Jumat, Maret 29, 2024
Lainnya
    InformasiKomunitasKenalan Dengan Penjelajah Motor dari Bandung yang Doyan Keliling Dunia

    Kenalan Dengan Penjelajah Motor dari Bandung yang Doyan Keliling Dunia

    Jangan ngaku doyan naik motor dan touring jarak jauh kalau nyatanya tak mengetahui Jeffrey Ronny Polnaja. Nama beken pria berkepala plontos ini faktanya cukup familiar di kalangan rider di Tanah Air.

    Bagaimana tidak, Jeffrey bukan orang bule, melainkan rider asal Indonesia yang lahir di Bandung pada 1962 silam. Nah, ternyata berpetualang dengan sepeda motor melintasi berbagai negara di dunia, pria yang akrab disapa kang Jeje ini, dianugerahi Rekor Otomotif Indonesia (ROI).

    Ya, kang Jeje sendiri diberikan apresiasi lantaran sudah memperkenalkan Indonesia kepada dunia, setelah beberapa waktu lalu menyelesaikan misi Ride for Peace, yaitu touring seorang diri dengan melintasi lima benua dan 97 negara, mulai dari Asia, Afrika, Eropa, Amerika, hingga Australia. 

    Saat melakukan perjalanan dengan kang Jeje menunggangi dua motor BMW R 1150 GS Adventure tahun produksi 2005 & 2003 dengan jarak total mencapai 420.000 Kilometer.

    Nah, kenapa ada dua motor?

    Usut punya usut, motor BMW R 1150 GS Adventure pertama Kang Jeje, raib alias digondol maling saat berada di Amsterdam, Belanda, pada 4 Mei 2012.

    Karena insiden tersebut, perjalanan kang Jeje menjadi tertunda. Namun kata dia kala itu, tak berapa lama dirinya mempunyai motor yang sama namun beda tahun.

    Hanya saja, hal ini sangat menguras waktu, karena kang Jeje harus balik ke Indonesia untuk menandatangani sejumlah dokumen perjalanan baru.

    Jefry Polnaja touring seorang diri
    Jefry Polnaja rider Indonesia touring seorang diri saat di wawancarai media lokal di Paris. (@
    jjwindrider)

    Perjalanan Jeffrey, pada 25 Juni mendatang rencananya akan dilepas secara resmi oleh Duta Besar untuk Prancis, Rezlan Ishar Jenie. Sebelumnya, Sabtu, 23 Juni 2012, Jeffrey akan diterima presiden Komunitas Motor Perancis, Moto Clubs des Potes, yang diketuai M. Bruno Pasqualaggi.

    Aksi kang Jeje touring seorang diri keliling dunia ini juga mendapat tanggapan positif, khususnya dari Kementerian Luar Negeri, dalam upaya mempromosikan Indonesia.

    “Tujuan utama yang saya emban memperkenalkan Indonesia di dunia, dengan cara yang unik dan tidak lazim,” ungkap Jeffrey.

    “Bersosialisasi dan berkomunikasi dengan banyak warga masyarakat di dunia dengan latar belakang berbeda-beda jelas menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Bahkan saat melintasi negara yang sedang dilanda konflik, banyak pelajaran yang bisa dipetik,” jelas.

    ROI memberikan penghargaan tertinggi kepada Jeffrey Polnaja, kategori “Penjelajah Motor Indonesia dengan Jarak Tempuh Terjauh 420.000 Kilometer”.

    Adapun menurut Founder ROI, Tomi Gunawan, ROI sebagai salah satu wadah yang mengapresiasi insan, kreatifitas, usaha, dan semua hasil karya berkaitan dengan bidang otomotif yang tentunya dapat memacu pertumbuhan dan perkembangan dunia otomotif Tanah Air ke arah yang lebih maju, dengan bangga mempersembahkan penghargaan tertinggi kepada Jeffrey Polnaja, kategori “Penjelajah Motor Indonesia dengan Jarak Tempuh Terjauh 420.000 Kilometer”.

    “ROI sangat menghargai upaya Jeffrey Polnaja, melalui cara yang unik, yaitu touring seorang diri dan berhasil mencapai jarak terjauh lintas 4 benua dan 97 negara di dunia,” ucap Tomi dalam keterangan tertulis.

    Kabarnya, tahun ini, kang Jeje akan kembali berpetualang dengan mengemban misi Equatoride Stiching The World, ride for peace. Beliau  akan riding zig-zag menggunakan Honda CRF1000 DCT Africa Twin L2 ke negara-negara yang dilintasi garis ekuator. Targetnya sebanyak 20 negara dalam waktu 2 tahun. 

    kang Jeje akan kembali berpetualang dengan mengemban misi Equatoride Stiching The World, ride for peace. Beliau  akan riding zig-zag menggunakan Honda CRF1000 DCT Africa Twin L2 ke negara-negara yang dilintasi garis ekuator.

    “Semoga ke depan dapat tercipta generasi-generasi millennial yang mampu memiliki kiprah memperkenalkan Indonesia kepada dunia dengan cara-cara unik lainnya di bidang-bidang otomotif,” ujar Roni.

    Sekadar informasi kang Jeje, pada dasarnya dia telah beragam melakukan petualang, mulai dari Aviantara Aero Club sebuah klub terbang layang dan berhasil meraih terbang solo menggunakan pesawat laying tandem maupun single seater buatan Schweizer Aircraft, Amerika.

    Kemudian pada 1978, Jeffrey muda juga sudah memulai petualangan touring jarak jauhnya dengan kendaraan roda dua melintasi pulau Jawa hingga Bali. 

    Kiprahnya sebagai petualang alias biker sudah tak diragukan lagi. Seringkali Jeffrey melakukan perjalanan touring panjang seorang diri. (Her)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait