Minggu, Juni 26, 2022
More
    BeritaKunci Sukses Daihatsu Jualan Mobil di Indonesia Selama 2021

    Kunci Sukses Daihatsu Jualan Mobil di Indonesia Selama 2021

    Daihatsu Indonesia berhasil jadi merek mobil terlaris kedua Indonesia. Daihatsu mengklaim posisi kedua ini sudah terjadi selama 13 tahun berturut-turut sejak 2009.

    Menurut Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, posisi kedua Daihatsu dibuktikan dengan penjualan ritel Daihatsu tembus 151.107 unit, dengan market share sebesar 17,5 persen.

    “Semoga capaian positif ini dapat terus berlangsung, dan pasar otomotif nasional tahun 2022 ini dapat terus bergairah,” ungkap Hendrayadi saat virtual conference beberapa waktu lalu.

    Berdasarkan catatan Daihatsu, pencapaian di tahun 2021 jadi lebih baik dibandingkan tahun 2020.

    Lihat saja, apabila tahun 2021 penjualan nasional tembus 863 ribu unit atau naik 49,2 persen, maka tahun 2020 hanya sekitar 578 ribu unit.

    Sejalan dengan kenaikan pasar, penjualan ritel (dealer ke konsumen) Daihatsu mengalami kenaikan menjadi 151 ribu unit atau naik 51,1 persen dibandingkan tahun 2020 lalu sekitar 100 ribu unit.

    Dalam hal market share, penjualan ritel Daihatsu juga mengalami kenaikan menjadi 17,5 persen, atau naik sebesar 0,2 persen dibandingkan tahun 2020 lalu sebesar 17,3 persen.

    Kunci sukses

    Jika melihat tingginya penjualan Daihatsu selama tahun 2021, ternyata ada beberapa faktor.

    Pertama, rangsangan penjualan mobil jadi meningkat berkat dukungan pemerintah terhadap industri otomotif melalui diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah  (PPNBM) Ditanggung Pemerintah yang berlangsung sejak Maret-Desember 2021.

    Faktor kedua, sepanjang tahun 2021, meski masih di tengah pandemic, namun sejumlah produk baru meluncur.

    Termasuk Daihatsu yang menghadirkan Rocky (April), Terios Eco Idle (September), dan All New Xenia (November).

    Selama tahun 2021, terdapat 10 model teratas mobil berpenumpang paling laris, yang 50 persen di antara model tersebut merupakan hasil produksi ADM (PT Astra Daihatsu Motor).

    Ya, beberapa mobil yang digarap Daihatsu namun berlabel Toyota yaitu Avanza, Rush, dan Calya untuk brand Toyota, serta Sigra, dan Ayla untuk brand Daihatsu.

    Bukan Xenia, Ini Mobil Terlaris Daihatsu

    Nama Daihatsu Xenia memang sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia. Akan tetapi, dalam hal penjualan ternyata mobil paling laris Daihatsu adalah Gran Max Pick Up dengan penjualan sekitar 39 ribu unit,

    Diposisi berikutnya adalah Sigra sekitar 38 ribu unit, disusul model Daihatsu lainnya, yaitu Ayla 20,8 ribu unit, Terios 18,8 ribu unit, Grand Max Minibus 12,3 ribu unit.

    Adapun posisi Daihatsu Xenia ada di urutan keenam, dengan catatan penjualan 11,4 ribu unit, lalu Rocky 7 ribu unit, Luxio 2,5 ribu unit, dan Sirion sekitar 600 unit.

    OLXers yang ingin berencana jual mobil lama kalian bisa langsung ke OLX Autos #JUJURLYAMAN.

    Baca juga  Banyak Mobil Terbaru Bermunculan GIIAS, Ini Daftarnya

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here