Selasa, November 30, 2021
OLX Auto
More
    BeritaLangkah Konkret ExxonMobil Berpacu Menuju Tiga Besar Industri Pelumas Nasional

    Langkah Konkret ExxonMobil Berpacu Menuju Tiga Besar Industri Pelumas Nasional

    Tahun 2020 menjadi tahun penuh tantangan bagi industri akibat hadirnya pandemi COVID-19. Hampir seluruh lini industri terimbas, termasuk industri pelumas.

    Termasuk PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) yang dua tahun belakangan sedang gencar-gencarnya melakukan penetrasi di pasar otomotif Tanah Air dengan mengakuisisi PT Federal Karyatama, ikut merasakan tantangan tersebut. 

    Apalagi visi dan misi EMLI cukup jelas, menjadi pemain utama di bisnis pelumas dan meraih pangsa pasar nomor besar ketiga di Indonesia.

    Berbagai langkah konkrit dilakukan, termasuk reaksi terhadap peluang baru dan tren konsumen yang muncul selama pandemi. 

    “Langkah pertama sudah pasti adalah melakukan konsolidasi ke dalam, bagaimana kami mengintegrasi dua produk yang masing-masing punya kekuatan unik,” papar Patrick Adhiatmadja selaku Head of Indonesia Lubricants Market Indonesia PT EMLI, Rabu (9/9/2020). 

    Menurutnya kolaborasi ExxonMobil dan Federal Oil membuat daya dobrak merek ini ke pasar domestik menjadi lebih baik. 

    “Seperti yang kita tahu Federal Oil punya brand positioning yang cukup kuat di Indonesia,” akunya. 

    Berbagai inovasi program juga dihadirkan bagi konsumen setia dan pengguna kendaraan roda empat dan roda dua di Indonesia, seperti pelayanan servis di rumah, program berhadiah, launching produk baru, edukasi dan seminar mengenai teknologi pelumas melalui media-media digital, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna menjaga keselamatan dan keamanan berbagai pihak yang terlibat. 

    “Kami terus melakukan berbagai upaya dan penyesuaian diri dengan adaptasi kebiasaan baru ini, agar dapat terus mempertahankan eksistensi di pasar otomotif Indonesia. Upaya integrasi jaringan yang kami lakukan sejak 2018 berjalan sesuai rencana, dan memberikan dampak positif bagi efektifitas dan efisiensi waktu, biaya, serta sejumlah aktivitas operasional lainnya dalam mendistribusikan produk kami ke pasar. Kedepannya kami berharap dapat terus memperluas area, dan memperkuat jaringan pemasaran produk kami, sehingga memberikan dampak pada pertumbuhan pangsa pasar dan pencapaian perusahaan,” terang Patrick.

    Bahkan kegiatan edukasi serta webinar terkait teknologi pelumas diakuinya sangat efektif dalam meraih konsumen. 

    “Lewat acara webinar sehari sekali yang kami lakukan dari Juni hingga Juli kita bisa mendapatkan hingga 5.000 konsumen baru,” sebutnya.

    Pelayanan konsumen di masa pandemi ini juga terus ditingkatkan agar masyarakat semakin aware dengan merek oli Mobil™.

    “Kita tidak semata-mata melihat semuanya dari kacamata bisnis, mendukung bengkel-bengkel yang menjual produk kita, tidak seperti itu. Banyak yang kita lakukan untuk meraih konsumen. Salah satunya bekerjasama dengan Grab dalam menyediakan sekat pemisah antara supir dan penumpang. Sementara untuk meraih konsumen secara langsung di masa pandemi, kita melakukan kerjasama dengan bengkel-bengkel online,” tambah Patrick. 

    Pablo Conrad selaku Marketing Director PT EMLI menambahkan bahwa masa seperti ini bukan menjadi alasan bagi perusahaan untuk cuek terhadap konsumen pengguna pelumas Mobil™ dan Federal Oil.

    “Kami terus berupaya menghadirkan program-program pemasaran dengan memaksimalkan pemanfaatan media digital, yang hasilnya kami rasakan sangat positif. Kami berharap dan tetap optimis pemulihan perekonomian global dapat segera normal kembali, khususnya di Indonesia,” tutup Pablo Conrad.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here