Minggu, Mei 29, 2022
More
    Tips & TrikTanya Jawab (Pendapat Ahli)Keunggulan Mobil Penggerak Roda Depan, Tidak Bikin Deg-Degan di Tanjakan

    Keunggulan Mobil Penggerak Roda Depan, Tidak Bikin Deg-Degan di Tanjakan

    Rifat Sungkar sebagai Brand Ambassador Mitsubishi Motors BLAK-BLAKAN Bicara keunggulan mobil penggerak roda depan seperti Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross.

    JAKARTA – Bagi pengendara yang terbiasa dengan mobil penggerak roda belakang, selalu mengklaim bahwa untuk urusan tanjakan, mobil tersebut sangat tangguh dan kuat. 

    Beda dengan mobil penggerak roda depan (FWD) yang dianggap lemah ketika harus merayap naik.

    Tapi pemikiran ini tidaklah bisa dibenarkan begitu saja.

    Buktinya, sekarang justru semakin banyak produsen mobil yang memilih untuk memasarkan produk dengan sistem penggerak roda depan.

    Apalagi kondisi jalan di perkotaan sudah lebih baik, sehingga di atas kertas mobil penggerak roda depan tidak banyak menemui kesulitan-kesulitan tersebut.

    Salah satu mobil berkapasitas mesin 1.500 cc dengan sistem penggerak roda depan yang kini banyak digandrungi orang adalah Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross.

    Sejak awal kemunculannya, multi purposed vehicle (MPV) ini memang sudah dibekali dengan sistem penggerak roda depan. 

    Namun untuk model terbarunya sekarang pakai transmisi otomatis baru, yakni CVT.

    Berbeda dengan rival utamanya, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang menjadi pionir di segmen tersebut, sistem penggerak roda belakang cukup lama mereka pertahankan karena dianggap lebih tangguh dan juga disukai oleh banyak orang. 

    Walaupun di penghujung tahun lalu, akhirnya rival Xpander ini kemudian menghadirkan generasi baru dengan perubahan mencolok di desain eksterior hingga perubahan ke sistem penggerak roda depan demi untuk bisa menyaingi Xpander.

    Keunggulan Mobil Penggerak Roda Depan di Mata Rifat Sungkar

    Lalu bagaimana sebenarnya keunggulan mobil dengan sistem penggerak roda depan, apakah sama tangguhnya dengan mobil penggerak roda belakang?

    Dalam hal ini Rifat Sungkar sebagai Brand Ambassador Mitsubishi Motors terang-terangan menjelaskan keunggulan mobil penggerak roda depan.

    “Keunggulan pertama adalah karena tenaga mesin akan langsung disalurkan ke dua roda bagian depan. Kalau untuk penggerak roda belakang kan, tenaga mobil harus disalurkan lebih dulu melalui gardan baru sampai ke roda belakang. Artinya apa? Bahwa mobil penggerak roda depan seperti Xpander membutuhkan komponen yang lebih sedikit dan tidak ada gigi transmisi dan poros untuk menyalurkannya ke roda belakang. Jadi mobil FWD punya bobot yang lebih ringan,” terangnya.

    Tidak lupa juga Rifat menyebutkan bahwa untuk kendaraan penumpang berpenggerak roda depan, pada prinsipnya tidak punya isu soal daya jelajah dan kekuatan menanjak. 

    “Kalau ada perbedaan itu hanya terjadi pada mobil-mobil yang sering mengangkut beban berat seperti truk,” jelasnya lagi. 

    Selain itu, keunggulan lain mobil yang menganut sistem penggerak roda depan adalah dari sisi handling-nya yang disebut Rifat jauh lebih mudah dikendalikan.

    Juga termasuk memudahkan produsen dalam menata kabin belakang karena sudha tidak ada lagi axle (gardan) belakang. 

    Baca juga  Istri, Jangan Percaya 100% Kehebatan Suami Nyetir Saat Mudik

    “Lantai bisa dibuat rata sehingga penumpang baris ketiga juga tetap mendapatkan kenyamanan lebih, terutama saat menempuh perjalanan jauh,” sebut Rifat.

    Kombinasi Keunggulan Mobil Penggerak Roda Depan dan Transmisi CVT 

    New Xpander dan New Xpander Cross saat ini dibekali dengan transmisi Continous Variable Transmission (CVT).

    Ini merupakan sesuatu yang baru memang bagi Mitsubishi Xpander.

    Tetapi hal ini memang perlu dilakukan untuk mengejar efisiensi bahan bakar serta urusan ramah lingkungan.

    Transmisi jenis CVT memang sudah sangat dikenal irit bahan bakar karena proses perpindahan giginya memang didesain sehalus mungkin.

    Dipadu dengan kekuatan mesin yang lebih bertenaga yang ada di Xpander maupun Xpander Cross baru, membuat sebuah perbedaan yang lebih signifikan.

    “Jujur, sensasi berkendara menggunakan transmisi biasa dengan CVT sangat berbeda. Hal ini disebabkan karena konsentrasi dalam mendapatkan efisiensi berkendara yang baik dan ramah lingkungan. Dan harus diakui bahwa CVT menjadi teknologi wajib untuk mobil-mobil jaman sekarang,” tegasnya.

    Menurutnya, di mobil CVT, friksi yang terjai sangat sedikit, sehingga mengemudi jadi lebih menyenangkan dengan minimnya hentakan. 

    “Kemarin saya sudah sempat coba beberapa hari dengan melintas di berbagai tipe jalanan berbeda. Yang sangat berasa adalah ketika mencapai 3.000 rpm ke 3.500 rpm, disitu seperti ada dorongan ekstra, seolah olah tidak ada hambatan tenaga sama sekali. Dan ketika dipanggil tenaganya akan selalu ada,” pendapat Rifat. 

    Hal ini menurutnya beda dengan Mitsubishi Xpander lama yang meskipun tetap ada kick down, tapi dipertahankan di rpm tertentu dan torsi keluar sesuai tenaga yang diminta.

    Lebih Unggul di Jalan Licin

    Keunggulan terakhir dari New Xpander dan New Xpander Cross dengan sistem penggerak roda depan adalah ketika terjadi traksi atau gaya gesek ban mobil di permukaan jalan basah. 

    Disebutkan Rifat, gaya gesek akan lebih aman karena roda depan-lah yang menarik roda belakang. Ditambah lagi bobot mobil ada di depan sesuai dengan posisi mesin membuat traksinya jauh lebih aman.

    “Keunggulan Mitsubishi New Xpander ada pada traksi mobil di jalanan licin, terutama pada saat hujan. Traksi mobil FWD akan lebih bagus pada kondisi jalan yang licin,” pungkasnya.

    Dari berbagai penjelasan di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa New Xpander dan New Xpander Cross dengan sistem penggerak roda depan tetap bisa diandalkan untuk melahap berbagai medan jalan, mulai dari tanjakan, jalan yang tidak rata sampai pada kondisi jalan yang licin.

    Dengan kata lain, keunggulan mobil penggerak roda depan seperti Mitsubishi New Xpander dan Xpander Cross, tidak perlu bikin deg-degan saat menghadapi tanjakan dan jalanan licin.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here