Senin, Agustus 8, 2022
More
    MobilKIA Picanto City Car Yang Berjaya Sebelum Kehadiran LCGC

    KIA Picanto City Car Yang Berjaya Sebelum Kehadiran LCGC

    KIA Picanto, mobil mungil asal Korea Selatan ini dipasarkan melalui PT Kreta Indo Artha (KIA) sebagai distributor resminya di Indonesia.

    Secara desain, KIA Picanto ini merupakan sebuah city car yang bersaing bukan di kelas mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC).

    Ya, KIA Picanto ikut meramaikan mobil perkotaan yang saat ini dihuni Honda Brio RS, Daihatsu Sirion, dan Hyundai Grand i10.

    Sebelumnya, KIA Picanto memang banyak musuh di kelas city car, mulai dari  Mitsubishi Mirage, Nissan March, Suzuki Karimun, Suzuki Alto, Suzuki Celerio, Toyota Etios Valco, dan masih lainnya. 

    Nah, mau tahu lebih panjang soal KIA Picanto, lihat ulasannya di bawah ini.

    Sejarah KIA Picanto di Indonesia

    KIA Picanto 2006.

    Jika OLXers jarang melihat KIA Picanto di jalanan dalam beberapa tahun terakhir, itu benar adanya. Maklum, KIA sempat menghentikan penjualannya, kala bernaung di bawah payung PT KIA Mobil Indonesia.

    Bahkan dealer-dealer resmi KIA banyak tutup dan beralih fungsi di beberapa wilayah pada tahun 2019. 

    Alhasil tak hanya penjualan KIA Picanto, tapi semua mobil KIA ikut merosot sangat tajam. Padahal, di tahun yang sama, KIA Picanto sendiri memiliki desain yang cenderung lebih keren dibandingkan city car lainnya.

    Bicara soal KIA Picanto, mobil kecil yang hadir di Indonesia sekitar tahun 2004 ini pada dasarnya memiliki platform yang sama dengan Hyundai Getz.

    Ya, di negara asalnya Korea Selatan, kedua perusahaan ini dikenal saling bekerja sama dalam mengembangkan sebuah produk.

    Adapun KIA Picanto model pertama yang masuk Indonesia pada tahun 2004-2011 bentuknya memang terlihat jadul, karena desainya masih cembung dan menggelembung.

    Nah, di generasi kedua KIA Picanto tampil lebih keren, karena disebut-sebut berkat kehadiran Peter Schreyer yang merupakan mantan desainer mobil BMW.

    Saat ditangani Peter, semua mobil KIA dan Hyundai secara desain langsung naik daun. Bahkan ubahan drastis pada KIA Picanto membuat mobil ini dianugerahi penghargaan prestisius, yaitu Red Dot Design Award. 

    Namun sayang, munculnya LCGC membuat sejumlah City Car penjualannya lesu. Termasuk termasuk KIA Picanto yang kerap jadi mobil terlaris, akhirnya harus tergusur dengan muncul Toyota Agya, Daihatsu Ayla, hingga Honda Brio Satya. 

    KIA Picanto Hadir Kembali

    KIA Picanto GT Line
    KIA Picanto GT Line

    Setelah sempat mati suri, pada tahun 2019 KIA akhirnya kembali berjualan di Indonesia di bawah naungan PT Kreta Indo Artha selaku distributor menggantikan PT KIA Mobil Indonesia. 

    Tentu saja, KIA Picanto jadi salah satu senjata untuk dipasarkan di tengah persaingan dunia otomotif Indonesia yang semakin menggairahkan.

    Nah, bicara soal KIA Picanto terbaru, kali ini ada yang varian paling keren dengan penambahan nama GT Line atau menggantikan Picanto Platinum.

    Dari segi eksterior, mobil ini sudah dilengkapi lampu LED Projection Headlamps with DRL serta Projection Fog Lamps, sehingga terlihat mewah dan kekinian. 

    Untuk bagian samping, KIA Picanto mendapatkan tambahan balutan body kit dan desain pelek berukuran 15 inci.

    Sementara untuk desain lampu belakang LED KIA Picanto tidak terlihat seperti boomerang, melainkan huruf C terbalik. 

    Pada kabin KIA Picanto versi GT Line sudah dilengkapi dengan sunroof, sehingga jadi city car pertama dan memberikan kesan mewah.

    Lingkar kemudi mobil ini pun dilengkapi beberapa tombol, termasuk Audio Remote Control & Voice Recognition

    Tak kalah menarik, sistem hiburan sudah dilengkapi layar berukuran 7 inci bergaya floating dengan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay.

    Kemudian tampilan dashboard memiliki susunan panel-panel AC digital, dan ada jahitan benang merah pada jok untuk versi Picanto GT Line yang memberikan kesan sporty.

    Untuk jantung pacu, masih menggunakan mesin type Kappa, 1.2 liter Dual Continuously Variable Valve Timing yang mampu menghasilkan daya 82.8 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 121.6 Nm pada 6.000 rpm.

    Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

    Harga KIA Picanto

    Menurut sumber, KIA Picanto terbaru dijual antara Rp 220 juta sampai Rp 236 jutaan.

    Lantas berapa harga bekasnya?

    Menurut platform jual beli mobil bekas online OLX, KIA Picanto generasi pertama lansiran 2004-2011, dijual mulai dari Rp 40 jutaan sampai Rp 80 jutaan.

    Sedangkan untuk generasi Kia Picanto lansiran 2011 sampai sekarang harganya mulai dari Rp 70 jutaan sampai Rp 190 jutaan.

    Adapun jika beli mobil KIA Picanto bekas berkualitas bisa mencarinya di OLX Autos. 

    Ketahui Sebelum Membeli KIA Picanto Bekas

    Sekadar informasi, apabila OLXers memang berniat membeli mobil KIA Picanto Bekas jangan heran, meski ada satu merek dan jenis model, varian, serta tahun produksinya sama, namun untuk harga bisa berbeda-beda.

    Bahkan ada juga tahun produksinya lebih muda tapi harganya justru lebih rendah.

    Hal ini dikarenakan untuk menentukan harga sebuah mobil bekas memang ‘gelap’, bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

    Belum lagi harga mobil KIA Picanto bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu.

    Apabila OLXers memang ingin mencari mobil KIA Picanto bekas, tidak ada salahnya melakukan cek dan ricek, termasuk membawa orang ahli untuk melakukan pemeriksaan.

    Oia, jika diperbolehkan melakukan test drive, makan manfaatkan untuk mengetahui apakah mobil bekas yang OLXers idamkan terasa ada masalah atau tidak.

    Bekas Berkualitas

    KIA Picanto bekas berkualitas di OLX Autos.

    Jika OLXers ingin membeli mobil KIA Picanto bekas berkualitas, tidak ada salahnya mengunjungi platform jual beli online OLX Autos.

    Pasalnya, di platform ini hadir juga KIA Picanto bekas dengan nilai grade A atau kondisinya masih sangat baik dari segi eksterior, interior, maupun mesin.

    Ya, ini karena tim inspeksi OLX Autos sudah melakukan pengecekan hingga 150 titik, dimana mobil inipun dipastikan kondisinya bebas tabrakan, atau kecelakaan dan juga banjir.

    Menyoal harga KIA Picanto bekas memang sangat bervariasi dan pastinya kondisinya mulus karena nilai grade A. Bahkan jika beruntung, harganya masih bisa dinegosiasi lagi.

    Yang menariknya lagi, jika beli di OLX Autos, maka akan mendapatkan banyak pilihan mobil sesuai budget, lulus inspeksi mobil, Home Test Drive, 30 hari garansi mesin & garansi uang kembali selama 7 hari, dan gratis biaya perawatan + ganti oli 30.000 km atau 18 bulan.

    Mau lihat wujud KIA Picanto bisa klik di OLX Autos.

    Atau, mau lihat sekilas ulasan KIA Picanto Grade A, lihat videonya di bawah ini.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here