Rabu, Januari 26, 2022
More
    TipsKomponen Mobil Ini Jangan Dianggap Sepele Saat Hujan

    Komponen Mobil Ini Jangan Dianggap Sepele Saat Hujan

    Curah hujan di awal tahun terasa lebih meningkat. Bahkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi pada 9-15 Januari intensitas hujan lebat terjadi di sebagian wilayah Indonesia.

    Bicara soal musim hujan seperti sekarang, sebaiknya para pengendara mobil melakukan berbagai persiapan jika ingin bepergian dengan kendaraan. Termasuk melakukan pengecekan komponen lebih ekstra.

    Dengan dicek, setidaknya OLXers akan lebih mengurangi risiko timbulnya gangguan ketika sedang dalam perjalanan.

    Assistant to Service Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hariadi mengatakan, selain melakukan pemeriksaan rutin secara mandiri di rumah, pengendara juga wajib memeriksakan kendaraannya ke bengkel resmi.

    “Hal ini dilakukan agar masalah pada kendaraan ditangani orang yang tepat, sehingga berkendara menjadi lebih tenang,” ungkap Hariadi dalam keterangannya.

    Komponen mobil wajib dicek saat hujan

    Nah, di musim hujan seperti saat ini setidaknya ada komponen mobil yang kerap dianggap sepele, namun amat sangat penting fungsinya.

    1. Wiper

    Wiper
    Ilustrasi Wiper saat hujan. (Shutterstock)

    Wiper menjadi komponen yang harus diperhatikan sebelum kendaraan digunakan. Wiper memiliki peran penting untuk membantu pandangan saat hujan agar aman dan nyaman.

    Maka dari itu, penting untuk melakukan perawatan rutin seperti mengecek elastisitas karet serta komponen wiper.

    Selain itu, kaca mobil juga harus dijaga kejernihannya dengan dibersihkan secara teratur untuk mencegah timbulnya jamur.

    Kaca dapat dibersihkan menggunakan pembersih kaca sesuai dengan rekomendasi dari bengkel resmi Suzuki.

    2. Lampu-lampu

    Lampu
    Ilustrasi lampu depan mobil (Shuttertsock)

    Lampu-lampu mobil memang banyak jenisnya, mulai dari lampu senja, lampu dekat, lampu jauh, lampu kabut, lampu rem, lampu mundur, dan lampu hazard.

    Maka dari itu, sebelum digunakan, periksa lampu kendaraan apakah berfungsi dengan baik.Lampu kendaraan berfungsi untuk mempermudah melihat pengendara lain dengan jelas.

    Begitu juga sebaliknya, pengendara lain akan mudah melihat posisi kendaraan kita ketika berada di jalan saat hujan lebat.

    3. Sistem kontrol kendaraan

    pedal gas rem
    llustrasi pedal gas rem pada mobil. (Shutterstock)

    Bagian penting pada mobil yang perlu dicek ketika musim hujan yaitu sistem kontrol kendaraan.

    Pastikan sistem kemudi, rem, kopling, dan pedal gas dapat berfungsi dengan baik dan lakukan perawatan rutin di bengkel resmi.

    Cara aman berkendara di saat hujan

    Berkendara saat hujan
    Ilustrasi berkendara mobil saat musim hujan. (Shuttertstock)

    Oia OLXers, selain komponen, cara berkendara di musim hujan juga lebih ekstra hati-hati. Maka dari itu, ada beberapa trik aman yang perlu OLXers ketahui, yaitu:

    Pertama, hindari melewati genangan air yang dalam dan tidak bisa diprediksi.

    Sebab, hal ini dapat membuat kendaraan mengalami gangguan seperti kerusakan pada mesin karena air pada genangan dapat berpotensi terhisap ke dalam komponen mesin sehingga bisa membuat mesin mati mendadak.

    Kedua, kurangi kecepatan ketika hujan karena dapat membahayakan diri sendiri dan pengendara lainnya.

    Maka dari itu, untuk menghindari risiko tergelincir akibat jalanan licin, pengendara harus mengurangi kecepatan kendaraan.

    Baca juga  Jangan Sepelekan Jika Mika Lampu Mobil Berembun Bahkan Terisi Air, Ini Alasannya?

    Ketiga, jaga jarak dengan kendaraan lain. Hal ini untuk mengurangi risiko tabrakan apabila kendaraan kita atau kendaraan lain harus melakukan pengereman mendadak.

    Nah, itulah beberapa hal yang perlu dicek dan diperhatikan ketika berkendara di musim hujan. Menurut OLXers sendiri apa lagi ya yang perlu dilakukan?

    Buat kalian yang tertarik membeli mobil bekas berkualitas atau menjual mobil lama, bisa dilakukan di OLX Autos #JUJURLYAMAN.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here