Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    BeritaL300 dan Xpander Jadi Andalan Mitsubishi Selama Pandemi

    L300 dan Xpander Jadi Andalan Mitsubishi Selama Pandemi

    Setahun sudah Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia. Tak hanya soal kesehatan, Covid-19 yang terjadi selama 2020 sangat mempengaruhi perekonomian, termasuk penjualan otomotif yang mengalami penurunan hingga 44,59 persen.

    Hal ini juga dirasakan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia, dimana penurunannya mencapai 55,4 persen dari tahun 2019 yang mencapai 118.936 unit menjadi 54.768 unit.

    Namun begitu, MMKSI rupanya tak terlalu ambil pusing, karena memang penurunan ini dialami sejumlah agen pemegang merek. Selain itu, perusahaan tiga berlian juga mengklaim berhasil menjaga posisi pasar pada segmen kendaraan penumpang dan niaga ringan.

    “Memang ada banyak yang berubah, ini jadi tantangan, bukan buat kami saja tapi juga semua pabrikan. Banyak sekali kejadian yang terjadi, walaupun begitu kita selalu mencoba untuk survive dan maintenance operation service kedepannya, namun jadi tantangan besar buat kami,” ungkap President Director PT MMKSI, Naoya Nakamura saat video conference bersama awak media.

    Selain itu, Nakamura juga mengklaim, meski industri otomotif menurun namun Mitsubishi Indonesia berhasil menjaga posisi pasar kendaraan penumpang maupun komersial.

    Nah, dari beberapa model Mitsubishi yang dipasarkan di Indonesia, ternyata model Mitsubishi L300 dan Xpander, termasuk Xpander Cross berkontribusi signifikan terhadap angka penjualan total MMKSI dan secara umum turut menjaga volume dan kontribusi di segmen low Multi Purpose Vehicle (MPV).

    Berdasarkan catatan MMKSI selama Januari-Desember 2020, Mitsubishi L300 terjual hingga sebanyak 14.986 unit, kemudian Xpander mengukuhkan 14,301 unit, kemudian disusul Xpander Cross sebanyak 11.267 unit.

    Di Urutan selanjutnya mobil terlaris Mitsubishi yaitu Pajero Sport 4×2 tercatat 8.024 unit, kemudian Triton 4×4 mencapai 5.105 unit, ada juga Pajero Sport 4×4 mencapai 599 unit, lalu Eclipse Cross terjual 271 unit, ada juga Triton 4×2 sebanyak 172 unit, dan Outlander PHEV 9 unit.

    Target dan Strategi 2021

    Untuk lebih meningkatkan posisi brand Mitsubishi Motors di Indonesia, serta mencapai target penjualan tahun 2021, MMKSI akan mengimplementasikan berbagai aktivitas dan strategi berikut:

    Peluncuran Produk Baru

    Di tahun 2021, MMKSI telah dan akan meluncurkan beberapa produk baru dan penyegaran produk yang telah dikembangkan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Hal ini juga dilakukan agar MMKSI dapat memperkuat lini penjualan dan mencapai target yang telah ditetapkan.

    Pengembangan Jaringan Diler Resmi dan Fasilitas Bodi & Cat

    MMKSI berencana untuk melanjutkan pengembangan jaringan dealer resmi khusus kendaraan penumpang Mitsubishi Motors menjadi 164 diler di akhir tahun fiskal 2021. Fasilitas resmi Mitsubishi Bodi & Car juga ditargetkan meningkat pada akhir tahun fiskal 2021 menjadi total 23 fasilitas di seluruh Indonesia. Hal ini bertujuan untuk memudahkan konsumen untuk memperoleh layanan terbaik dengan standar Mitsubishi.

    Peningkatan Kepuasan Konsumen

    MMKSI memiliki target mempertahankan dan meraih kepuasan konsumen tertinggi melalui layanan penjualan dan purna jual dengan target meraih penghargaan SSI dan CSI no.1 tahun 2021

    Komunikasi Terintegrasi

    Sebagai sarana pendukung utama pencapaian target, aktivitas promosi dan branding aktivitas above the line¸below the line¸PR dan digital akan lebih terintegrasi dengan peningkatan saluran komunikasi yang lebih optimal. Menggelar berbagai event, mulai dari partisipasi pameran otomotif berskala internasional, regional hingga pameran yang diselenggarakan baik secara offline maupun virtual dengan standar MMKSI dalam design dan konsep pameran dan aktivitas, serta optimalisasi kanal dan layanan digital.

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here