Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    BeritaKemenhub Resmi Pakai Mobil Listrik, Pejabat Eselon 1 dan 2 Nyusul Tahun...

    Kemenhub Resmi Pakai Mobil Listrik, Pejabat Eselon 1 dan 2 Nyusul Tahun 2021

    Janji pemerintah ingin menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinas, rupanya diawali Kementerian Perhubungan RI. Bahkan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjajal langsung mobil listrik Hyunda Ioniq dengan kelir putih dan menggunakan nomor polisi RI 35.

    Kata Budi, ketika mengendarai mobil listrik, kabin senyap namun mesinnya memiliki power yang kuat, apalagi saat pedal gas diinjak.

    “Hari ini saya bahagia karena rencana kami untuk menggunakan kendaraan dinas dengan kendaraan listrik hari ini bisa terwujud hari ini,” ungkap Budi yang langsung mencobanya di pelataran Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (16/12).

    Tidak hanya sang menteri, pada tahun 2021 Kemenhub berencana akan mengalokasikan kendaraan listrik sebanyak 100 unit yang akan digunakan untuk para Pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemenhub.

    Kata dia, kendaraan listrik merupakan kendaraan masa depan yang ramah lingkungan sehingga bisa menjadikan bumi lebih sehat dan bebas dari polusi udara.

    Oleh karena itu, Menhub mengapresiasi jajarannya yang telah mengupayakan dan merealisasikan penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional di Kemenhub.

    Tidak hanya cluster di Kemenhub, Budi juga mengajak, agar instansi pemerintahan lain untuk menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasionalnya.

    Selain untuk kendaraan dinas, Menhub juga terus mendorong penggunaan kendaraan listrik untuk transportasi publik seperti: angkutan sewa khusus, Bus Rapid Transit (BRT), dan lain-lain.

    Sekadar informasi, penggunaan kendaraan listrik merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mendorong perkembangan kendaraan yang ramah lingkungan. Salah satu wujud komitmen Pemerintah yaitu dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Berbasis Baterai.

    Pada tahun 2019, Kemenhub juga telah menggunakan sebanyak enam motor listrik untuk mendukung kegiatan operasional kedinasan di Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here