Rabu, Desember 1, 2021
OLX Auto
More
    BeritaLagi, Brio Jadi Penyelamat Honda Ketika Penjualan Otomotif Menurun

    Lagi, Brio Jadi Penyelamat Honda Ketika Penjualan Otomotif Menurun

    PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan penjualan retail pada bulan Februari 2021 lalu tercatat 6.018 unit. Jumlah tersebut menurun jika dibandingkan Januari 2021 yang tembus 7.068 unit.

    Menurut Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM Yusak Billy, alasan penurunan penjualan pada bulan lalu, lantaran sebagian konsumen menunda pembelian mobil karena menunggu pemberlakuan relaksasi pajak di awal Maret 2021. 

    “Kami optimis penjualan di bulan Maret akan meningkat karena didukung pemberlakuan relaksasi pajak PPnBM dan model-model baru Honda yang telah menunjukkan trend booking yang sangat baik,” ungkap Billy dalam keterangan tertulis, Selasa (16/3/2021).

    Sebagai catatan, produk Honda yang cukup mendorong penjualan di Februari 2021, ternyata masih ditempati Honda Brio, yaitu sebesar 3.361 unit atau menyumbangkan 56  persen dari total penjualan Honda. 

    Angka tersebut didapat dari jenis Honda Brio Satya yang merupakan jenis Low Cost Green Car (LCGC) dengan raihan penjualan sebesar 2.665 unit, atau memimpin segmen LCGC dengan pangsa pasar sebesar 28 persen. 

    Sedangkan Honda Brio tipe RS mengumpulkan penjualan sebanyak 696 unit sekaligus jadi pemimpin pangsa pasar di segmen City Car sebesar 75 persen.

    Selain Honda Brio seri, Billy tak menampik jika CR-V model terbaru dengan penyegaran ringan yang sempat diluncurkan pada 18 Februari 2021 dianggap ikut berperan serta dalam meningkatkan penjualan mobil Honda. 

    Berkat wajah baru dari Honda CR-V, penjualan mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) ini pada bulan lalu tercatat sebanyak 683 unit atau naik 21 persen dibandingkan bulan sebelumnya. 

    Menurut Billy, ubahan Honda CR-V pada tampilan eksterior, dan interior dianggap menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan mobil yang kini sudah dilengkapi fitur canggih seperti Honda Sensing, Remote Engine Start, dan Hands-Free Access Power Tailgate tercatat, meski belum sebulan meluncur namun jumlah pemesanannya sudah mencapai 1.120 unit.

    Selain itu, mobil Honda yang ikut menyumbangkan penjualan yaitu HR-V 1.5 L yang terjual sebanyak 686 unit, dengan pangsa pasar sebesar 15 persen di kelasnya. Kemudian, Honda Jazz dengan penjualan sebanyak 606 unit dan menjadi market leader di segmen hatchback dengan pangsa pasar sebesar 38 persen.

    Sedangkan untuk Honda Mobilio telah berhasil membukukan penjualan sebanyak 290 unit, Honda HR-V 1.8 L sebanyak 162 unit, Honda BR-V sebanyak 90 unit, Honda Civic Hatchback sebanyak 73 unit, dan Honda Odyssey sebanyak 3 unit.

    Sementara itu pada segmen sedan, Honda Civic Sedan meraih penjualan sebesar 33 unit, memimpin pangsa pasar sebesar 51 persen, diikuti dengan Honda City Sedan sebanyak 18 unit, serta Honda Accord sebanyak 13 unit.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here