Komitmen AHM di Bidang Vokasi Pendidikan Mendapat Pengakuan Kemendikbud

0
23

Upaya PT Astra Honda Motor (AHM) dalam memajukan dunia pendidikan nasional memang tidak main-main. Dalam satu dekade terakhir ini tercatat sebanyak 687 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sudah berhasil digandeng untuk menerapkan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Komitmen tinggi AHM dalam mendukung program vokasi di Tanah Air ini berbuah hasil yang sangat membanggakan, yakni pengakuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Apresiasi ini diberikan kepada perusahaan yang sudah memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia dari lulusan pendidikan vokasi sebagai investasi jangka panjang. 

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin hadir menerima penghargaan ini yang diberikan langsung oleh Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) Kemendikbud RI, Ahmad Saufi, disaksikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim pada hari ini, Senin (21/12/2020).

Menurutnya, perjalanan 10 tahun komitmen AHM di dunia vokasi, selalu berusaha untuk mengembangkan dan memperbaharui materi serta metode ajar untuk siswa vokasi otomotif roda dua, yang diselaraskan sesuai dengan perkembangan kebutuhan industri.

“Kami tidak hanya mengembangkan kualitas para siswa vokasi dengan kompetensi teknik sepeda motor, tapi juga membekali mereka dengan keahlian bisnis dan manajemen wirausaha bengkel. Sehingga, kami berharap lulusan SMK yang bekerjasama dengan AHM dapat menjadi generasi muda yang siap kerja, cerdas, dan mandiri,” ujar Muhibbuddin sesaat setelah menerima penghargaan dari Kemendikbud.

“Upaya ini kami harap akan menciptakan ‘link and match’ kualitas SDM vokasi di Indonesia dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri,” lanjutnya.

Hingga kini, program vokasi AHM sudah berhasil menggandeng 687 SMK mitra binaan dengan total guru yang mengajarkan kurikulum khusus tersebut sebanyak 3.462 orang.

AHM juga memiliki 62 SMK Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang bisa dimanfaatkan oleh para siswa SMK yang ingin melakukan sertifikasi kompetensi sebelum berkompetisi di dunia industri. 

Sebagai tahap lanjutan, siswa SMK ini juga dibekali pelatihan kompetensi untuk bengkel wirausaha muda yang tergabung pada Astra Honda Youthpreunership Program (AHYPP), yang akan membantu serta mendorong alumni SMK yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda untuk memiliki usaha bengkel sepeda motor sendiri.

Melalui program AHYPP ini, seluruh bengkel binaan diberikan pendampingan secara berkala untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola keuangan bengkel yang merupakan salah satu elemen penting dalam kemajuan sebuah usaha agar tetap beroperasional secara sehat dan menjadi sumber pendapatan, khususnya di tengah kondisi sulit saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here