di atas Rp100 jutaan. Harga seperti ini tentu tidak dapat dimiliki semua kalangan, tentunya hanya mampu dibeli oleh orang yang sangat menginginkan motor satu ini.

    Baca juga: Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja H2R, Motor Tercepat Di Dunia!

    Berikut spesifikasi Kawasaki Ninja ZX25R hingga harga terbarunya.

    Spesifikasi dan Performa Kawasaki Ninja ZX25R

    Dibekali dengan mesin berkapasitas 249,8 cc, DOHC, 16 valve dengan kopling basah. Kawasaki Ninja ZX25R ini mampu menghasilkan tenaga 50 hp pada putaran 15.500 rpm dan torsi maksimal mencapai 22,9 Nm pada putaran 14.500 rpm. 

    Selain itu mesin yang digunakan pada dua varian Kawasaki Ninja ZX25R ini menggunakan fitur bernama Ram Air. Fitur ini akan memungkinkan mesin mendapatkan tekanan angin dari bagian depan yang lebih kuat saat melaju kencang atau di atas 80km/jam.

    Sehingga udara yang masuk ke dalam box filter akan lebih cepat juga. Secara teknis, fitur ini bisa dikatakan serupa dengan supercharged. Tekanan angin yang masuk akan diinduksi menjadi tenaga pada saat motor sedang ngebut di atas kecepatan 80 km/jam.

    Transmisi yang digunakan menggunakan 6 percepatan, dengan kompresi 11,5:1. Untuk menjaga suhu mesin, Kawasaki Ninja ZX25R ini menggunakan pendinginan berupa cairan yaitu radiator.

    Tak lupa agar tak cepat panas, Kawasaki menanamkan pendingin berupa cairan alias memakai radiator. Bagaimana ukuran ban? Apakah berbeda? Tidak, ukurannya sama dengan tipe ABS SE.

    Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-25R Meluncur di Indonesia, Harganya 112,9 Juta Rupiah

    Fitur Kawasaki Ninja ZX25R

    Sebagai motor sport dari Kawasaki yang tidak murah, Kawasaki Ninja ZX25R ini dibekali dengan fitur yang sangat berkelas di segmen motor sport 250cc ini. Beberapa fitur ini untuk menunjang performa hingga keamanan dari motor Kawasaki Ninja ZX25R.

    Berikut fitur Kawasaki Ninja ZX25R:

    • KTRC (Kawasaki Traction Control)

    Fitur KTRC ini pada ZX25R ini memiliki 3 mode berkendara yang bisa disetel off atau sesuai selera. Sehingga dengan adanya fitur ini membuat Anda tidak perlu khawatir saat roda belakang akan spin saat melakukan akselerasi.

    • Power Mode Selection

    Ada dua pilihan dalam power mode selection ini. Yaitu Full dan Low, dari keduanya akan membuat penggunaan potensi mesin secara berbeda. Untuk Low, hanya akan menggunakan potensi mesin sampai 70%.

    Kalau full, tentunya Anda dapat memanfaatkan seluruh potensi mesin untuk melibas jalan raya.

    • KQS (Kawasaki Quick Shifter) (SE)

    Salah satu fitur menarik yang disematkan pada motor berkapasitas 250cc ini adalah fitur  Kawasaki Quick Shifter, dimana pengguna dapat memaksimalkan potensi dari mesin.

    Bukan cuma upshifts saja, tapi quick shifter di ZX-25R ini juga bisa untuk downshifts, dan akan mulai berfungsi di atas 2.500 rpm. Sehingga perpindahan gigi menjadi lebih cepat tanpa perlu menekan tuas kopling. Namun fitur ini hanya tersedia pada varian ABS SE saja. 

    • Immobilizer

    Sudah membeli motor sport mahal, tentu harus dibekali dengan sistem keamanan agar tidak mudah dicuri oleh maling. Kawasaki ZX25R yang masih menggunakan anak kunci ini dilengkapi dengan Immobilizer, sehingga jangan khawatir saat meninggalkan motor di parkiran.

    Karena motor tetap tidak bisa hidup tanpa menggunakan kunci aslinya. Pada kunci immobilizer itu tertanam sebuah chip. Nantinya chip tersebut akan mengirimkan sinyal ke ECU jika sudah dalam jarak tertentu. Dan setelah ECU membaca chip di kunci, baru motor bisa dihidupkan.

    Baca juga: Daftar Motor Bekas 1 Jutaan, Sudah Bisa Jadi Moda Transportasi Sehari-Hari

    Keunggulan Kawasaki Ninja ZX25R

    Motor sport Kawasaki Ninja ZX25R ini memiliki keunggulannya tersendiri yang patut untuk disorot sebagai kelas motor sport 250cc di pasaran otomotif di Indonesia. Karena dari segmen motor 250cc lainnya, belum tentu memiliki spesifikasi seperti motor ini.

