Senin, Agustus 8, 2022
More
    ReviewKelebihan dan Kekurangan Lampu Halogen, HID dan LED

    Kelebihan dan Kekurangan Lampu Halogen, HID dan LED

    Salah satu komponen pada mobil atau sepeda motor yang kerap mati, rusak dan bermasalah adalah bagian lampu utama.

    Ya, sama seperti lampu rumah atau taman, lampu mobil atau lampu motor juga perlu bisa mati seiring dengan masa pakai. 

    Nah, bicara soal lampu utama, OLXers yang merasa masih awam jangan sampai terkecoh dengan jenis lampu yang harus digunakan pada mobil atau sepeda motor. 

    Jika OLXers mengatakan ingin pakai lampu bohlam, pada dasarnya itu sah-sah saja. Akan tetapi tipe lampu tersebut merupakan jenis halogen. 

    Mau tahu soal lampu halogen dan jenis lampu LED serta HID, yuk lihat ulasannya di bawah ini.

    Lampu Halogen

    Lampu Halogen memang sangat populer karena jenis lampu bohlam ini sudah banyak digunakan sejak lama oleh sejumlah pabrikan otomotif.

    Cahaya yang menyala pada lampu halogen tak lepas dari peran filamen atau kawat pijar yang menjadi panas karena sudah mendapatkan aliran listrik.

    Banyak yang menyebutkan, alasan banyak mobil yang menggunakan lampu halogen karena perawatannya mudah, dan harganya juga murah meriah. 

    Tetapi kelemahan lampu halogen adalah rasa panas yang dihasilkan oleh pijar lampu dapat mengakibatkan buramnya rumah lampu. Lampu Halogen dipercaya dapat menembus kabut dan hujan.

    Hanya saja, meski tergolong murah, namun lampu Halogen dianggap lebih banyak menghasilkan panas sehingga membuat mika lampu menguning dan bisa disebut lebih cepat masa pakainya.

    Selain itu, daya yang digunakan cukup boros karena memakan 55-100 watt dari kelistrikan mobil. Apabila lampu halogen watt nya lebih besar lagi, maka meski cahaya lebih terang, namun masa pemakaiannya lebih pendek. 

    Satu hal lagi, jarak sorotan lampu halogen paling pendek jika dibandingkan HID dan LED.

    Lampu HID

    Lampu HID atau High Intensity Discharge terbuat dari campuran gas Xenon dan logam langka yang menghasilkan nyala lebih terang dibandingkan halogen. 

    Jika halogen warnanya kuning, maka HID putih terang. Hal ini pula membuat lampu HID yang sempat trending di tahun 90’an, dianggap cocok untuk lampu kabut.

    Lampu HID ini memang jarak cahayanya lebih jauh daripada bohlam halogen, demikian juga dengan masa pakainya lebih awet daripada halogen.

    Untuk lampu HID tergolong lebih irit dibandingkan halogen, karena hanya memerlukan daya 35 Watt, dengan intensitas cahaya yang lebih terang dibandingkan lampu halogen.

    Selain itu, lampu HID bisa menghadirkan beberapa pilihan warna lampu mulai dari kuning, biru, putih, hingga merah.

    Kelemahan dari lampu HID adalah cahayanya terang diawal, kemudian lama kelamaan akan redup dan mati. Lampu HID juga mengeluarkan cahaya yang menyilaukan sehingga dapat mengganggu pengguna jalan lainnya. 

    Bahkan ada yang menyebutkan, riskan rusak jika dipakai untuk mengedipkan lampu high beam. Karena daya tahannya lemah sehingga tidak awet.

    Selain itu, harga dari lampu ini relatif mahal karena selain bohlamnya mahal, lampu HID juga memerlukan ballast atau rangkaian kontrol yang punya fungsi menyalakan lampu TL.

    Lampu LED

    Lampu LED atau Light Emitting Diodes merupakan lampu dengan teknologi yang lebih canggih daripada halogen dan HID. Lampu LED sendiri menggunakan perangkat elektronik chip semikonduktor.

    Dengan lampu LED, dioda atau komponen elektronik yang menyearahkan arus listrik menciptakan cahaya bisa membuat jadi lebih awet dan tidak menghasilkan panas seperti lampu halogen. Lampu LED juga lebih terang, hemat energi dan tidak merusak rumah lampu.

    Masa pakai lampu LED awet karena bisa digunakan mencapai 10.000 jam, jadi lebih tahan lama dibandingkan halogen dan HID. Selain itu desain yang kecil, membuat model lampu ini bisa dibentuk atau dirakit sesuai keinginan.

    Tak hanya itu, lampu LED membutuhkan daya sangat rendah dibandingkan halogen dan HID, serta jarak cahayanya juga lebih jauh dibandingkan dua jenis lampu tersebut. 

    Akan tetapi, saat ini lampu LED harganya paling mahal dibandingkan halogen dan HID. Lampu LED juga kurang optimal pencahayaannya jika digunakan saat hujan.

    Oia, jika ingin menggunakan lampu LED, sebaiknya ditambah projector untuk memusatkan cahaya.

    OLXers mau cari dan beli mobil bekas berkualitas, #PilihYangPasti di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here