Jumat, Desember 9, 2022
More
    MobilKia Visto Mobil 30 Jutaan Jadi Buruan, Simak Spesifikasinya!

    Kia Visto Mobil 30 Jutaan Jadi Buruan, Simak Spesifikasinya!

    Mobil dalam kota atau City Car semakin populer karena simpel dan bisa mengakomodir kebutuhan pengendara di kota. Tak hanya keluaran terbaru, salah satu yang kini sedang banyak dibincangkan adalah mobil jadul misalnya adalah Kia Visto.

    Pabrikan Mobil dari Korea tidak lagi dipandang sebelah mata di industri otomotif Indonesia.  Mobil ini sudah diperkenalkan di akhir tahun 90’an, namun baru masuk di Indonesia di tahun 2000.

    Bicara soal  Kia Visto, mobil ini merupakan kembaran dari Hyundai Atoz, sebuah duet yang serupa dengan Xenia dan Avanza. 

    Seiring dengan penurunan minat, dan munculnya mobil generasi terbaru, Visto  saat ini tak lagi diproduksi pada 2004. Namun faktanya di pasar mobil bekas Kia Visto masih menjadi magnet pecinta mobil sedan klasik.

    Ingin tau apa saja spesifikasi dan harga  Kia Visto?  News OLX akan membahas lengkap di artikel ini!

    Spesifikasi Kia Visto

    Hal yang pertama kali dilihat ketika akan membeli mobil, selain faktor penampilan, juga bagaimana performa dari mobil. Berikut pembahasan lengkap mengenai mesin, dan desain dari Kia Visto.

    Mesin

    Walau mobil ini didesain mini dan lebih mengutamakan kelincahan, dapur pacunya ternyata sudah lumayan baik dan performanya sebesar mobil LCGC tahun tinggi. Kia Visto menggunakan mesin 4 silinder berkapasitas 1.000 cc 4-valve.

    Performa mesin maksimalnya ada di angka 55 tk pada putaran 6.000 rpm. Torsi puncaknya ada di angka 82 nm pada putaran 3.100 rpm. Dari pengetesan kecepatan, mobil ini mampu melaju dari 0-100 km/jam dalam 17 detik. Top speed mobil ini bisa mencapai 145 km/jam.

    Mesin Kia Visto
    Tipe Mesin4 Silinder 4 katup
    Kapasitas Silinder1.000 cc
    Daya Maksimum55 HP / 6.000 Rpm
    Torsi Maksimum82 Nm / 3.100 Rpm
    Sistem TransmisiManual 5-Speed / Otomatis 4-speed
    PenggerakFWD (Penggerak roda depan)

    Baca juga: Daftar Mobil Bekas Harga Rp 50 Jutaan, Tahun Tinggi 2000an

    Desain Eksterior

    Model dari Kia Visto sendiri memiliki tampilan yang cukup manis. Di Bagian depan, disematkan  lampu depan oval memberikan suasana ceria pada eksterior. Di Bagian bumper nya, terdapat garis panjang di kedua sisi sehingga mobil berkesan dinamis.

    Jika dilihat sekilas, mobil ini sebelas dua belas dengan Hyundai Atoz. Salah satu perbedaannya ada di garis pada grille nya yang berbentuk vertikal, sementara Atoz horizontal. 

    Untuk bagian sampingnya, mobil ini memiliki fitur keamanan yang cukup baik, dimana sudah terdapat side moulding yang bisa melindungi penumpang ketika mobil terguling atau kecelakaan. 

    Di Bagian belakang mobil. Kia Visto memiliki lekukan pintu bagasi yang menjorok ke depan, sehingga khas seperti mobil hatchback pada umumnya. Sedangkan untuk penerangan, lampu belakang berada di sisi kanan dan kiri berada di atas bumper.

    Interior Kia Visto

    Desain Interior

    Dari sisi kabin,  Kia Visto modelnya ternyata cukup luas dan nyaman terlepas dari ukurannya yang kecil. Mobil ini cocok untuk keluarga kecil, kapasitasnya terdiri dari empat orang dapat dengan mudah duduk. 

    Dari segi headroom,  langit-langitnya cukup tinggi. Volume bagasi sangat besar untuk di kelasnya yang bisa menampung hingga 320 liter.  

    Di bagian dalam atau interior, Kia Visto konsisten dengan desainnya yang membulat. Dari dashboard sangat minim dengan sudut-sudut, speedometer dengan nuansa blok hitam. Untuk desain dashboardnya, cukup konvensional, AC, audio unit  berada di tengah.

    Dimensi 

    Jika dilihat dari desainnya, memang mobil ini tergolong kategori mungil karena hanya memiliki panjang 3.495, lebar 1.495 dan tinggi 1.480 mm. Namun begitu,  Kia Visto ini ternyata makin tua makin dicari.

