Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    BeritaKurangi Sampah Plastik, Bridgestone Indonesia Pangkas Ukuran Label Ban

    Kurangi Sampah Plastik, Bridgestone Indonesia Pangkas Ukuran Label Ban

    Indonesia sedang berjuang untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Pusat perbelanjaan modern hingga minimarket berlogo A dan I sekarang sudah tidak lagi memberikan kantong plastik untuk memuat barang belanjaan.    

    Hal ini memang sejalan dengan target pemerintah yang tercantum pada Peraturan Presiden No. 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, untuk dapat mengurangi 30 persen jumlah sampah pada tahun 2025.

    Saat ini ada lebih dari 30 kota/kabupaten di Indonesia yang mulai menerapkan pelarangan penggunaan plastik sekali pakai, termasuk di DKI Jakarta untuk mengurangi potensi potensi sampah plastik.

    PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia), mendukung penuh gerakan ini dan ikut andil mengurangi sampah plastik.

    Awal September 2020 lalu Bridgestone Indonesia memperkenalkan label ban terbaru dengan tampilan yang lebih ringkas, dan memiliki ukuran yang setidaknya 40 persen lebih kecil dari label ban sebelumnya yang diperuntukkan bagi pasar Indonesia.

    “Mengingat penggunaan label ban masih diharuskan di pasar Indonesia, kami memaksimalkannya dengan membuat desain yang lebih ringkas dan menarik. Ukuran label baru yang lebih kecil ini juga merupakan bentuk turut serta kami dalam program pemerintah untuk dapat mengurangi jumlah sampah plastik,” ucap Mukiat Sutikno, Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu.

    Menurut Mukiat, jika dihitung angka penjualan rata-rata tahunan Bridgestone di Indonesia, dengan inisiatif membuat ukuran label ban ini semakin kecil, kira-kira bisa membantu mengurangi sampah plastik sebesar 7-ton setiap tahunnya.

    Label baru pembungkus ban baru Bridgestone ini berisikan informasi terkait produk ban, informasi produsen, pemenuhan standar dan sertifikasi yang diperlukan dan petunjuk penggunaan. Dilengkapi juga dengan penyematan QR code yang memungkinkan pelanggan lebih mudah dalam mengakses fitur produk serta informasi produk penting lainnya.

    “Inisiatif ini tentunya sejalan dengan misi CSR Global Bridgestone yaitu “Our Way to Serve”, yang merupakan komitmen nyata Bridgestone untuk selalu menyumbang masyarakat dengan mutu tertinggi serta membantu memastikan lingkungan yang sehat bagi generasi kini dan mendatang”, tutup Mukiat.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait