Selasa, April 23, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriLadies Ingin Touring Naik Motor Sendiri? Persiapkan 15 Hal Wajib Ini

    Ladies Ingin Touring Naik Motor Sendiri? Persiapkan 15 Hal Wajib Ini

    Namun begitu, fakta untuk melakukan perjalanan seperti touring tidak mengenal jenis kelamin atau gender. Semua orang bisa, asalkan sanggup dan yakin, serta memiliki kemampuan untuk berkendara sepeda motor, termasuk memiliki Surat Izin Mengemudi.

    Nah, kalua OLXer memang seorang wanita dan ingin melakukan touring dengan sepeda motor sendiri, mungkin harus mengetahui beberapa hal seperti yang sudah dilakukan rider wanita bernama Eleonora Ajisela atau lebih dikenal dengan “Jisel”.

    Ya, nama Jisel bagi kalangan komunitas sepeda motor wanita cukup disegani. Sebab, dia memang gemar riding. Bahkan beberapa waktu lalu, Jisel baru saja melakukan perjalanan Jakarta ke Bali dalam rangka memperingati Hari Kartini.

    Bagi Jisel, perjalanan Jakarta-Bali kali ini tidak hanya sekedar tekad untuk sampai di lokasi akhir, melainkan ingin menikmati perjalanan dan menyampaikan pesan pemberdayaan perempuan.

    “Perjalanannya tetap menyenangkan dan berjalan sesuai rencana, karena saya sudah mempersiapkan rencana perjalanan dengan matang sebelum akhirnya memulai perjalanan dari Jakarta – Bali – Jakarta,” kata Jisel dalam keterangan tertulis.

    Ya, bagi Jisel, untuk melakukan perjalanan jarak jauh tidak hanya model sepeda motor, SIM, dan tekad saja. Tetapi, harus memiliki berbagai persiapan.

    Nah, Ladies mau tahu persiapan apa saja yang harus dipenuhi jika ingin melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor, berikut hal yang harus dipenuhi:

    1. Sehat dan fit. Ya, sebelum dan Ketika melakukan perjalanan dengan sepeda motor sebaiknya mempersiapkan Kesehatan tubuh dan pastikan dalam kondisi fit dengan cara berolahraga dan tidur secara teratur.

    2. Sebelum memulai perjalanan sebaiknya sepeda motor dibawa ke bengkel untuk memastikan secara teknis baik-baik saja dan pastikan untuk menanyakan kepada mekanik bagian mana dari sepeda motor yang mungkin bisa bermasalah. Hal ini menjadi sebuah pencegahan terjadinya halangan pada sepeda motor dan akan memudahkan kamu sebagai pengendara untuk mengatasinya.

    3. Pasang beberapa tambahan pada sepeda motor, seperti dudukan ponsel untuk melihat peta pada ponsel, lampu tambahan dan klakson.

    4. Bagi sebagian wanita, pakaian bisa menjadi permasalahan. Karena tempat penyimpanan pada sepeda motor terbatas, maka OLXer perlu selektif dalam membawa pakaian. Untuk itu perlu membawa pakaian yang bahannya cepat kering, seperti bahan dry fit, mudah dicuci lalu cepat kering.

    5. Gunakan helm Supermoto dengan visor bening. Hal ini akan memudahkan pengendara dalam berkendara di bawah sinar matahari karena terdapat semacam topi kecil pada helm dan visor bening untuk berkendara pada malam hari.

    6. Gunakan jaket riding khusus untuk wanita dengan pelindung. Pastikan tidak terlalu sempit atau kebesaran, karena jaket dengan ukuran yang pas akan lebih nyaman dan juga aman. Kenakan juga sarung tangan, balaclava, dan sepatu pergelangan kaki.

    7. Siapkan rencana perjalanan, seperti waktu perjalanan dari satu titik ke titik berikutnya dan kegiatan atau acara apa yang ingin dikunjungi. Perencanaan yang baik dapat bantu meminimalisir masalah di perjalanan.

    8. Siapkan nomor darurat. Ya, nomor-nomor darurat yang dimaksud bisa ambulan, pihak kepolisian, petugas SAR, hingga kontak keluarga, orang tua, suami, atau teman dan kerabat.

    9. Bawalah tools kit atau alat dan kunci standar sepeda motor. Ya, beberapa tools kit yang dimaksud bisa obeng, tang, kunci L, kunci pas dengan ukuran 10, 12, 14, 17, dan 21, pisau lipat multi guna, serta kunci busi.

    10. Bawalah tim jika ingin berkendara ke pedalaman, akan terasa lebih aman jika perlu menjelajahi daerah terpencil.

    11. Berhenti setiap 2-3 jam sekali. Sambil menikmati kopi, OLXer bisa ngobrol dengan warga sekitar, atau mengistirahatkan mata sejenak.

    12. Tetap waspada dan miliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang sepeda motor yang sedang dikendarai. Jika ada suara, disarankan untuk segera mencari penghentian untuk mengetahui masalahnya dan kemudian memperbaikinya secepatnya.

    13. Tidak disarankan menggunakan intercom. Kamu perlu berkonsentrasi, fokus, memperhatikan keseimbangan dan melihat seluas mungkin. Jika Anda merasa bosan, mampirlah ke kedai kopi lokal.

    14. Bersiaplah untuk kesulitan, lalu jangan panik dan tetap waspada. Masih banyak warga lokal yang baik hati dan akan menawarkan bantuan.

    15. Kenali sepeda motor yang akan dikendarai sebelum memulai touring, dan pastikan tunggangan yang digunakan nyaman dan aman.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait