Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaLebih Intim Dengan Bus Hino Mewah yang Ramah Lingkungan

    Lebih Intim Dengan Bus Hino Mewah yang Ramah Lingkungan

    Di antara menterengnya mobil-mobil penumpang yang dipamerkan di lantai Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 terselip satu bus dengan bentuk tak biasa, namun beraura mewah disajikan di booth Hino.

    Ya, bus tersebut merupakan hasil garapan perusahaan Karoseri asal Malang, Jawa Timur, yaitu Tentrem, yang menggunakan sasis dan mesin Hino R260.

    Nah, seberapa menariknya Hino Bus R260yang dipamerkan di hall 7 ICE BSD, Tangerang, Banten, 11-21 November 2021, berikut ulasannya.

    Bodi ringan

    Tampak belakang bus Hino R260 yang digarap karoseri Tentrem yang menggunakan material bodi bus Avante H7 AB dengan desain double glass. (Herdi Muhardi).

    Sekilas, tampilan luarnya sama seperti bus pada umumnya. Namun jika diperhatikan secara detail bus tersebut lebih istimewa lantaran material bodi bus Avante H7 AB dengan desain double glass.

    Satu hal yang perlu OLXer tahu, berkat penggunaan bodi alumunium ini membuat bobotnya terpangkas jadi lebih ringan jika dibandingkan bus biasa yang berbahan baja. Maka dari itu, berat bus ini cuma 500 kilogram.

    Nah, dengan berat yang lebih ringan dari bus pada umumnya, maka ini berpengaruh terhadap efisiensi bahan bakar, menghemat usia pakai ban dan bodi jadi tahan terhadap korosi.

    Jika bahan bakar dan penggunaan ban yang lebih irit,  maka bus ini akan lebih ramah lingkungan dimana tingkat emisi atau polusi udara jadi lebih rendah dan penggunaan material karet untuk ban jadi berkurang.

    Bodi yang berbahan alumunium sendiri dikenal lebih tahan karat. Sehingga bus ini memang cocok untuk kondisi di Indonesia yang dapat melalui dua musim, kemarau dan penghujan. Dengan begitu tampilan bus jadi tak cepat kusam.

    Terpenting, bus anti obesitas ini tentu sejalan dengan program pemerintah dalam memberantas kendaraan Over Dimension Overloading (ODOL). Kejadian ODOL pada bus memang tak sebanyak truk, namun begitu ini tetap perlu perhatian.

    Perusahaan karoseri yang bekerja sama dengan Hino pun tentunya sudah memiliki perhitungan tersendiri agar ketika bus diisi penuh penumpang, bobotnya tak akan melebihi batas yang ditentukan.

    Namun, bobot yang lebih ringan ini juga tentu akan lebih menguntungkan lantaran bisa irit BBM dan ban.

    “Bus ini juga sudah tidak pakai kaca spion biasanya, tapi sudah menggunakan kamera. Jadi kalau lihat samping kanan kiri tidak perlu menoleh jauh, cukup melihat layar di dashboard,” ungkap salah seorang sales di booth Hino.

    Kabin mewah

    Jok bus ini sangat nyaman untuk diduduki bahkan untuk tiduran selama perjalanan. (Herdi Muhardi)

    Masuk ke dalam kabin, OLXer tak akan mengira jika bus ini sangat mewah, tak seperti bus yang bisa kita lihat di jalanan. Bagaimana tidak, tersaji kursi berbahan kulit dengan personal reclining agar OLXer bisa beristirahat lebih nyaman lagi.

    Saking nyamannya, tak perlu duduk tegak berjam-jam, namun bisa selonjoran santai, termasuk memungkinkan tidur terlelap.

    Oia, pada bagian posisi jok depan dibuat berjarak, kemudian adanya konfigurasi kursi VVIP layaknya pesawat jet pribadi, lengkap dengan meja di bagian tengah yang siap digunakan ketika bus ini dipakai untuk kepentingan bisnis.

    Desain bentuk interior bus yang sudah dibuat karoseri Tentrem pada bus Hino R260. (Herdi Muhardi)

    Tidak hanya itu, ada juga kursi yang memanjang seperti sofa dengan kapasitas sampai empat orang penumpang.

    Kemewahan lainnya juga tercipta di lantai bus berkat penggunaan vinyl bermotif kayu sehingga menambah kesan elegan.

    OLXer juga bisa menambahkan Purifier System bila memang merasa butuh agar perjalanan bisa lebih aman dan nyaman. Apalagi masih dalam kondisi pandemi dari penyebaran virus-virus.

