Jumat, Maret 29, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriKetahui Cara Membersihkan dan Mencuci Mobil Dengan Benar

    Ketahui Cara Membersihkan dan Mencuci Mobil Dengan Benar

    Mencuci mobil akan membuat tampilan tunggangan OLXer jadi kinclong. Pasalnya, mobil yang kerap digunakan pasti akan menempel debu atau kotoran dari berbagai sumber.

    Mencuci mobil juga merupakan bagian dari perawatan. Sebab jika kondisi mobil selalu kinclong dan terlihat baru, maka hal ini bakal membuat nilai jual lebih tinggi.

    Perlu dicatat, jangan mencuci mobil dengan menggunakan sabun cuci piring, karena hal itu dapat merusak eksterior. Karena itu, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mencuci;

    1. Jangan Tunggu Kotor

    Tidak semua benar saran mencuci mobil dilakukan dalam waktu berkala seperti setiap minggu atau satu bulan sekali. Pasalnya OLXer belum tentu tahu bahwa mobilnya sudah terkena zat-zat yang merusak mobil seperti kotoran burung, atau zat asam.

    Selain itu, jika memang lokasi tempat tinggal sering dilanda hujan, maka ada baiknya mobil langsung dibilas, agar cat tidak pudar. Ada baiknya sempatkan waktu mencuci mobil jika sudah dipakai.

    2. Jangan Mencuci Mobil Saat Panas

    Ketika cuaca sangat panas, hal ini akan membuat sulit untuk mencuci mobil. Sebab, air akan langsung cepat menguap karena terpapar sinar matahari sebelum di lap, sehingga menimbulkan flek atau jamur pada bodi dan kaca. Terlebih jika mencuci mobil dengan shampo.

    Apabila hal ini menempel di bodi dan kaca, maka bukan tak mungkin akan sulit dibersihkan. Ada baiknya, saat mencuci mobil dilakukan di tempat yang teduh dan tak terpapar sinar matahari atau tunggu sampai cuaca panas berkurang.

    3. Tunggu Mesin Dingin

    Tak hanya cuaca, jika mobil baru digunakan, ada baiknya menunggu sampai mesin dingin. Sebab, bagian material logam panas yang secara tiba-tiba terkena air dingin akan terjadi perubahan suhu sehingga, bukan tak mungkin akan terjadi masalah.

    3. Gunakan Peralatan dan Perlengkapan Tepat

    Air jadi peran penting. Tapi OLXer jangan menggunakan air dengan kadar asam tinggi atau kadar garam tinggi, sebab bisa merusak cat dan menyebabkan karat.

    Selain itu, gunakan perlengkapan mencuci mobil yang baik, mulai dari spons, lap microfiber, plas chamois. Oia, jika ingin membilas, maka ganti air di ember dengan yang bersih, agar tak ada kotoran atau pasir menempel.

    4. Lakukan Secara Bertahap

    Jika mencuci mobil ada baiknya secara bertahap. Contoh, ketika membersihkan ban maka lakukan dengan cara mencuci, membilas dan mengeringkan di bagian itu saja.

    Selain itu, spons yang digunakan tidak boleh langsung berpindah-pindah titik lain seperti pada bodi, karena hal itu justru akan meninggalkan goresan.

    5. Cuci Kolong Mobil

    Ada baiknya mencuci mobil tak hanya tampilan luar yang terlihat mata. Nah, salah satu yang harus dibersihkan adalah bagian kolong. Sebab, jika tak dilakukan maka bisa menyebabkan karat.

    6. Bersihkan Kabin

    Mencuci mobil juga perlu dilakukan pada bagian kabin. Sebab, pengemudi dan penumpang pasti turut menyumbangkan kotoran di dalam mobil. Seperti sepatu membawa kerikil atau tanah.

    Belum lagi jika membawa makanan, maka akan ada remahan yang terbuang. Karena itu, bagian kabin juga perlu dibersihkan seperti pada karpet dan jok mobil.

    7. Lakukan Waxing

    Jika mencuci jadi agenda rutin yang OLXer lakukan, maka tak ada salahnya melakukan perawatan ekstra berupa waxing. Dengan cara ini maka bukan tak mungkin warna mobil tidak akan kusam dan selalu tampak mengkilap. (Her)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait