Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaKlasik: Toyota Punya Sepeda Motor Lebih Dulu Daripada Honda Super Cub

    Klasik: Toyota Punya Sepeda Motor Lebih Dulu Daripada Honda Super Cub

    Sejumlah pabrikan otomotif roda di Jepang yang kita kenal di Indonesia rata-rata tidak hanya mampu membuat sepeda motor saja. Seperti halnya Honda, mereka bisa membuat mobil hingga pesawat jet.

    Demikian juga dengan Yamaha, mereka tidak hanya mampu membuat sepeda motor namun juga alat musik hingga peralatan medis. Bahkan Kawasaki tidak hanya dikenal sebagai pabrikan sepeda motor, tetapi juga dikenal mampu mengambangkan alat berat serta kapal laut.

    Asal OLXer tahu, sebelum pamor mobil Toyota mencapai puncaknya hingga saat ini, mereka ternyata pernah juga memiliki sepeda motor dengan merk Toyo Motors. Setidaknya brand tersebut hadir di kota Kariya, Aichi, Jepang pada periode 1949-1960.

    Dilansir Rideapart, awal mula munculnya Toyo Motors tercetus dari seorang pria yang sangat menyukai perihal mesin sejak usia 20-an tahun bernama Kazuo Kawamata.

    Kawamata diketahui menjadi pekerja paruh waktu di Toyota Motor Research laboratory pada 1942, dimana perusahaan ini dipimpin langsung oleh pendiri Toyota, Kiichiro Toyoda sejak 1937.

    Saat itu, Kawamata ditugaskan untuk mengembangkan sebuah mesin motor untuk diterapkan pada sebuah sepeda. Pengembangan mesin sepeda motor terus berlanjut, bahkan setelah Perang Dunia II berakhir.

    Ya, pasca Perang Dunia II, bagi Kawamata, masyarakat Jepang sangat membutuhkan transportasi yang handal namun tetap irit dalam hal bahan bakar. Hal inilah membuat Kawamata mendirikan perusahaan Toyo Motors sekitar 1949 yang secara langsung masih di bawah payung atau anak perusahaan Toyota. 

    Diketahui, sebelum Honda Super Cub melegenda dan namanya harum seperti saat ini, sepeda motor buatan Kawamata yang dijual secara masal pada 1952 ternyata laris hingga terjual 10.000 unit dalam setahun.

    Jumlah tersebut bukan prestasi yang mudah jika mengingat tahun itu masih sulit mendapatkan sesuatu. Hanya saja, prestasi Toyo Motor tidak bertahan lama, karena mereka gulung tikar pada 1960. Tidak disebutkan secara detail, namun kabarnya mereka mengalami berbagai kendala, termasuk dalam pengembangan produk. 

    Diketahui, dua tahun sebelum Toyo Motors tutup atau tepatnya pada 1958, Soichiro Honda, pendiri Honda juga meluncurkan sepeda motor Super Cub.

    Masih menurut Rideapart, Toyo Motors hanyalah salah satu dari 100 pabrikan sepeda motor di Jepang yang muncul, namun akhirnya tutup karena berbagai hal satu dan lainnya. 

    Kebetulan, sebuah video di Youtube berdurasi satu menit 33 detik, memperlihatkan seorang pria menyalakan sepeda motor motor yang disebut punya Toyo Motors dengan cara bagian pedal harus digowes terlebih dahulu. Mau tahu videonya lihat di sini.

     

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here