    Tak lupa terdapat toilet, sehingga para penumpang tak perlu lagi repot mencari rest area, ketika hendak buang air kecil atau besar. Namun, bagi sopir tetap perlu ke rest area jika mengantuk.

    Desain dashboar Hino R260 yang sudah diubah ooleh karoseri Tentrem. (Herdi Muhardi)

    Dari sisi hiburan, terdapat Video System yang ditampilkan dari TV berukuran 32 inchi. Audio systemnya menggunakan DVD Player dan didukung oleh 6 speaker, 1 power, 2 subwoofer, dan Pre Amp.

    Ada juga kamera 360 agar pengemudi bisa terus memantau keadaan di sekeliling bus dan memudahkan saat akan memarkir.

    Adapun untuk keamanan dan keselamatan, bus ini juga dilengkapi pintu emergency, safety hammer, fire extinguisher, hingga exhaust fan.

    Performa mesin

    Tampak depan bus yang digarap karoseri Tentrem. (Herdi Muhardi)

    Seperti diketahui, sebuah bus di Indonesia biasanya digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Apalagi jalanannya tak semua mulus. Oleh karena itu, sebuah bus operasional bahan bakar amat mempengaruhi pengeluaran. Tapi OLXer tak perlu khawatir karena mesin Bus Hino telah dirancang untuk melahap segala medan jalan.

    Bukan rahasia lagi, Bus Hino ini memang terkenal sangat tangguh dan efisien dalam melayani transportasi antar kota antar provinsi, bus pariwisata, hingga bus antar jemput karyawan.

    Adapun Hino Bus R260 mengusung mesin J08E-UF dengan tenaga setara 256 Tk pda 2.500 rpm dan torsi maksimum 76 kg.m pada 1.500 rpm. Mesinnya dipasangkan dengan transmisi MF06S yang dapat berakselerasi di jalanan menanjak atau menurun.

    Sebagai catatan, Hino Bus R260 juga sebenarnya menggunakan Air Suspension yang sudah menggunakan Wide air suspension, yang membuat bus jadi nyaman bagi penumpang ketika harus bepergian jarak jauh melalui jalur darat.

    Tak heran memang karena dari hasil pengujian yang dilakukan di Tol Trans Jawa dari Jakarta menuju Surabaya, mesin Hino tetap stabil saat digeber di atas kecepatan 100 km per jam secara terus menerus.

    Hino Bus R260 memiliki teknologi lubang oil gallery pada piston. Teknologi dapat menyerap 50 persen panas yang dihasilkan piston, kemudian panas akan disalurkan ke pelumas, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan efisiensi pendinginan di mesin.

    Kemudian temperatur oli mesin, dan rata-rata oli di mesin hampir sama atau tidak ada pengurangan, dan jauh dari batas titik nyala oli kira-kira sekitar 230 derajat Celsius.

    Laju pendinginan radiator Hino Bus, baik itu RN 285 dan R260 berkisar antara 25 – 30 derajat Celsius, artinya menunjukan hasil yang lebih baik dari laju pendinginan radiator brand lain yang hanya berkisar 10 celcius walaupun mesin Hino memiliki kuantitas oli yang lebih sedikit, dan melaju dengan kecepatan tinggi secara terus menerus di Tol Trans Jawa.

    Yang terpenting dari tes ini, Hino Bus RN 285 & R 260 mendapatkan hasil konsumsi bahan bakar yang lebih baik, berkisar 11 persen untuk Hino Bus R260  dan Hino Bus RN 285 di angka 7 persen. Dari sisi operasional cost, perbandingan biaya ganti oli selama satu tahun juga lebih hemat seperti Hino Bus R260 lebih hemat 78 persen bila dibandingkan merek lain.

    Menurut Chief Operating Officer – Director PT Hino Motors Sales Indonesia Santiko Wardoyo, Bus Hino memiliki perawatan yang mudah dan lebih hemat operasional bagi perusahaan otobus.

    “Seperti salah satunya pengeluaran untuk penggantian pelumas mesin secara berkala. Hal inilah yang menjadi daya tarik tinggi bus kami, yang sangat diminati oleh konsumen,” klaim Santiko.

    Ehm, kira-kira berapa ya harga Bus Hino R260 made in Tentrem?

    Nah, bagi Anda yang ingin memiliki mobil baru, nggak ada salahnya jual mobil lamamu di OLX Autos selama ajang GIIAS 2021. Adapun OLXer Anda juga bisa melakukan booking sekarang untuk bisa mendapatkan gift card hingga Rp 5 juta. Untuk yang ingin booking bisa klik Di SINI.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here