Rabu, Desember 1, 2021
OLX Auto
More
    TipsKredit Mobil Aman, Pastikan Variabel Ini Ada di Leasing Pilihan Anda

    Kredit Mobil Aman, Pastikan Variabel Ini Ada di Leasing Pilihan Anda

    News.OLX.co.id – Apa kabar OLXers? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan terhindar dari paparan virus COVID-19. News.OLX selalu doakan rezeki OLXers dilancarkan, bisnis yang dijalani maju, atau perusahaan tempat bekerja sedang mendapat untung besar dan bermaksud membagikan deviden kepada karyawannya. 

    Nah, mungkin ini adalah waktu yang tepat untuk Anda membeli mobil. Mumpung ada rezeki lebih yang bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan impian beli kendaraan impian.

    Kalau tidak memungkinkan untuk melakukan pembelian mobil secara tunai, jangan khawatir, Anda masih bisa memilih opsi kredit kendaraan.

    Apalagi saat ini banyak sekali promo kredit yang ditawarkan oleh perusahaan pembiayaan, tinggal memilih mana yang cocok dan terbaik bagi OLXers.

    Yup, cari leasing atau lembaga pembiayaan kendaraan memang susah-susah gampang, cocok-cocokan, dan yang pasti jodoh atau tidak.

    Tapi jangan khawatir, kali ini News.OLX berusaha menghadirkan tips untuk mencari leasing yang terbaik dan tentunya tidak akan menimbulkan kesulitan bagi OLXers kedepannya.

    Tanpa berlama-lama, berikut adalah ciri-ciri leasing yang bisa dijadikan rekomendasi:  

    1. Punya Reputasi dan Kredibilitas Bagus

    Pertanyaannya adalah, bagaimana OLXers bisa tahu leasing yang dipilih punya reputasi bagus atau tidak? Gampang! Lihat saja dari eksistensi perusahaan pembiayaan tersebut.

    OLXers bisa melakukan riset sendiri, perusahaan tersebut berdiri berapa lama, latar belakangnya jelas, berdiri sendiri atau tergabung dalam sebuah grup besar, dan berapa banyak cabangnya.

    Pilih perusahaan leasing yang sudah punya nama besar dan dipercaya banyak orang, dan yang pasti jaringan pelayanannya banyak dan mudah ditemui. 

    Salah satu yang News.OLX rekomendasikan adalah PT BCA Finance. Perusahaan ini berdiri tahun 1981 dengan nama PT Central Sari Metropolitan Leasing Corporation (CSML). 

    Selanjutnya pada tahun 2001 PT Central Sari Metropolitan Leasing berubah nama menjadi PT Central Sari Finance (CSF), diikuti dengan perubahan kepemilikan saham, dimana PT Bank Central Asia, Tbk (BCA) menjadi pemegang saham mayoritas, serta perubahan fokus usaha menjadi pembiayaan kendaraan bermotor, khususnya roda empat atau lebih. 

    Kemudian pada Maret 2005 PT Central Sari Finance resmi berubah nama menjadi PT BCA Finance.

    Dalam bidang pembiayaan, sampai dengan saat ini Perusahaan masih tetap fokus di sektor pembiayaan mobil. Dari waktu ke waktu BCA Finance berupaya secara terus menerus untuk meningkatkan market share Perusahaan, baik dengan penerapan strategi yang tepat, melakukan ekspansi pembukaan cabang-cabang baru maupun dengan senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada para customernya. Perusahaan telah memiliki jaringan usaha yang relatif luas yang tersebar di berbagai kota besar di seluruh Indonesia.

    2. Fleksibel dan Mudah

    Harus OLXers ingat, kredit mobil itu artinya ada keterikatan dengan leasing dalam periode waktu tertentu. Tergantung dari berapa lama tenor kredit yang nanti diambil. 

    Pelajari cara pembayaran cicilan di leasing tersebut, apakah cukup fleksibel dan mudah dalam mengangsur. Pengertiannya disini apakah leasing tersebut punya fitur atau aplikasi yang nantinya akan mendukung kemudahan pembayaran setiap bulan. 

    Sebaiknya pilih leasing yang punya banyak opsi pembayaran, bisa lewat bank atau ATM, E-Banking, M-Banking, dan lain-lainnya. 

    Kemudahan dalam akses pembayaran akan membuat nyaman dan bisa terhindar dari keterlambatan pembayaran serta waktu yang tersita hanya untuk melakukan pembayaran cicilan.

    BCA Finance menyediakan kemudahan kepada konsumennya dalam melakukan pembayaran angsuran. OLXers bisa memilih salah satu diantara pilihan cara bayar yang sesuai dengan kebutuhan, seperti Autodebet (pemotongan langsung dana di rekening bagi nasabah BCA), melalui ATM, Internet Banking, M-Banking, dan Virtual Account. 

    3. Punya Layanan Simulasi Kredit

    Sudah sewajarnya sebelum memutuskan untuk melakukan kredit pembelian kendaraan, baru maupun bekas, OLXers sebagai calon debitur memanfaatkan hak untuk melakukan simulasi kredit.

    Ini tentunya sangat penting untuk membaca rencana keuangan hingga beberapa tahun ke depan. Melalui fitur simulasi kredit ini, kamu bisa menakar kekuatan keuangan selama masa cicilan berjalan.

    Perusahaan leasing yang bonafide selalu menyediakan fitur simulasi kredit dengan berbagai pilihan rekomendasi besaran uang muka, jumlah cicilan per bulan dengan pilihan tenor, mulai dari yang terpendek hingga yang terpanjang. 

    Konsumen yang bermaksud melakukan pembelian mobil dengan cara kredit bisa memanfaatkan fitur simulasi kredit yang mudah ditemukan di halaman homepage  website https://bcafinance.co.id/

    4. Proses Pengajuan Kredit Mudah

    Biasanya proses kredit mobil di beberapa leasing akan sedikit rumit. Cari sistem proses kredit yang memudahkan dan tidak menghabiskan banyak waktu.

    Apalagi di tengah kondisi pandemi saat ini, tentunya layanan online akan lebih memudahkan. 

    Di BCA Finance OLXers tidak perlu khawatir, karena seluruh dokumen yang diperlukan sebagai persyaratan dijelaskan secara detail. Termasuk formulir yang harus dilengkapi oleh calon konsumen juga bisa didownload, sehingga prosesnya sangat mudah dan tidak perlu repot harus mendatangi kantor pelayanan untuk memproses pengajuan kredit. 

    5. Menawarkan DP dan Cicilan Ringan

    Hal lain yang juga harus dipertimbangkan dalam memilih leasing adalah yang menawarkan uang muka atau down payment (DP) terjangkau. 

    Tapi balik lagi, semua tentu ada konsekuensinya. DP tinggi akan mempengaruhi jumlah cicilan bulanan, jumlahnya lebih rendah. Sebaliknya, dengan DP rendah maka jumlah cicilan bulanannya juga bakalan lebih tinggi. 

    Periode Agustus hingga akhir tahun ini, BCA Finance menggelar program bertajuk Mini for Max. 

    Program ini merupakan solusi bagi OLXers yang mau kredit mobil dengan mudah di masa pandemi. Keunggulannya adalah menawarkan DP dan cicilan ringan. 

    Cukup siapkan DP 20%, cicilan 30% dari harga mobil selama 4 tahun, dan 50% bisa dilunasi atau dicicil kembali dalam 4 tahun berikutnya.

    Periode program Mini for Max berlaku 24 Agustus 2021 – 31 Desember 2021.

    6. Perhitungkan Komponen Biaya Lainnya

    Beban cicilan juga dipengaruhi oleh berbagai komponen biaya lain yang akan dibebankan pada jumlah cicilan setiap bulannya. 

    Banyak komponen cicilan yang perlu mendapat perhatian OLXers sebagai pihak yang mengajukan kredit pembiayaan kendaraan. Mulai dari biaya administrasi, biaya fidusia, biaya asuransi, biaya keterlambatan pembayaran, biaya penalti, dan lain sebagainya.

    Sebaiknya pilih leasing yang bunga kreditnya kompetitif. Karena jika kamu salah hitung, ujung-ujungnya adalah menyesal dalam waktu yang cukup lama. 

    OLXers yang berniat mengajukan kredit mobil melalui BCA Finance, akan ada beberapa biaya komponen lainnya yang harus dibayarkan pada saat melakukan DP, diantaranya biaya fidusia, DP murni, biaya provisi, biaya asuransi jiwa dan kendaraan serta biaya administrasi.

    Komponen biaya tambahan ini juga berlaku pada leasing lainnya.

    7. Pakai Asuransi

    Yang terakhir, pilihlah leasing yang juga menyertakan asuransi di dalamnya. Ini akan menghindarkan kamu dari berbagai risiko di kemudian hari. 

    Sebagai salah satu aset yang beroperasi di lingkungan berisiko, melengkapi kendaraan yang dikredit dengan asuransi menjadi sebuah keharusan. BCA Finance menjaga keamanan bersama setiap kendaraan yang dibeli dengan cara kredit. 

    Adapun jenis asuransi yang ditawarkan ada tiga: 

    • Comprehensive
      Merupakan asuransi menyeluruh yang akan menanggung kerugian kerusakan total dan kerugian kerusakan sebagian. Asuransi ini dapat diperluas dengan penambahan premi yaitu untuk menanggung resiko bencana alam, huru hara, penambahan aksesoris kendaraan dan tanggung jawab hukum pihak ketiga.
    • Total Loss Only
      Merupakan asuransi yang menanggung kehilangan akibat pencurian dan bukan penggelapan ataupun penyalahgunaan fungsi kendaraan. Jenis asuransi ini juga menjamin kerugian total yang biaya perbaikannya diperkirakan ≥ 75% dari harga kendaraan sebenarnya (sesaat sebelum terjadi kerugian).
    • Kombinasi
      Merupakan asuransi gabungan antara Comprehensive dan Total Loss Only. Tahun pertama pertanggungan yang digunakan adalah Comprehensive sedangkan tahun berikutnya adalah Total Loss Only.
    1. Penggantian dari pihak maskapai asuransi untuk kondisi klaim Total Loss Only adalah sebesar nilai pasar kendaraan sesaat sebelum terjadi pencurian kendaraan maupun kecelakaan yang menyebabkan kendaraan rusak ≥ 75% atau setinggi-tingginya harga yang tercantum dalam polis dan penggantian adalah berupa uang.
    2. Sehubungan dengan fasilitas pembiayaan dari BCA Finance, maka apabila terdapat pembayaran klaim Total Loss Only dari maskapai asuransi, BCA Finance memiliki hak terlebih dahulu untuk memperoleh pembayaran tersebut.
    3. BCA Finance akan mengembalikan sisa dana klaim yang diterima dari Maskapai Asuransi ke Konsumen, setelah diperhitungkan dengan seluruh kewajiban Konsumen di BCA Finance.
    4. Dalam hal jumlah pembayaran klaim asuransi lebih kecil dari jumlah kewajiban kepada BCA Finance, maka selisih tersebut menjadi beban dan tanggung jawab Konsumen.
    5. Perbaikan kerusakan pada kendaraan yang dipertanggungkan HARUS dilakukan di bengkel yang ditunjuk oleh Maskapai Asuransi.

    Melalui keunggulan-keunggulan yang dimiliki, BCA Finance selalu menjadi partner terpercaya OLXers ketika bermaksud untuk membeli mobil secara kredit.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here