Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BaruNyeleneh! Mobil Ini Bisa Diperintah Pakai Bahasa Indonesia

    Nyeleneh! Mobil Ini Bisa Diperintah Pakai Bahasa Indonesia

    JAKARTA – Kejutan demi kejutan terus dihadirkan oleh Wuling Motors di pasar kendaraan penumpang Tanah Air. Belum juga habis rasa takjub kita dengan hadirnya Almaz yang dibekali berbagai fitur paling terkini di dalamnya, Wuling Motors Indonesia kini kembali menawarkan varian baru Smart Technology SUV tersebut dengan kapasitas muat 7 penumpang ditambah fitur WIND (Wuling Indonesian Command). 

    Kali ini kita tidak perlu bahas terlalu banyak soal SUV 7-seater Almaz, karena ini sudah biasa dan hampir rata-rata SUV saat ini sudah menawarkan hal tersebut.

    OLX Indonesia lebih senang mengajak kalian untuk membicarakan bagaimana pintarnya Almaz dengan WIND, sebuah teknologi perintah suara yang menjadikan Almaz satu tingkat lebih pintar di antara SUV merek lainnya.

    “Kami ada di Indonesia untuk menghadirkan produk-produk inovatif. Almaz memberikan momentum baru, dan kami berterima kasih atas kepercayaan konsumen selama dua tahun kehadiran Wuling Motors di Indonesia. Kami bisa menjadi salah satu dari 10 merek terlaris di sini. Ini tidak mungkin tercapai tanpa kepercayaan konsumen. Dan perjalanan kami (Wuling Motors) berlanjut ke arah mobilitas modern, dimana pada moment ultah ke-2 kami menghadirkan teknologi cerdas dan konektivitas pada Almaz,” ucap Cindy Cai, Vice President Wuling Indonesia, Kamis (11/7/2019) di Putri Duyung Cottage, Ancol, Jakarta.

    Wuling Almaz varian 7-seater dengan teknologi perintah suara (Z)

    Beruntungnya OLX Indonesia, menjadi salah satu pihak yang mendapatkan kesempatan pertama untuk bisa menguji dan merasakan langsung bagaimana Almaz dengan teknologi WIND ini. Meski hanya merasakan dalam waktu yang cukup singkat, tapi ini sudah cukup bikin geleng-geleng kepala.

    Secara umum teknologi voice command di sebuah kendaraan memang bukan hal yang terlalu spesial. Sudah banyak jenis mobil mewah yang mengaplikasikan teknologi perintah suara seperti ini.

    Tapi khusus untuk voice command yang ada di Almaz ini sangat spesial. WIND merupakan fitur perintah suara yang khusus dikembangkan Wuling untuk pasar Indonesia bekerja sama dengan pengembang perangkat lunak asal Amerika Serikat, Nuance, hanya bisa diperintah dengan Bahasa Indonesia.

    “Boleh dibilang ini yang pertama di Indonesia, fitur voice command yang menggunakan bahasa Indonesia dan lebih lengkap,” jelas Dian Asmahani, Senior Brand Manager Wuling Motors Indonesia.

    Kata Kunci “Halo Wuling”

    Setelah mendapat berbagai penjelasan terkait teknologi baru Almaz, OLX Indonesia pun tak sabar untuk bisa masuk ke dalam kabin dan mencobanya langsung. 

    Untuk bisa berinteraksi dengan WIND di dalam Almaz, kita diminta untuk mengucapkan satu kata kunci, “Halo Wuling”. Setelah mengucapkan magic password tersebut, tidak perlu menunggu lama untuk langsung mendapat respon balasan dari head unit pintar Almaz berukuran 10.4 inch yang terdapat di tengah dashboard.

    “Halo” balas Almaz menanggapi password yang OLX Indonesia ucapkan.

    Layar berukuran 10 inch yang menjadi pusat interaksi WIND pada Almaz (Z)

    Ini artinya, fitur WIND sudah siap mengikuti berbagai instruksi suara yang kita perintahkan melalui lisan. Intinya, dengan aktifnya WIND, pengemudi bahkan penumpang di dalam kabin Almaz bisa mengaktifkan berbagai fitur.

    Contoh paling sederhana, saat kita hendak membuka kaca samping, cukup dengan ngomong “buka jendela” kemudian direspon dengan kata “oke, buka jendela pengemudi”, kemudian dengan sendirinya kaca jendela pengemudi akan terbuka.

    Begitu juga sebaliknya saat kita hendak menutup kaca jendela.

    Jujur, ini membuat OLX Indonesia merasa sangat terkagum-kagum dan penasaran untuk mencoba mengaktifkan berbagai fitur lainnya dengan hanya mengucapkan kata-kata dalam bahasa Indonesia. Cukup mudah dan sangat menyenangkan.

    Yang pasti ada tiga cara untuk mengaktifkan WIND. Pertama dengan mengucapkan “Halo Wuling”, kedua dengan menekan tombol di head unit, atau yang ketiga menekan tombol pengaktifan fitur perintah suara yang terletak di bagian kemudi. 

    Semua penumpang kabin Almaz bisa mengakses fitur selama perintah suara yang diucapkan terdeteksi oleh microphone yang terletak di cluster depan bagian atas dekat spion tengah.

    “Selama perintah suara tertangkap oleh microphone maka WIND akan merespon. Tapi idealnya hanya penumpang di bagian depan saja yang memberikan perintah karena posisinya lebih dekat dengan posisi microphone,” Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko memberikan penjelasan.

    Lokasi microphone yang menangkap perintah suara dari pengemudi dan penumpang Almaz (Z)

    Daftar fitur yang bisa diakses melalui perintah suara milik Wuling Almaz antara lain;  

    Telepon

    Kalian bisa melakukan panggilan telepon saat sedang mengemudi hanya dengan mengucapkan “Telepon Seseorang” atau “Hubungi (Nomor)”, “Hubungi (Nama)”, “Telepon (Nama)”.  

    Kontrol AC 

    Dengan WIND kalian juga bisa secara otomatis menghidupkan dan mengontrol AC dengan hanya mengucapkan “Hidupkan AC”, “Matikan AC”, “Tutup AC”. Atau menaikkan dan menurunkan suhu kabin dengan ucapan “Naikkan Suhunya”, “Turunkan Temperatur”. 

    Buka Tutup Jendela dan Sunroof 

    Almaz merupakan SUV yang sudah dilengkapi dengan fitur sunroof. Di Almaz varian 7-seater ini, pengemudi juga bisa melakukan perintah buka tutup kaca dan sunroof dengan sangat mudah.

    Hanya dengan mengucap “Buka Jendela”, “Turunkan Jendela”, “Buka Kaca”, “Tutup Jendela”, “Naikkan Jendela”, “Tutup Kaca”, “Buka Sunroof”, “Buka Atap Kaca”, “Tolong Buka Sunroof”, “Tutup Sunroof”, “Tutup Atap Kaca”, “Tolong Tutup Atap Kaca”, “Buka Sunroof Sampai Setengah”, “Tolong Tutup Atap Kaca Sedikit”. 

    Membuka Aplikasi Musik dan Radio

    Memainkan lagu-lagu favorit lewat aplikasi ataupun setel radio juga tidak perlu mengganggu fokus saat menyetir. Tinggal mengucapkan “Tampilkan App Musik”, “Tampilkan Aplikasi Musik”, “Tampilkan Aplikasi Radio”, “Buka Radio”, “Mainkan Radio”, “Matikan Radio”, “Tutup Radio”, “Setel ke 101.0”, ”Atur ke 101.0 FM”, “Stasiun Sebelumnya”, “Stasiun Selanjutnya”.

    Mengatur Volume Suara

    Merasa sepi saat nyetir sendirian di malam hari atau bosan di tengah kemacetan? Kalian bisa menghidupkan suasana dengan memainkan musik favorit dengan volume tinggi. Tapi ini sih tidak kami rekomendasikan karena tentu akan sangat berbahaya bagi Anda.

    Cerita lucu sempat terekam video OLX Indonesia saat mencoba fitur WIND dengan perintah menaikkan volume suara ke level maksimal. Seperti ini ceritanya :

     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     

    A post shared by OLX Auto | OFFICIAL (@olx.auto) on

    Kesimpulan

    Voice command interaktif yang diaplikasikan pada varian Almaz 7-seater memang sangat menyenangkan sekaligus membantu pemilik mobil untuk mengoperasikan fitur-fitur yang ada di Almaz tanpa harus mengganggu konsentrasi mengemudi. Lebih menyenangkan lagi karena bisa dilakukan dengan bahasa Indonesia. 

    Boleh dibilang dengan WIND, seolah kita melakukan perjalanan bersama asisten pribadi yang setiap saat bisa melayani kebutuhan untuk mengeksplor semua fitur di Almaz. Bahkan di saat kita lupa akan hari dan tanggal, WIND bisa menjawab dan memberitahukan.

    Satu lagi kehebatan teknologi perintah suara Wuling Motors ini adalah tidak adanya jeda waktu saat komputer merespon perintah yang kita ucapkan. Saat perintah suara kita ucapkan, langsung direspon oleh WIND berupa pengulangan perintah yang diawali kata “Oke” langsung dieksekusi.

    Tapi bukan berarti tidak ada kekurangan di teknologi terbaru milik Wuling ini. Tidak adanya sensor deteksi suara membuat WIND bisa merespon semua perintah suara dari banyak orang yang ada di kabin Almaz. Artinya, siapapun yang berada di dalam kabin, dimanapun posisinya, depan, tengah dan belakang, selama suaranya masih bisa terdeteksi microphone, WIND akan merespon. Ini terkadang mengakibatkan terjadinya tabrakan instruksi yang membuat WIND sendiri menjadi bingung. 

    Kalau sudah terjadi seperti ini, suara asisten yang keluar cukup menggelikan. “Maaf, saya bingung”.

    Menariknya, WIND tidak terbatas untuk varian baru Almaz saja, tetapi juga pemilik Almaz versi 5-seater. Nah, bila ingin tahu lebih jauh tentang Almaz baru dengan teknologi WIND ini, langsung saja sambangi booth Wuling Motors Indonesia di GIIAS 2019 yang berlangsung mulai 18 hingga 28 Juli 2019. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here