    Untuk spesifikasi lengkapnya, bisa cek informasi teknis berikut:

    Spesifikasi  Kia Visto
    Panjang x Lebar x Tinggi3.495 mm x 1.495 mm x 1.480 mm
    Jarak Sumbu Roda2.385 mm
    Suspensi  MacPherson Strut (depan) Torsion Beam Axle (belakang)
    RemCakram
    Velg14 Inci

    Baca juga: 5 Mobil Sedan “Look Like a Boss” Seharga Rp 50 Juta

    Harga Kia Visto Bekas

    Berapa harga mobil Kia Visto? Dari segi harga, Kia Visto bekas banyak tersedia di OLX dan memiliki harga yang sangat terjangkau. Harga Kia Visto kini mulai dari 30 jutaan saja dan untuk kondisi yang lebih baik, bisa sampai 50 jutaan.

    Berikut harga  Kia Visto bekas sesuai dengan tahun keluaran dari website olx.co.id

    MobilTahun keluaranHarga Bekas
    Kia Visto2000Rp35-44 Juta
    Kia Visto2001Rp32-51 Juta
    Kia Visto2002Rp32-53 Juta
    Kia Visto2003Rp38-55 Juta
    Kia Visto2004Rp55 Juta

    Jika ingin cek langsung unit dari mobil-mobil tersebut Anda bisa cek di halaman ini

    Baca juga:  10 Daftar Mobil Bekas Tahun Muda Harga 100 Jutaan

    Fitur Kia Visto

    Sebagai mobil yang muncul sebagai peralihan antara mobil jadul dan modern, Kia Visto sudah dilengkapi fitur-fitur standar yang cukup nyaman dikendarai untuk saat ini. Berikut ini rincian dari masing-masing fitur di Kia Visto:

    Fitur Keamanan

    • Pengereman cakram (depan) tromol (belakang)
    • Sabuk pengaman semua penumpang
    • Child door lock

    Fitur Kenyamanan

    • Power steering
    • Air Conditioner (AC)
    • Heater
    • Defogger
    • Audio unit
    • Power window (Jendela depan)
    • Suspensi MacPherson Strut (depan) Torsion Beam Axle (belakang)
    Bodi Kia Visto

    Konsumsi BBM Kia Visto

    Apakah Kia Visto boros atau irit BBM? Dari catatan beberapa reviewer, konsumsi bahan bakar mobil ini sebesar 15 km/liter untuk di dalam kota. Lalu, bagaimana Kia Visto untuk perjalanan jauh? Konsumsi bahan bakarnya bisa diangka 18 km/l untuk luar kota.

    Rasio kompresi mobil ini ada di angka 9,5 :1.  Oleh karena itu, mobil ini bisa diisi dengan bahan bakar berkualitas menengah dengan ron mulai dari 88 hingga 92

    Kelebihan dan Kekurangan Kia Visto

    Berbicara tentang sebuah mobil, perlu untuk menggaris bawahi apa saja plus dan minus yang akan dihadapi saat memboyong mobil tersebut. Berikut masing-masing kelebihan serta kekurangan dari Kia Visto:

    Kelebihan Kia Visto

    1. Mesin yang modern

    Walau baru lahir di akhir 90an, Visto sudah disematkan dengan mesin berteknologi baru dengan sistem injection. Ini sangat baik dan menjadi kelebihan utama karena dari sisi penggunaan bahan bakar, mobil ini relatif lebih irit tanpa mengorbankan performanya.

    2. Performa unggul

    Walau jadul, tapi mobil ini cukup mampu untuk diajak berlari dan tak kalah dari mobil-mobil keluaran terbaru. Visto memiliki mesin berkapasitas 1.000 cc yang sudah cukup mumpuni untuk penggunaan dalam kota.

    3. Handling yang mudah

    Dengan sistem FWD atau front wheel drive, mobil ini dinilai memiliki kontrol yang baik dan mudah dikendarai saat akan meliuk-liuk di jalanan dengan kecepatan yang tinggi. Hal ini menjadi poin kelebihan untuk kenyamanan berkendara.

    Kekurangan Kia Visto

    Disamping dari beberapa kelebihan yang telah disebutkan diatas, apa kelemahan kia visto? Mari kita bahas selengkapnya dibawah ini:

    1. Suspensi relatif keras

    Dengan konsepnya sebagai city car, maka jangan harap mobil ini akan nyaman dikemudikan di medan jalan yang tidak rata. Kia Visto memang dinilai memiliki suspensi yang keras dan kurang nyaman jika melewati hentakan.

    2. Terasa tidak solid

    Di beberapa review, penyakit Kia Visto selanjutnya adalah mobil ini dirasakan tidak baik dari segi peredaman. 

    Bagian dashboard cukup bergetar beberapa komponennya saat dikendarai. Hal ini karena dampak pemilihan materialnya yang tidak solid khususnya pada bagian dashboard yang bisa bergetar.

    3. Suku cadang yang terbatas

    Tidak seperti mobil pabrikan jepang yang suku cadangnya mudah dicari dan murah, mobil ini dinilai menjadi PR apabila harus mengganti beberapa part tertentu. Faktor dihentikannya produksi dari mobil ini berpengaruh pada kesediaan suku cadang di pasaran.

    Baca juga:  Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik & Terlaris di Indonesia!

    Demikian bahasan lengkap mengenai salah satu Kia Visto, city car hatchback yang terjangkau harganya. Jika Anda ingin bertemu dan memboyong mobil ini, pastikan menggunakan platform jual beli mobil bekas yang aman seperti di OLX Autos!

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here