Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BaruKerennya Toyota GR 86 Terbaru

    Kerennya Toyota GR 86 Terbaru

    Toyota semakin gencar menghadirkan mobil bergaya sport. Kali ini, merek mobil Jepang tersebut secara resmi melakukan world premiere pada New Toyota GR 86.

    Ya, ubahan pada Toyota GR 86 terbaru ini memang mirip dengan Subaru BRZ yang sudah terlebih dahulu meluncur. Maklum, keduanya memang sudah melakukan kerja sama, sehingga jadi seperti kembar.

    Toyota 86 dan Subaru BRZ
    Si kembar Toyota GR 86 dan Subaru BRZ. (Toyota)

    Meski keduanya memang mirip, namun kedua pabrikan ini memberikan beberapa ciri yang berbeda, termasuk sensasi ketika di balik kemudi. Selain itu, bagi Toyota, kehadiran GR 86 bisa mengobati rasa rindu bagi fans Toyota 86 dengan wujud yang berbeda.

    New Toyota GR 86 sendiri sejatinya merupakan mobil Sport hasil pengembangan dari Toyota Gazoo Racing (TGR), yang juga sudah menelurkan GR Supra dan GR Yaris.

    Seperti dilansir situs resmi Toyota, GR 86 terbaru ini dirancang khusus untuk memberikan desain yang sporty serta mampu memberikan performa berkendara tingkat tinggi yang memuaskan.

    Nah, kalau OLXer mau tahu apa saja kelebihan dari New GR 86 berikut ulasannya:

    Eksterior

    Toyota GR 86
    Tampang wajah Toyota GR 86. (Toyota)

    Secara tampilan menyeluruh, Toyota GR 86 ini menampilkan ciri khas sebuah mobil bermesin depan dan berpenggerak roda belakang.

    Mobil ini juga membatasi dimensi tingginya dan terlihat lebih rendah untuk memberikan gaya gravitasi agar meningkatkan kinerja mobil saat melalui kelokan, namun tetap lincah Ketika dipacu.

    Beberapa komponen tambahan juga disematkan seperti air outlets, side sill spoilers, dan lainnya demi menunjang aerodinamis.

    Mobil ini juga memiliki bagian depan yang dilengkapi dengan GR-specific Functional Matrix Grille.

    Nah, salah satu yang membuat Toyota GR 86 dan Subaru BRZ ini adalah desain depanya, termasuk gril, dan saluran udara bagian depan dan sampin. Akan tetapi keduanya dilengkapi dengan lampu LED.

    Toyota GR 86
    Toyota GR 86. (Toyota)

    Oia, mobil ini sudah menggunakan panel bermaterial aluminium pada bagian atap agar menghasilkan gravitasi yang lebih rendah dan bobotnya juga menjadi lebih ringan.

    Interior

    Toyota GR 86
    Interior Toyota GR 86. (Toyota)

    Masuk ke dalam kabin, aura sporty sangat terasa berkat penggunaan warna hitam dan merah pada jok, lingkar kemudi hingga door trim.

    Toyota GR 86 ini sudah menyematkan panel instrumen horizontal yang memiliki sejumlah tombol canggih beraneka ragam fungsi, sehingga terlihat keren dan modern. Hal ini pula bisa memanjakan pengemudi dan penumpang.

    Selain itu, system hiburan pada mobil ii berupa head unit layar sentuh TFT berukuran 7 inci terbaru.

    Mesin

    Toyota GR 86
    Jeroan mesin Toyota GR 86/ (Toyota)

    Untuk jantung pacu, Toyota GR 86  sudah disematkan mesin empat silinder baru berkapasitas 2,4L yang diklaim mampu memuntahkan daya 231 tenaga kuda pada 7.000 rpm dan torsi puncak 250 Nm pada 3.700 rpm.

    Dengan mesin tersebut, di atas kertas akselerasi mobil ini dari 0-100 km per jam hanya memerlukan waktu 6,3 detik.

    Berikut detail spesifikasinya:

    Length[mm]4,265
    Width[mm]1,775
    Height*1[mm]1,310
    Wheelbase[mm]2,575
    Front track[mm]1,520
    Rear track[mm]1,550
    Minimum ground clearance[mm]130
    Curb weight*2[kg]1,270
    EngineHorizontally opposed four-cylinder
    Direct fuel injection and port injection system TOYOTA D-4S
     Bore x stroke[mm]94.0 x 86.0
     Total displacement[liters]2.387
     Compression ratio12.5
    DrivelineRear-wheel drive
    Transmission6-speed manual transmission or 6-speed automatic transmission
    Maximum output[kW (PS)/rpm]173(235)/7,000
    Maximum torque[N・m (kgf・m)/rpm]250(25.5)/3,700
    Maximum[rpm]7,400

    Suspension

    FrontMacPherson Strut
    RearDouble wishbone

    Brakes

    FrontV disk
    RearV disk
    Tires (front/rear)215/40 R18
    Fuel tank[liters]50
    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here