Kamis, April 18, 2024
Lainnya
    BeritaKerennya Honda, Kembangkan Sistem Navigasi Khusus Penyandang Tunanetra

    Kerennya Honda, Kembangkan Sistem Navigasi Khusus Penyandang Tunanetra

    News.OLX.co.id – Honda Motor Co., Ltd. mendirikan startup bernama Ashirase, Inc., yang saat ini tengah mengembangkan sistem navigasi dalam sepatu untuk membantu penyandang cacat tunanetra untuk berjalan kaki dengan aman.

    Sistem navigasi ini hadir dari sebuah pengalaman pahit yang dialami oleh Wataru Chino, Representative Director of Ashirase, Inc., 

    “Kecelakaan yang dialami oleh salah satu anggota keluarga saya memotivasi saya untuk mengambil tindakan untuk mewujudkan mobilitas yang lebih aman dan lebih bebas bagi penyandang tunanetra. Saya yakin bahwa kami akan menghadapi banyak kendala saat proses pengembangan hingga peluncuran Ashirase. Namun, kami akan mengatasi hambatan tersebut satu per satu dan mengabdikan diri dengan sepenuh hati mewujudkan kebebasan mobilitas bagi penyandang tunanetra,” kenang Wataru Chino dalam siaran pers Honda global, Selasa (27/7/2021).

    Ashirase merupakan sistem navigasi dari sebuah aplikasi smartphone dan perangkat getaran 3D, termasuk sensor gerak yang terpasang di dalam sepatu. 

    Cara kerja sistem ini adalah saat mengatur rute di aplikasi, maka perangkat akan bergetar untuk menyediakan navigasi.

    Ashirase

    Saat penyandang tunanetra yang menggunakan aplikasi ini harus berjalan lurus, maka perangkat getaran yang berada di bagian depan kaki akan bergetar, dan saat penggunanya mendekati belokan kanan atau kiri, perangkat getaran di sisi kanan atau kiri akan bergetar untuk memberi instruksi. 

    Fitur-fitur utama di sistem navigasi canggih tersebut meliputi informasi panduan untuk pengguna tunanetra yang dibuat berdasarkan informasi posisi Global Navigation Satellite System (GNSS), yaitu sistem penentuan posisi, navigasi, dan waktu satelit berdasarkan gerakan kaki pengguna. 

    Navigasi disediakan melalui getaran pada kaki, sehingga tidak mengganggu tangan pengguna yang memegang tongkat atau telinga yang digunakan untuk mendengarkan suara sekitar. 

    Ashirase memungkinkan penggunanya untuk berjalan lebih aman, karena dengan penglihatan yang terbatas, para tunanetra sering menghadapi masalah seperti tersesat atau jatuh.

    Selain itu, alat getar terletak sejajar dengan lapisan saraf kaki sehingga memudahkan untuk merasakan getaran.

    Rencananya, Ashirase, Inc., sudah mulai menjual sistem navigasi canggih ini pada 31 Maret 2023.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait