Minggu, Juni 26, 2022
More
    BeritaKNKT : 80% Kecelakaan di Jalan Tol Karena Faktor Pengemudi

    KNKT : 80% Kecelakaan di Jalan Tol Karena Faktor Pengemudi

    Peristiwa kecelakaan tunggal kerap kali terjadi di jalan tol sehingga membuat pengemudi dan penumpang tewas. Termasuk melibatkan selebritis Vanessa Angel dan suami Febri Andriansyah pada awal November 2021 lalu.

    Nah, tak sedikit yang menyatakan, bahwa penyebab kecelakaan yang terjadi di jalan tol dikarenakan kondisi jalan bebas hambatan di Indonesia tidak aman.

    Meski begitu, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) membantah isu yang merebak ketika terjadi kecelakaan di jalan tol tersebut.

    Menurut Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, bahwa penyebab kecelakaan di jalan tol didominasi oleh faktor internal.

    “Berdasarkan hasil investigasi KNKT menunjukkan bahwa sebanyak 80 persen terjadinya kecelakaan di jalan tol disebabkan karena faktor internal yakni kelelahan pengemudi (fatigue),” ungkap Soerjanto dalam situs resminya.

    Soerjanto mengatakan, berdasarkan data dari pengelola jalan tol, bahwa kecelakaan di jalan tol faktanya bisa terjadi dibeberapa waktu antara jam 00.00 sampai 06.00 dan jam 10.00 sampai jam 13.00 WIB.

    Selain itu, berdasarkan data yang sama, faktor pengemudi adalah kurang antisipasi mencapai 52 persen. Kurangnya antisipasi termasuk si pengemudi tidak fokus, tidak jaga jarak, overspeeding.

    Sementara untuk faktor pengemudi yang mengantuk sebesar 45 persen. Perlu diketahui, memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi juga dapat membuat pengemudi tidak bisa mengantisipasi rintangan dengan baik.

    Dia pun menghimbau kepada para pengemudi, jika kondisi badan sudah lelah jangan dipaksakan untuk terus mengemudi.

    Bahkan lanjut dia, jika pengemudi sudah ngantuk dan lelah, maka disarankan tidak memilih untuk mengkonsumsi minuman penambah tenaga, kemudian melanjutkan perjalanannya.

    “Ini secara fisik terlihat bugar, namun secara psikis sudah lelah, sehingga tidak responsif. Jelas hal ini tidak baik dan berbahaya, hendaklah beristirahat, jangan diteruskan” tekan Soerjanto.

    Sementara itu, Plt Kasab Kom IK LLAJ KNKT, Ahmad Wildan, menambahkan setidaknya terdapat empat penyebab yang mendominasi terjadinya kecelakaan di jalan tol Indonesia.

    “Adanya gap kecepatan yang sangat tinggi antar kendaraan, penurunan kewaspadaan dan micro sleep, pecah ban dan aquaplaning, serta kerusakan permukaan pada jalan tol,” ujarnya.

    Jika OLXer ingin cepat menjual mobil bisa kunjungi di OLX Autos.

    Baca juga  Punya Poin Sama, Juara Dunia F1 Ditentukan di Abu Dhabi

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here