Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    TipsKenali Penyebab Bau Helm dan Cara Menghilangkannya

    Kenali Penyebab Bau Helm dan Cara Menghilangkannya

    Helm menjadi perangkat wajib yang harus dipakai pengendara sepeda motor saat berkendara di jalan raya. Ya, menggunakan helm juga jadi pengaman untuk menghindari resiko parah pada bagian kepala Ketika  terjatuh atau mengalami kecelakaan. 

    Oleh karena itu, kewajiban menggunakan helm tertuang dalam Pasal 57 ayat (1) jo ayat (2) Undang-Undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang berbunyi :

    (1) Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan Kendaraan Bermotor.

    (2) Perlengkapan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi Sepeda Motor berupa helm standar nasional Indonesia.

    Selain itu, Pasal 106 ayat (8) dalam undang-undang yang sama menyebutkan:

    “Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor dan Penumpang Sepeda Motor wajib mengenakan helm yang memenuhi standar nasional Indonesia.”

    Adapun jika melanggar atau tidak mengenakan helm saat berkendara dapat diancaman dalam Pasal 291 UU No 22 tahun 2009 yang berbunyi:

    (1) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor tidak mengenakan helm standar nasional Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

    Di luar soal aturan penggunaan helm, sejatinya perlengkapan ini kerap mengalami bau dan rasanya tidak enak. 

    Penyebab bau helm

    Nah, dilansir situs bengkel Wahana Honda, bau pada helm disebabkan berbagai hal, yaitu :

    1. Bagian dalam atau spon helm tidak kering secara maksimal setelah basah karena sesuatu, hujan contohnya. 

    Dengan kondisi seperti itu, maka furing serta spon yang tidak kering tersebut menjadi lembab dan memunculkan bakteri yang dapat menimbulkan bau tak sedap.

    2, karena keringat dan bau rambut penggunanya. Tidak semua orang aware atau peduli dengan kesehatan kulit kepala dan juga rambut. Oleh karenanya, terkadang ada seseorang yang memiliki rambut bau. 

    Ketika orang yang bersangkutan mengenakan helm, maka secara otomatis terjadi ‘transfer’ bau yang akan langsung terperangkap di dalam helm.

    Cara menghilangkan bau helm

    Namun begitu, situs ini juga memberikan tips cara cara menghilangkan bau pada helm, yaitu

    1. Untuk menghilangkan bau pada helm yang bisa kita lakukan adalah dengan mencuci bagian furing serta spon dalamnya. 

    Untuk melakukannya, OLXer harus melepaskan semua bagian di dalam helm dan kemudian mencucinya. 

    2. Pada bagian busa yang keras, OLXer dapat mencucinya atau langsung menjemur di bawah terik matahari.

    3. Jangan menyemprotkan parfum atau pewangi ke dalam helm karena bekas parfum atau pewangi tersebut dapat memunculkan aroma lain ketika bercampur dengan air atau keringat.

    Oleh karena itu, untuk mencegah bau pada helm, sebaiknya OLXer dapat melakukan perawatan menyeluruh pada visor dan juga batok helmnya. 

    Untuk cara merawatnya sama seperti mencuci motor, yaitu dapat mencucinya dengan menggunakan sabun khusus untuk mencuci motor agar warna dari helm tidak memudar atau menurun. 

    Setelah itu, OLXer juga dapat mengeringkannya dan kemudian menambahkan pengkilap motor. Sedangkan untuk visornya, OLXer dapat melakukan hal yang sama seperti pada batok helm. 

    Selain itu, dapat menggunakan pasta gigi apabila merasa visor tersebut nampak kusam. Apabila terjadi baret, ada dua hal yang dapat lakukan, yaitu dengan menggunakan compound. 

    Caranya adalah dengan mengoles dan mengusap secara merata compound pada bagian yang memiliki goresan dan kemudian hapus bekasnya menggunakan lap bersih.

    Setelah selesai, simpan di tempat yang bersih serta tidak terkena cahaya matahari langsung.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here