Kamis, Desember 8, 2022
More
    BeritaSemakin Banyak Diminati, Ini Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Listrik

    Semakin Banyak Diminati, Ini Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Listrik

    Dalam kesempatan ini, kita coba membahas apa saja kelebihan dan kekurangan mobil listrik saat kita memutuskan untuk membeli dan menggunakannya.

    JAKARTA – Tren kendaraan elektrifikasi semakin berkembang saat ini di tengah isu ketersediaan bahan bakar minyak yang kian menipis dan juga isu lingkungan yang semakin tercemari dengan buangan sisa hasil pembakaran mesin konvensional atau emisi gas buang. 

    Pemerintah terus mendorong ekosistem kendaraan ramah lingkungan agar kedepannya masyarakat semakin aware akan keunggulan dari pemilihan kendaraan listrik sebagai solusi dalam menjawab tantangan tersebut.

    Tetapi hal ini memang tak semudah membalikkan telapak tangan, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dibereskan agar masyarakat semakin terbiasa dan menerima tren kendaraan listrik.

    Dalam kesempatan ini, kita coba membahas apa saja kelebihan dan kekurangan mobil listrik saat kita memutuskan untuk membeli dan menggunakannya.

    Kelebihan Mobil Listrik

    Sebagai bentuk edukasi, tentu kita perlu lebih banyak meng-highlight terkait kelebihan dari kendaraan listrik itu sendiri. Yang jelas keunggulan pada mobil listrik ini tidak akan ditemukan di mobil konvensional yang ada sekarang ini.

    Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki oleh mobil listrik:

    • Ramah Lingkungan

    Sudah pasti mobil listrik ramah lingkungan, berbeda dengan mobil bensin yang mengeluarkan gas buang. Kalaupun ada mobil bensin dengan teknologi LCGC (Low Cost Green Car) atau mobil murah ramah lingkungan, tetap tidak bisa dibandingkan dengan tingkat keramahan mobil listrik.

    Hal ini dikarenakan pada dasarnya mobil LCGC masih menggunakan mesin konvensional yang menggunakan bahan bakar bensin. Jadi, mobil tetap mengeluarkan gas buang meski jumlahnya berkurang atau sedikit. Hal ini sangat berbeda dengan mobil litsrik yang menggunakan baterai yang tidak menghasilkan emisi CO2 sama sekali. 

    • Suara Halus

    Kelebihan selanjutnya adalah tidak bising. Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan mesin yang digunakan pada mobil listrik bukanlah mesin konvensional atau ICE (Internal Combustion Engine). 

    Kendaraan listrik menggunakan motor penggerak yang di suplai oleh baterai. Inilah yang membuat suara mobil listrik sangat senyap. Dengan suara mobil listrik yang halus, kenyamanan berkendara tentu sangat terjaga.

    • Pengisian Energi Mudah

    Agar mobil tetap berjalan, baik mobil listrik maupun mobil konvensional pasti membutuhkan sesuatu yang disebut dengan isi ulang. 

    Dalam hal ini, mobil listrik lebih mudah dalam melakukan pengisian daya kembali pada baterai atau biasa disebut proses charge, karena bisa dilakukan di rumah. 

    Beda dengan mobil konvensional yang harus melakukan pengisian bahan bakar di SPBU.

    • Penggunaan Lebih Efisien

    Mobil listrik tentu jauh lebih efisien dalam urusan operasional. Biaya listrik per Kwh masih jauh lebih murah dibanding harga jual bensin maupun solar per liternya. 

    Selain itu, mobil listrik juga terbilang irit meski lalu lintas padat. 

    • Perawatan Sederhana

    Pada umumnya setiap mobil pasti membutuhkan perawatan. Baik perawatan jangka pendek maupun perawatan jangka panjang. Pada mobil listrik sendiri perawatannya terbilang mudah. Ini karena tidak perlu ganti oli mesin. Jika ada perawatan, itu hanya sebatas pada perawatan baterai.

    Beberapa pabrikan mobil yang sudah menjual mobil listriknya di Indonesia rata-rata memberikan perlindungan warranty untuk produk baterainya hingga 8 tahunan.

    • Bentuk Minimalis

    Karena mengandalkan baterai yang cukup kecil membuat bentuk mobil listrik jadi tidak memakan bodi yang terlalu besar. Bentuk mobil listrik cocok di pakai pada kondisi lalu lintas di perkotaan. 

    Salah satu mobil listrik yang saat ini tengah digandringi banyak orang adalah keluaran Wuling Motors, yakni Air ev. Bentuknya yang kompak dengan desain futuristik sangat menarik perhatian. 

    Dengan bentuk kompaknya tersebut, Wuling Air ev sangat lincah berakselarsi di jalanan ibukota yang cukup padat.

    DownloadWA GB Versi Terbaru 2022 disini

    Kekurangan Mobil Listrik

    Plugged in charger into an electric car at charge station

    Setelah mengetahui beberapa keunggulan mobil listrik. Sehingga sebagai bahan pertimbangan juga perlu diketahui kekurangannya. 

    Berikut beberapa kekurangan yang ada pada mobil listrik dan menjadi tantangan saat ini:

    • Jarak tempuh dan Kapasitas Baterai Terbatas

    Jarak tempuh mobil listrik masih terbatas, hal ini dikarenakan kapasitas baterai yang juga terbatas. 

    Meskipun saat ini sudah banyak juga produk mobil listrik yang punya jangkauan maksimal hingga 300 km. 

    • Kecepatan Terbatas

    Kecapatan mobil listrik juga terbilang masih terbatas. Teknologi motor penggerak mobil listrik sudah didesain secara khusus dan tidak bisa diotak-atik. Sedikit saja salah bisa mengakibatkan konsleting bahkan kebakaran.

    • Kurang Efisien Untuk Waktu Pengisian

    Setelah baterai habis, sudah pasti mobil harus dicharge. Nah, saat ini untuk proses pengisian daya baterai mobil listrik masih memakan waktu cukup lama.

    Bisa sampai 6 jam untuk menunggu sampai baterai tersebut full 100 persen. 

    Artinya, mobil listrik memang tidak didesain untuk melakukan perjalanan jarak jauh karena akan memakan waktu yang cukup lama pastinya.

    Tentu kita semua berharap di masa mendatang, para pabrikan yang memproduksi mobil listrik bisa menemukan solusi akan permasalahan ini. 

    Mampu menyediakan baterai dengan kapasitas yang besar sehingga bisa digunakan untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Selain itu baterainya pun memiliki fasilitas fast charging yang tidak memakan waktu berjam-jam untuk sekali pengisian sampai penuh.

    • Harganya Mahal

    Kekurangan terakhir dari mobil listrik adalah harga jualnya yang masih sangat mahal. Kita ambil contoh harga untuk satu unit Hyundai IONIQ 5 yang dibanderol sekitar 700 jutaan rupiah.

    Harga mobil listrik termurah di Indonesia saat ini adalah Wuling Air ev tipe standar dengan harga sekitar 250 juta rupiah.

    Nah, itulah kelebihan dan kekurangan membeli mobil listrik saat ini. Namun harapan kita nantinya semua kekurangan-kekurangan tersebut bisa diimprovisasi oleh semua pabrikan yang memproduksi mobil listrik.

    Termasuk juga upaya dari Pemerintah dalam menyediakan fasilitas pengisian daya listrik (SPKLU) lebih banyak lagi, sehingga semakin mudah ditemukan oleh masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik.

    Mudah Beli Mobil Bekas di OLX Autos

    Bagi masyarakat yang berminat untuk membeli mobil bekas, OLX Autos sebagai platform omnichannel jual beli mobil bekas terbesar di Indonesia menghadirkan program penjualan menarik hingga akhir tahun ini.

    Konsumen bisa dengan mudah membeli mobil bekas berkualitas di OLX Autos dengan memilih skema kredit berupa pembayaran total down payment (TDP) sebesar Rp1 juta atau cicilan hanya Rp1 juta per bulan.

    OLXers bisa memilih dan membeli dari ribuan mobil bekas berkualitas yang dijual di OLX Autos.

    Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai OLX Autos Indonesia, silakan kunjungi
    www.olxautos.co.id atau hubungi 150264.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here