Kamis, Desember 8, 2022
More
    BeritaBingung Mau Beli Mobil SUV Apa? Begini Perbandingan Honda HR-V, Hyundai CRETA...

    Bingung Mau Beli Mobil SUV Apa? Begini Perbandingan Honda HR-V, Hyundai CRETA dan Wuling Almaz RS EX

    Dari sekian banyak model medium SUV dari berbagai merek mobil yang ditawarkan di Indonesia, rasanya cukup fair kalau kita coba komparasi SUV Honda HR-V, Hyundai CRETA dan terakhir adalah Wuling Almaz RS EX.

    JAKARTA – Tren mobil sport utility vehicle (SUV) di Indonesia saat ini terus menuju ke arah positif. Pergerakan kenaikan penjualan mobil baru di segmen tersebut setiap tahunnya terus meningkat.

    Hal ini didorong karena semakin banyaknya pilihan model dan merek di segmen itu, terutama pada segmen medium SUV. 

    Selain itu, karakter SUV yang stylish dan tangguh mampu membawa rasa percaya diri bagi pemiliknya. 

    Apalagi gaya tersebut juga ditunjang dengan berbagai teknologi serta fitur terkini yang semakin meningkatkan rasa nyaman ketika mengendarai sebuah mobil SUV.

    Stylish, tangguh, modern dan nyaman menjadi sedikit dari banyaknya alasan mengapa saat ini banyak orang yang beralih ke mobil SUV. 

    Apalagi kalau hanya bicara soal kapasitas penumpang, saat ini sudah banyak model SUV yang mampu mengakomodir jumlah penumpang hingga 7 orang.

    Dari sekian banyak model medium SUV dari berbagai merek mobil yang menawarkannya di Indonesia, rasanya cukup fair kalau kita coba mengkomparasi tiga model ini, yaitu Honda HR-V, Hyundai CRETA dan terakhir adalah Wuling Almaz RS EX.

    Karena dalam kurun dua tahun terakhir, tiga model tersebutlah yang mampu menarik lebih banyak minat konsumen di Indonesia untuk memboyongnya pulang ke garasi rumah.

    Honda HR-V dengan berbagai keunggulannya saat ini masih mampu menjadi backbone untuk penjualan PT Honda Prospect Motor di segmen SUV.

    Sementara Hyundai CRETA yang lahir belakangan cukup menarik perhatian konsumen dengan gaya bahasa desain terbarunya serta ragam fitur unggulan yang disematkan kedalamnya.

    Sedangkan Wuling Almaz yang terus menawarkan berbagai inovasi terbaru dalam setiap kehadiran model barunya juga tidak kalah bersaing dalam meraup angka penjualan mobil SUV hingga saat ini.

    Sekarang News.OLX mencoba untuk mengurai masing-masing keunggulan dari tiga medium SUV tersebut yang mungkin bisa menjadi rekomendasi bagi OLXers yang saat ini sedang ‘galau’ dalam memilih diantara ketiganya. 

    Yuk, langsung saja kita bahas detailnya satu persatu dari berbagai sudut, mulai dari tampilan luar (eksterior), kabin (interior), performa (mesin) dan juga harganya.  

    Komparasi SUV (Eksterior) Honda HR-V, Hyundai CRETA dan Wuling Almaz RS EX 

    Honda HR-V

    Kita mulai membahas dari sisi tampilan luar atau desain interior Honda HR-V.

    Mobil yang baru saja dianugerahi predikat 5 bintang dari Asia NCAP ini memiliki desain grille baru yang kini sudah terintegrasi dengan bagian headlamp. 

    Sistem pencahayaan menggunakan LED semakin menambah kesan modern dan juga stylish pada Honda HR-V.

    Secara umum, desain Honda HR-V ini terlihat lebih mengotak dengan lekuk bodi lebih tajam. 

    Secara dimensi, Honda HR-V juga sangat kompak dengan ukuran panjang 4.330 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.590 mm serta ground clearance 190 mm, sehingga mampu mengakomodir 5 penumpang dengan sangat nyaman. 

    Sayangnya mobil SUV dari Honda ini tidak tersedia dalam varian 7 penumpang. 

    Hyundai CRETA

    Sejak meluncur di lantai pameran GIIAS 2021, SUV baru Hyundai yang bernama CRETA ini cukup menyedot perhatian konsumen. 

    Desainnya sebagai SUV compact terlihat stylish dengan headlamp di bagian kanan dan kiri menyatu dengan grille yang cukup besar di bagian fascia.

    Dimensi Hyundai CRETA memiliki panjang 4.513 mm, tinggi 1.630 mm dengan gound clearence 200 mm. Sama dengan Honda HR-V, mobil yang diproduksi Hyundai di Indonesia ini adalah SUV murni dengan kapasitas 5 penumpang tanpa menghadirkan opsi 7-seaters.

    Wuling Almaz RS EX

    Wuling Almaz hadir dengan desain yang sporty serta kesan tangguh dengan aplikasi grille cukup besar yang dipadu sistem pencahayaan utama mengintegrasikan future eyes LED.  

    Secara dimensi, Almaz RS EX unggul dibanding kedua rivalnya, Honda HR-V dan Hyundai CRETA. 

    Smart SUV ini memiliki panjang 4.665 mm, lebar 1.835 mmm dan tinggi 1.760 mm, serta wheelbase 2.750 mm dengan ground clearence 230 mm. 

    Keunggulan Almaz RS EX lainnya karena hadir dalam pilihan 7-seaters. 

    Komparasi SUV (Interior) Honda HR-V, Hyundai CRETA dan Wuling Almaz RS EX

    Honda HR-V

    Honda HR-V memiliki desain ruang kabin yang terkesan mewah dengan dominasi warna gelap di bagian dasbor. Desain dari dasbor dibuat mengusung konsep minimalis, tapi tetap terlihat mewah berkat tata letak panel instrumen yang simetris. 

    Dari sisi entertainment, Honda HR-V dibekali dengan head unit sistem touchscreen. Hanya saja untuk ukuran head unit tersebut berbeda-beda berdasarkan tipe dan varian. 

    Khusus untuk Honda HR-V RS mendapat support head unit berukuran 8 inci, dan untuk tipe selain RS ukurannya lebih kecil yakni 7 inci. 

    Hyundai CRETA

    Untuk Hyundai CRETA sendiri, meski dari sisi dimensinya terbilang sangat kompak, akan tetapi ruang kabinnya terbilang cukup lapang. 

    Sama seperti Honda HR-V, dasbor CRETA didominasi warna hitam berpadu aksen silver dan krom yang menambah kesan elegan. 

    Positifnya karena Hyundai CRETA memiliki banyak kompartemen untuk menyimpan berbagai barang-barang kebutuhan saat melakukan perjalanan. 

    Selayaknya mobil-mobil modern saat ini, CRETA juga sudah dibekali dengan head unit berukuran 8 inci sistem touchscreen dan terkoneksi dengan smartphone. 

    Wuling Almaz RS EX

    Sekarang kita beralih ke Wuling Almaz RS EX yang dari sisi interiornya sudah terlihat sangat canggih dan juga futuristik.

    Kesan futuristik kabin Almaz langsung bisa terlihat lewat aplikasi layar besar berukuran 10.4 touchscreen. 

    Desain dasbor menghadirkan konsep elegan dengan dominasi warna hitam yang dipadukan warna putih menggunakan bahan soft touch dengan detail jahitan disekelilingnya. 

    Memiliki dimensi lebih besar diantara dua SUV pesaingnya, kabin Almaz RS EX sangat lapang dengan kemampuan melipat seluruh bangku di baris kedua dan ketiga. 

    Ini memungkinkan Almaz untuk memuat barang dengan volume besar. 

    Komparasi SUV (Mesin) Honda HR-V, Hyundai CRETA dan Wuling Almaz RS EX

    Honda HR-V

    • Mesin : 1.5L DOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW. 
    • Tenaga : 118 hp di 6.600 rpm 
    • Torsi : 145 Nm di 4.300 rpm. 

    Hyundai CRETA

    • Mesin : Smartstream G1.5 MPI Inline 4 cylinders. 
    • Tenaga : 113 hp di 6.300 rpm 
    • Torsi : 143,8 Nm di 4.500 rpm.  

    Wuling Almaz RS EX

    • Mesin : 1.5 T Engine, 4 cylinders, in-line, DOHC, DVVT dengan Turbocharger
    • Tenaga : 140 hp di 5.200 rpm 
    • Torsi : 250 Nm pada 1.600 – 3.600 rpm

    Fitur dan Teknologi Honda HR-V, Hyundai CRETA dan Wuling Almaz RS EX

    Honda HR-V

    Honda HR-V sudah mengusung teknologi keselamatan Honda SENSING yang meminimalisir potensi kecelakaan saat berkendara. 

    Mobil ini juga memiliki fitur Rear Seat Reminder yang akan mengingatkan penumpang memeriksa barang-barang di baris kedua melalui layar MID sebelum meninggalkan mobil.  

    Honda HR-V juga sudah mengaplikasikan Honda LaneWatch, kamera yang terletak di spion sebelah kiri untuk memperoleh penglihatan lebih luas yang ditampilkan melalui layar head unit sehingga lebih aman saat bermanuver. 

    Hyundai CRETA

    Pada head unit Hyundai CRETA hadir connected car service bernama Hyundai Bluelink. Fitur yang memungkinkan pemilik mobil mengetahui berbagai informasi seperti kondisi mobilnya, hingga posisi parkir mobil.

    CRETA juga sudah mengaplikasikan fitur Stolen Vehicle Notification & Stolen Vehicle Tracking. 

    Tak ketinggalan fitur – fitur canggih lainnya seperti Geo-Fence Notification, Speed Notification, Time-Fence Notification, Valet Mode, dan Idling Time Notification.

    Turut disematkan Hyundai SmartSense dengan ragam sensor yang diklaim dapat membuat CRETA semakin aman. Sistem tersebut akan selalu memantau area sekitar mobil dan menjamin keamanan lebih dari potensi bahaya saat mengemudi.

    Wuling Almaz RS EX

    Tidak kalah canggih dibanding keduanya, Almaz RS EX juga hadir dengan beragam inovasi. 

    Mobil yang termasuk dalam keluarga The First Leading Intelligent Digital Car ini dilengkapi dengan Advanced Driver Assistance System (ADAS), Wuling Indonesian Command (WIND), fitur berkendara yang lengkap, serta Wuling remote control app.   

    Berkat fasilitas Internet of Vehicle (IoV), pengguna SUV Wuling dapat menjadikan smartphone menjadi remote control kendaraan. 

    Yang paling istimewa adalah fitur perintah suara berbahasa Indonesia di Almaz. Ini merupakan fitur perintah suara pertama berbahasa Indonesia dan hanya dimiliki oleh Wuling. 

    Cukup dengan satu kata kunci yang harus disebutkan, “Halo Wuling” maka pengendara bisa mengoperasikan berbagai fungsi di SUV pintar ini seperti membuka kaca jendela, membuka sunroof, mendengarkan musik dan masih banyak lagi fungsi lainnya. 

    Komparasi SUV (Harga) Honda HR-V, Hyundai CRETA dan Wuling Almaz RS EX

    Berikut adalah harga Hondar HR-V, Hyundai CRETA dan Wuling Almaz RS EX  dari varian tertinggi masing-masing 

    • All New Honda HR-V SE CVT : Rp405,1 Juta
    • Creta Prime IVT (One-tone roof) : Rp404 Juta
    • Almaz 1.5T RS EX CVT (7 Seater) : Rp364,1 Juta

    Mudah Beli Mobil Bekas di OLX Autos

    GASPOOOL AKHIR TAHUN OLX AUTOS

    Bagi masyarakat yang berminat untuk membeli mobil bekas, OLX Autos sebagai platform omnichannel jual beli mobil bekas terbesar di Indonesia menghadirkan program penjualan menarik hingga akhir tahun ini.

    Konsumen bisa dengan mudah membeli mobil bekas berkualitas di OLX Autos dengan memilih skema kredit berupa pembayaran total down payment (TDP) sebesar Rp1 juta atau cicilan hanya Rp1 juta per bulan.

    OLXers bisa memilih dan membeli dari ribuan mobil bekas berkualitas yang dijual di OLX Autos.

    Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai OLX Autos Indonesia, silakan kunjungi
    www.olxautos.co.id atau hubungi 150264.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here