Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    TipsKenali Tanda Mobil Mau Mogok Dengan Cara Melihat Lampu Indikator

    Kenali Tanda Mobil Mau Mogok Dengan Cara Melihat Lampu Indikator

    Sebuah mobil perlu melakukan perawatan secara berkala. Setidaknya hal tersebut dilakukan Setidaknya service mobil umumnya dilakukan dalam jangka waktu setiap 6 bulan sekali atau kelipatan 10.000 km, mana yang lebih cepat.

    Sebaliknya jika jarang atau tak pernah diservice sama sekali jangan harap mobil akan tetap dalam kondisi prima. Sebab, yang akan terjadi adalah beberapa bagian dan part mobil akan habis masa pakainya, dan lama kelamaan mogok.

    Parahnya jika sudah mogok, tentu berbagai kerusakan terjadi dan biaya perbaikannya akan membengkak. Nah, sebelum hal tersebut terjadi ada baiknya lakukan perawatan.

    Oia OLXer, untuk mobil keluaran terbaru sebenarnya untuk merawat cara mudah. Sebab, saat ini jika melihat adanya gejala mobil bermasalah bisa dilihat dari lampu indikator pada mobil.

    Ya, saat indikator menyala, maka pertanda ada bagian yang bermasalah. Apabila situasi ini, maka OLXer perlu membawanya ke bengkel mobil terdekat.

    Lampu Indikator
    Tampilan indikator pada mobil. (shutterstock)

    Seperti dilansir bengkel AC Rotary Bintaro, berikut beberapa lampu indikator yang dapat menyala jika terjadi masalah, yaitu:

    1.  Indikator oli

    Ketika indikator oli menyala, maka hal ini menandakan jika oli mobil terganggu kinerjanya. Bisa juga pertanda oli mobil berkurang drastis dan kita perlu menambahnya supaya bisa kembali melanjutkan perjalanan.

    2. Indikator check engine

    Indikator yang satu ini menandakan jika ada salah satu sparepart mobil yang tidak beres dan penyebabnya pun beragam. Apabila indikator ini hidup maka tidak ada salahnya untuk segera ke bengkel mobil terdekat supaya teknisi bisa segera memperbaiki kerusakan tersebut.

    3.  Indikator temperatur

    Ketika indikator temperatur menyala maka hal ini menandakan jika suhu di mesin mobil melebihi batas normal. Ketika indikator temperatur menyala, sebaiknya segera matikan AC mobil, radio, ataupun sistem lainnya yang menyebabkan mobil memanas. OLXer juga bisa menambahkan cairan pendingin supaya suhu mobil kembali stabil.

    4. Indikator tangki bahan bakar

    Kehabisan bahan bakar adalah salah satu permasalahan yang sering dialami oleh pengendara manapun ketika melakukan perjalanan jauh ataupun dekat. Sebenarnya bisa tahu jika mobil kesayangan hampir kekurangan bahan bakar melalui indikator tangki bahan bakar yang tiba-tiba menyala. Indikator ini akan menyala ketika bahan bakar di mobil kurang dari 1/8 tangki bahan bakar.

    5. Indikator baterai

    Indikator yang satu ini menandakan jika ada yang tidak beres dengan aki mobil, bisa jadi aki bocor ataupun kabel aki yang putus. Ketika indikator ini menyala maka segera menggantinya dengan aki yang baru dan perjalanan bisa kembali dilanjutkan.

    6. Indikator ABS

    Indikator satu ini hanya bisa ditemui pada mobil yang sudah dilengkapi dengan sistem ABS yang memang unggul pada pengeremannya. Ketika indikator ini menyala, maka perlu segera membawa mobil kesayangan ke bengkel mobil terdekat agar rem dan sparepart mobil lainnya bisa segera dicek.

    7. Indikator tekanan ban

    Ketika indikator ini hidup, maka ada yang tidak beres dengan kondisi ban mobil yaitu kurangnya tekanan angin pada ban. Sebaiknya segera ke bengkel mobil sekitar untuk mengisi kembali ban karena ban yang kempes bisa menyebabkan kehilangan kendali akan mobil alias terpeleset.

    Bahkan bisa jadi mobil akan mengalami kecelakaan ketika tekanan angin di ban benar-benar habis. Ban yang kempes ini lama-lama bisa rusak permanen apabila tidak segera diganti.

    Apabila mobil OLX tanpa dilengkapi lampu indikator, maka bisa lakukan pengecekan secara manual. Atau, bisa juga menanyakan kondisi komponen ke mekanik saat service.

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here