Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    InformasiKomunitasKomunitas Suzuki Punya Unit Reaksi Cepat Tanggap Bencana

    Komunitas Suzuki Punya Unit Reaksi Cepat Tanggap Bencana

    Gempa Lombok serta tsunami Palu masih menyisakan cerita duka mendalam bagi kita semua. Namun dibalik musibah tersebut juga tersembul hikmah, yakni kepedulian sesama manusia dalam bentuk dukungan anggota komunitas mobil dalam menanggulangi bencana. 

    Saat terjadi gempa berskala besar yang meluluh-lantakkan Lombok, club Suzuki Jip Indonesia (SJI) bekerja sama dengan Indonesia Off-road Federation (IOF) dan Satuan Petugas (BASARNAS, membutuhkan armada tambahan untuk mengirimkan bantuan logistik ke daerah yang terdampak bencana alam. 

    Berkolaborasi dengan Karimun Club Indonesia (KCI), sinergi antar klub ini berdampak positif dan sangat membantu meringankan beban korban gempa.

    Aksi tersebut pun bergayung sambut dan memunculkan ide komunitas resmi Suzuki lainnya untuk melakukan kegiatan bakti sosial dalam bentuk mendistribusikan logistik, membangun pipa air bersih, pengobatan luka, membantu ibu hamil yang akan melahirkan, pembangunan hunian sementara hingga daerah-daerah terdampak bencana yang sulit dijangkau. 

    Komunitas Suzuki menjadi komunitas yang tanggap bencana sejak kehadiran Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) yang berdiri 10 Agustus 2018 lalu. Mereka sengaja melebur untuk membantu korban bencana alam maupun korban kritis akibat laka-lintas.

    Di acara Jambore Nasional Suzuki 2019 yang berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Sabtu, 28 September 2019, SCRC akhirnya dikukuhkan oleh manajemen PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

    Manajemen PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengukuhkan Suzuki Club Reaksi Cepat sebagai unit tanggap darurat di komunitas resmi Suzuki (Sumber: Zie)

    Bahkan unit baru di 14 komunitas mobil merek Suzuki ini juga terdaftar di institusi pemerintah, yaitu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS).

    “Dengan resminya Suzuki Club Reaksi Cepat ini, kami harap seluruh komunitas resmi Suzuki dapat turut mengambil bagian dalam gerakan kemanusiaan untuk seluruh saudara-saudari kita yang membutuhkan bantuan. Sehingga klub resmi Suzuki dapat semakin Bersatu Untuk Negeri Bergerak Demi Kemanusiaan, layaknya moto SCRC,” jelas R. Keliek Pangestu, Ketua Umum SCRC.

    Hingga saat ini, SCRC sudah memiliki kantor sekretariat pusat di Jakarta dengan sekretariat daerah yang berlokasi di Bekasi, Semarang, Lampung, Kalimantan, Bali, dan Lombok. 

    SCRC juga menerima relawan umum yang tertarik akan program dan kegiatan SCRC melalui seleksi yang akan dilakukan oleh pengurus organisasi.

    Mereka akan dilatih bagaimana menangani korban kritis baik akibat bencana alam maupun karena kecelakaan lalu-lintas di jalan. Dengan begitu, para anggota komunitas mobil Suzuki yang sudah menerima pembekalan dari SCRC menjadi orang yang tanggap dan mengerti cara untuk membantu korban bencana maupun korban laka.

    Simulasi penanganan korban laka diperlihatkan oleh tim SCRC (Sumber: Zie)

    Pengukuhan SCRC menjadi salah satu agenda yang dikedepankan di acara Jambore Suzuki Club 2019 yang sukses mendatangkan ribuan pemilik mobil Suzuki.

    Mengusung tema ‘One for All’, Jambore Suzuki Club bertujuan merekatkan solidaritas antarklub kendaraan Suzuki. 

    “Kami bangga punya komunitas resmi Suzuki yang semangat solidaritasnya sangat tinggi. Rasa kebersamaan serta kekompakan yang ditunjukkan dari seluruh klub resmi Suzuki berhasil menyukseskan acara Jambore Suzuki Club ‘One for All’ ini. Kami ingin memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan setia yang terus memberikan dukungan terhadap Suzuki,” ujar Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS di TMII, Sabtu (28/9/2019).

    Jamnas Suzuki Club 2019 Kukuhkan Komunitas Carry Menjadi Club Resmi Suzuki ke-14

    Suzuki Carry Club Indonesia menjadi komunitas resmi Suzuki Indonesia ke-14 (Sumber: Zie)

    Bertepatan juga dilaksankan pengukuhan komunitas resmi Suzuki ke-14 yakni Suzuki Carry Club Indonesia (SCCI).

    SCCI menjadi wadah komunikasi, koordinasi dan konsultasi bagi seluruh anggotanya dengan mengusung semangat ‘Guyub Rukun Seduluran Salawase’, yang berarti mengedepankan kebersamaan serta persatuan sesama anggota dan menjadi saudara selamanya. 

    “Carry memiliki ikatan emosional yang dalam di hati masyarakat Indonesia. Kami harap dengan resminya Suzuki Carry Club Indonesia menjadi komunitas yang bernaung di bawah PT SIS, semakin banyak lagi pecinta Suzuki Carry yang dapat saling bertukar informasi dan cerita perjalanan mereka masing-masing dengan Rajanya Pick Up ini,” pungkas Agus Bramantyo, Ketua Umum SCCI.

    Hingga saat ini, SCCI telah memiliki chapter daerah yang tersebar di seluruh provinsi di Tanah Air dengan total jumlah anggota mencapai 70.000 orang. (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here