Senin, Agustus 8, 2022
More
    BeritaGawat, KIA dan Hyundai Banyak Dibobol Maling Cuma Modal USB

    Gawat, KIA dan Hyundai Banyak Dibobol Maling Cuma Modal USB

    Para pelaku pencurian rupanya selalu selangkah di depan. Hal inilah yang membuat KIA dan Hyundai ketar ketir, karena beberapa produknya dianggap sangat mudah dibobol maling.

    Ya, gelombang pencurian sedang menghantui para pemilik KIA dan Hyundai, karena kedua merek tersebut dianggap mudah dibobol maling, karena hanya dengan menggunakan kabel USB.

    Melansir Motor1, yang memperburuk situasi ini adalah adanya video yang beredar di media sosial, dimana pelaku memperlihatkan cara melakukan pencurian.

    Video ini cukup viral di kawasan Amerika Serikat melalui media sosial TikTok. Bahkan mereka memberikan tagar #KIAChallange.

    Adapun aksi para pelaku menyebutkan, untuk membawa kabur sebuah mobil KIA atau Hyundai, cukup membuka tombol Engine Start Stop atau lubang kunci yang ada pada mobil.

    Bimsalabim, setelah terbuka maka langsung menggunakan USB dan mencocokannya ke slot yang telah tersedia.

    Menurut seorang juru bicara, Hyundai Motor America prihatin dengan meningkatnya pencurian secara lokal.

    “Keselamatan dan kesejahteraan pelanggan kami dan masyarakat akan tetap menjadi prioritas utama kami,” ungkap juru bicara Hyundai Motor Amerika.

    Menurut Automotive News, kendaraan yang terkena dampak diduga tidak memiliki mesin immobilizer. Hal ini memungkinkan untuk mencolokkan kabel ke tempat tertentu dan memulai pembangkit listrik tanpa memerlukan kunci atau fob.

    KIA dan Hyundai Buruan Pencuri

    Masih menurut Motor1, peristiwa pencurian mobil di Milwaukee dan Wisconsin, Amerika sudah menjadi pembahasan utama.

    Disebutkan selama tahun 2021, pencurian mobil KIA dan Hyundai naik 2.644 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Tidak hanya itu, polisi mengungkapkan bahwa saat ini sudah 20 model mobil yang terkena dampak atau dicuri setiap harinya.

    Adapun melansir Milwaukee Journal Sentinel, kendaraan KIA yang menjadi korban pencurian diketahui paling banyak lansiran 2011. Sedangkan untuk model Hyundai yang banyak dicuri rata-rata pada model tahun 2015.

    Berkaca dari hal tersebut, saat ini kendaraan Hyundai dan KIA sudah  memiliki engine immobilizer yang berarti bahwa masalah ini dianggap sudah ada solusinya.  

    Bahkan semua mobil KIA dan Hyundai sudah memiliki Standar Keselamatan kendaraan bermotor Federal dan immobilizer.

    Untung memberikan pertolongan mobil mengalami hal tidak diinginkan, maka pelanggan KIA dan Hyundai dapat selalu menghubungi Pusat Bantuan Konsumen masing-masing.

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here