Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    TipsKenali Ciri dan Cara Memperbaiki Switch Starter Pada Sepeda Motor

    Kenali Ciri dan Cara Memperbaiki Switch Starter Pada Sepeda Motor

    Seakan sudah menjadi sebuah kebiasaan, jika menghidupkan mesin sepeda motor jarang sekali menggunakan tuas engkol atau kick starter. Sebaliknya, pemilik sepeda motor lebih sering menggunakan switch starter.

    Ya, menggunakan switch starter dianggap lebih simple, praktis dan sangat mudah dioperasikan. Apalagi jika kita sedang buru-buru. Sebaliknya, menggunakan tuas engkol membutuhkan banyak tenaga, terlebih jika motor tersebut sudah lawas. Sangat meletihkan. 

    Namun begitu, switch starter ternyata jadi salah satu piranti kendaraan roda dua yang bisa saja mengalami kerusakan. Tentunya, jika ini terjadi maka akan sangat menjengkelkan.  

    Nah, melansir Wahana Honda, masalah kerusakan komponen switch starter, pada umumnya sering disebabkan oleh masalah kelistrikan lantaran aki perlu ganti atau ada kotoran yang menyumbat. 

    Maka dari itu, sebelum switch starter mengalami kerusakan, yuk, kita simak cari tahu tanda-tanda, penyebab, sampai cara memperbaikinya.

    1. Ciri switch starter bermasalah

    Meski saat digunakan tidak membuat motor menyala, namun kondisi itu bukanlah berarti tanda switch starter di motor rusak. 

    Biasanya, ada beberapa hal yang menyebabkan switch starter tak berfungsi, yaitu ada beberapa komponen kabel yang terkelupas (putus) atau malah ada kerusakan pada dinamo. 

    Nah, dalam mengetahui tanda-tanda switch starter rusak kita bisa gunakan dua cara ini. 

    Pertama adalah dengan menggunakan perkiraan atau insting. Di mana hal ini bisa dilakukan dengan memantau beberapa lampu indikator yang berada pada panel speedometer. Kalau stater dinyalakan komponen itu tetap menyala, artinya aki baik-baik saja. 

    Kedua adalah dengan mengecek menggunakan alat. Maksudnya ditunjukkan memeriksa bagaimana kelistrikannya berjalan normal atau tidak. 

    2. Cari penyebab kerusakan

    Yang perlu dilakukan jika switch starter bermasalah tentu mencari penyebab kerusakan. Ya, switch starter bermasalah ada beberapa penyebabnya, dimana akar masalah yang sering terjadi yaitu karena adanya kotoran dan aki. 

    Namun, tidak menutup kemungkinan juga disebabkan dinamo yang memiliki tugas menghubungan starter dengan mesin. Jika kalian sudah menemukan biang kerok tentang masalah ini, tentu akan sangat mudah untuk melakukan perbaikan. 

    Tidak kebayang bukan, kalau tiba-tiba diperbaiki, selain bakal membuatmu keluar banyak tenaga, juga bisa menambah kerusakan di sepeda motor.

    3. Cara memperbaiki switch starter rusak

    Jika switch starter benar-benar rusak, maka ada beberapa cara untuk memperbaikinya, yaitu:

    Pertama, lepaskan beberapa kabel penghubung antara kabel elektrik starter yang menuju ke switch starter. Saat melakukannya gunakan solder agar tidak mengalami kerusakan saat melakukan prosesnya.

    Kalau langkah tersebut sudah dilewati dengan baik, bongkar bagian komponen tersebut. Setelah terbuka, lakukan pengamplasan pada setiap ujung kutub dari switch starter tersebut. Kemudian, bersihkan kotoran yang ada pada tempat tersebut. 

    Selain bagian tadi, merenggangkan pegas yang ada di switch starter. Tujuannya agar performa staternya bisa lebih baik lagi. 

    Setelah itu, tutup kembali bagian yang dilepaskan dengan menggunakan solder agar bisa terpasang dan merekat dengan kuat.

    Jika OLXer memang tidak bisa dan mampu mengerjakannya, memang tidak ada salahnya jika langsung pergi ke bengkel agar masalah lekas selesai. Namun, begitu, OLXer harus siap merogoh kocek untuk biaya pengerjaannya ya. 

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here