Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    BeritaKementerian Perhubungan Pesan 100 Mobil Listrik, Buat Siapa Yah?

    Kementerian Perhubungan Pesan 100 Mobil Listrik, Buat Siapa Yah?

    Sedikit demi sedikit jumlah mobil listrik semakin bertambah di jalanan Indonesia. Bahkan beberapa waktu lalu, perusahaan jasa transportasi online Grab menggaet pabrikan Hyundai untuk menghadirkan mobil listrik Hyundai Ioniq Electric yang jumlahnya mencapai 20 unit.

    Keberadaan mobil listrik tersebut diketahui untuk armada taksi online, dimana saat ini mobil tersebut dioperasikan di Jakarta, khususnya di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

    Namun OLXer harus tau, tak hanya swasta, pemerintah yang merancang aturan soal kendaraan ramah lingkungan juga akan lebih banyak menggunakan kendaraan listrik. Tak terkecuali Kementerian Perhubungan RI.

    Bahkan, Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan, Kemenhub sudah melakukan pemesanan kendaraan listrik sebanyak 100 unit untuk kendaraan dinas.

    “Nanti kendaraan listrik tersebut akan digunakan oleh para pejabat eselon I dan II di Kementerian Perhubungan,” ungkap Budi dalam keterangan tertulis di situs Dephub.go.id.

    Lebih lanjut Budi menyatakan, kendaraan listrik yang digunakan pejabat eselon I dan II dikarenakan pejabat harus menjadi contoh bagi masyarakat untuk beralih ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

    Namun sayang, Budi tidak menyebutkan mobil listrik model dan dari brand apa yang dimaksud. Pasalnya, saat ini brand otomotif yang sudah menjual mobil listrik baru beberapa saja, mulai dari Hyundai, BMW, Tesla, hingga BYD.

    Keberadaan kendaraan listrik sudah sejalan dengan dengan Peraturan Presiden (Perpres) No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan, yang ditandatangani Presiden RI Joko Widodo, pada Agustus 2019 lalu.

    Selain itu, pemerintah guna mendukung komitmen pemerintah Indonesia untuk menurunkan emisi gas rumah kaca, maka pemerintah menargetkan 20 persen dari total produksi kendaraan baru di Indonesia sudah berteknologi Electrified pada 2025. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here