    Berikut keunggulan dari Kawasaki Ninja ZX25R:

    1. Mesin: ZX25R memiliki mesin empat silinder segaris 249cc yang menghasilkan tenaga dan torsi yang cukup besar untuk ukuran motor sport 250cc. Teknologi Throttle-by-Wire dan pengontrolan pembakaran elektronik juga meningkatkan kinerja mesin dan responsivitas gas.
    2. Suspensi: Motor ini dilengkapi dengan suspensi depan USD dan suspensi belakang gas-charged monoshock, yang meningkatkan stabilitas dan kenyamanan berkendara.
    3. Rem: Sistem pengereman cakram dengan ABS standar pada ZX25R menawarkan keamanan yang lebih baik saat berkendara.
    4. Desain: Desain sporty dan aerodinamis dari ZX25R membuatnya terlihat menarik dan mudah untuk dikendalikan pada kecepatan tinggi. Selain itu, fairing yang ramping dan tangki bahan bakar berkapasitas 15 liter juga memberikan kenyamanan dan kemudahan saat berkendara jarak jauh.
    5. Teknologi: ZX25R dilengkapi dengan beberapa teknologi canggih, seperti sistem pengontrolan traksi dan Quick Shifter, yang meningkatkan pengalaman berkendara dan membuatnya lebih aman dan mudah dikendalikan.

    Warna Kawasaki Ninja ZX25R

    Terdapat 4 pilihan warna untuk Kawasaki Ninja ZX25R, mulai dari tipe standar, SE hingga RR. Warna ini memiliki penampilan sporty yang bisa Anda pilih sesuai selera Anda.

    • Metallic Matte Graphene Steel Gray (ABS SE)

    Warnanya merupakan perpaduan antara hitam dan hijau berupa highlight yang membuat penampilannya makin sporty.

    • Candy Persimmon Red (ABS SE)

    Warna merah metalik yang mencolok ini dikombinasikan dengan warna hitam.

    • Metallic Spark Black (Standar)

    Memiliki warna hitam glossy dan warna hitam doff serta dikombinasikan dengan warna putih mutiara pada bagian knalpot.

    • Lime Green Ebony (ZX25RR)

    Warna hijau khas Kawasaki menjadi pilihan warna untuk varian Kawasaki Ninja ZX25RR dengan dikombinasikan warna hitam.

    Teknologi Kawasaki Ninja ZX25R

    1. Throttle-by-Wire (TBW): Teknologi ini memungkinkan pengendara untuk mengontrol throttle secara elektronik. Sistem TBW dapat memberikan respons gas yang lebih baik dan kontrol yang lebih akurat pada setiap kecepatan dan kondisi jalan.
    2. Pengontrolan pembakaran elektronik: ZX25R dilengkapi dengan sistem pengontrolan pembakaran elektronik yang dapat memantau dan mengontrol pengapian dan bahan bakar secara lebih efisien. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan performa mesin.
    3. Sistem pengontrolan traksi (Traction Control System): Teknologi ini dapat mengontrol putaran roda belakang saat akselerasi untuk mencegah slip dan kehilangan traksi. Sistem ini dapat menyesuaikan kekuatan traksi sesuai dengan kondisi jalan dan memberikan kenyamanan dan keamanan lebih pada pengendara.
    4. Quick Shifter: Fitur ini memungkinkan pengendara untuk mengganti gigi tanpa perlu menekan kopling, sehingga meningkatkan responsivitas pengendalian dan membuat pengendara dapat fokus pada berkendara.
    5. Panel instrumen digital: ZX25R dilengkapi dengan panel instrumen digital yang lengkap, termasuk tampilan digital LCD yang menampilkan informasi seperti kecepatan, putaran mesin, level bahan bakar, dan lainnya. Panel instrumen ini mudah dibaca dan memberikan informasi yang akurat dan jelas.
    6. Lampu depan LED: Lampu depan LED pada ZX25R memberikan pencahayaan yang lebih terang dan jelas, sehingga memberikan keamanan lebih pada pengendara saat berkendara di malam hari atau kondisi pencahayaan yang kurang baik.

    Harga Kawasaki Ninja ZX25R

    Meminang motor sport dari Kawasaki ini Anda harus menyiapkan dana lebih dari Rp100 juta. Untuk mendapatkan motor sport harian yang nyaman digunakan untuk touring dan harian di jalanan yang lengang. Untuk mendapatkan motor unit barunya, Anda dapat menghubungi dealer resmi.

    Harga Baru

    Harga unit motor baru dari Kawasaki Ninja ZX25R ini ditawarkan sesuai dengan variannya. Ada dua varian utama dan 1 tipe RR. 

    1. Standar Rp 105.000.000
    2. ABS SE Rp 123.500.000
    3. ZX25RR Rp 129.900.000

    Harga Bekas

    Harga unit motor bekas dari Kawasaki Ninja ZX25R ini dijual dengan harga yang cukup bervariatif. Tergantung dari tahun pembuatan motor tersebut, hingga varian yang Anda pilih.

    Biasanya harga motor bekas ini dijual mulai dari harga Rp90 jutaan atau lebih. Tergantung dari kondisi atau sudah mendapatkan berbagai item variasi yang membuatnya semakin mahal.

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait