Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    TipsBeli Motor Bekas Lewat Online, Lakukan 9 Langkah Ini Biar Tidak Menyesal!

    Beli Motor Bekas Lewat Online, Lakukan 9 Langkah Ini Biar Tidak Menyesal!

    Sama halnya dengan membeli mobil bekas, memutuskan untuk membeli motor dalam kondisi seken pun sebenarnya butuh banyak pertimbangan. Meskipun harganya tidak semahal membeli kendaraan roda empat, namun setidaknya beli motor pun harus mengeluarkan bajet yang tidak bisa dibilang sedikit.

    Untuk itu, beli motor bekas juga perlu bijaksana, demi menghindari kata menyesal karena ternyata motor yang dibeli tidak sesuai dengan ekspektasi. 

    Di platform OLX.co.id, selain banyak menawarkan mobil bekas berkualitas, motor bekas pun tidak kalah banyak peminatnya. Bahkan banyak sekali pengguna OLX yang merasa puas mengiklankan motornya untuk dijual disana. 

    Nah, untuk menjaga kenyamanan OLXers dalam mencari motor bekas di platform jual-beli motor bekas online, penting sekali untuk memperhatikan panduan-panduan berikut yang sengaja redaksi News.OLX.co.id buat diambil dari berbagai sumber.

    Berikut 9 panduan membeli motor bekas di online agar tidak menyesal : 

    1. Cek model yang diinginkan

    Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari model yang benar-benar diinginkan. Kita tahu bahwa sepeda motor banyak sekali jenis serta merek. Ada jenis motor bebek, skuter, sport maupun motor gede. Yang mana yang akan kalian beli? 

    2. Cek kebutuhan

    Sebaiknya jika berencana membeli sepeda motor bekas, pastikan dulu motor tersebut untuk apa. Kalau berencana beli motor untuk aktivitas harian, sebaiknya cari motor yang irit konsumsi bahan bakarnya serta praktis diajak muter-muter. Biasanya jenis motor skuter matik (skutik) jadi pilihan tebaik untuk kebutuhan tersebut. 

    Tapi jika yang kalian cari adalah motor hobi, atau juga untuk koleksi, mungkin jenis sport, moge atau klasik bisa jadi pertimbangan. Jenis motor seperti ini pun bisa menjadi investasi di masa depan.

    3. Cek kondisi fisik motor dengan ketemu langsung

    Setelah menemukan motor incaran, segera hubungi penjual dan janjian untuk bisa ketemu dan melihat kondisi motor secara langsung. Jangan pernah menyerahkan uang di muka, apapun alasannya. 

    Pastikan kondisi motor benar-benar prima dan memang layak untuk dibeli. Selain fisik dan mesin motor harus menjadi perhatian utama, jangan lupa untuk mengecek seluruh kelengkapan motor, termasuk spion, jok, kunci, knalpot, apakah masih menggunakan bawaan pabrik atau sudah diganti dengan aksesoris. 

    4. Cek speedometer

    Hal lain yang juga tidak boleh luput dari perhatian adalah speedometer. Tentu motor dengan jarak tempuh yang lebih pendek akan ditawarkan dengan harga yang lebih mahal. Tapi pastikan dulu bahwa kilometer tersebut adalah asli, bukan setelan bengkel.  

    5. Cek nomor rangka, mesin, sesuaikan dengan surat-surat

    Kalau sudah oke dengan fisik serta kondisi lain-lainnya, giliran sekarang kalian harus memeriksa nomor rangka serta mesin dari motor tersebut. Sesuaikan nomor mesin dan rangka dengan yang tertera di dokumen seperti STNK dan BPKB.

    6. Cek mesin dengan melakukan test ride

    Kalau tidak ada masalah dengan semua hal di atas, selanjutnya mintalah untuk menyalakan mesin dan dengarkan dengan seksama bunyi mesin motor tersebut. Jika ada yang terdengar aneh atau tidak normal, sebaiknya urungkan rencana tersebut. Tapi kalau ternyata suara mesin aman, lanjutkan dengan melakukan test ride. Cobalah berputar-putar di sekitar lokasi ketemuan untuk memastikan performa motor tersebut. 

    7. Cek bagian kelistrikan dan lampu

    Selain terdiri dari mesin, roda dan body, motor juga punya sistem kelistrikan untuk menjalankan berbagai fungsi yang ada di motor seperti lampu utama, klakson, dan elektrik starter. Pastikan semua ini baik-baik saja dan berfungsi dengan normal. 

    8. Cek kebocoran oli 

    Oli adalah salah satu unsur penting bagi mesin kendaraan. Tanyakan bagaimana riwayat pemeliharaan motor ke pemilik sebelumnya. Pastikan motor tersebut tidak pernah turun mesin dan rajin ganti oli. Selain itu, lihat juga di bagian bawah mesin, apakah ada bekas rembesan oli atau tidak. Ini salah satu jaminan bahwa motor yang akan dibeli masih dalam kondisi yang sangat baik. 

    9. Cek harga pasaran dan sesuaikan dengan bajet

    Paling terakhir, setelah semua sudah dipastikan aman dan tidak ada masalah, tinggal menuju bagian akhir, melakukan deal harga. Sebaiknya sebelum melakukan pengecekan, cari tahu dulu berapa harga pasaran motor tersebut. Kalau dianggap terlalu tinggi dari pasaran, tanyakan apa saja kelebihan motor tersebut dan ajukan penawaran. 

    Sebaliknya, kalau harganya terlalu murah, sebaiknya ungkapkan kecurigaan kalian dan tanyakan langsung mengapa dijual murah. Bisa saja penjual sedang butuh uang, atau mungkin juga ada masalah pada motor yang tidak diungkapkan.

    Perlu diperhatikan juga untuk menakar berapa bajet yang disiapkan dalam membeli motor bekas tersebut. Jangan sampai harganya over dari bajet yang disediakan sehingga terpaksa harus berhutang. 

    Sekarang, kalian siap untuk meminang motor bekas yang mungkin memang sudah lama diincar, #LakuinSekarang dan jangan ditunda-tunda. Selamat berburu motor bekas di OLX.co.id

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here